Kronologi Penangkapan Reynhard Sinaga, Akhirnya Ketahuan Setelah Korban Sadar Sedang Diperkosa dan Laptop Ditemukan

Rahmi Safitri| Selasa, 07 Januari 2020 09:50 WIB
Rahmi Safitri | Selasa, 07 Januari 2020 09:50

Kapanlagi.com - Reynhard Sinaga disebut melakukan pelecehan seksual dan pemerkosaan kepada puluhan sehingga kini ia dihukum seumur hidup oleh pengadilan Manchester, Inggris. Namun, kelakuan Reynhard ini baru dibawa ke ranah hukum pada 2017 setelah salah satu korbannya melaporkan perbuatannya setelah 2,5 tahun tak ketahuan. FYI, semua korban Reynhard sebelumnya tak sadarkan diri dan tak ingat mengalami kejadian asusila tersebut.

Menurut Manchester Evening News, seorang remaja pria tiba-tiba terbangun di dan menemukan dirinya di lantai kamar mandi dengan kondisi wajah di bagian bawah dan merasa ada beban di bagian belakang pahanya. Setelah mendapatkan kesadaran dan tahu apa yang terjadi padanya, remaja tersebut yakin dia berada di kediaman orang asing dan mengalami pemerkosaan.

Ia lalu melihat celananya sudah melorot dan seorang pria telanjang mendudukinya. Si remaja teringat, pria tersebut adalah Reynhard, orang asing yang beberapa jam lalu terlihat begitu baik dan fashionable serta berniat membantunya yang kehilangan teman. Ia memang menunggu temannya di dekat klub malam di The Factory saat Reynhard menawarkan untuk menelepon temannya di apartemen pelaku.

1 Dari 5 Halaman

1. Korban Melawan

Setelah sadar apa yang dialaminya, si remaja pun langsung berusaha keluar dari cengkraman Reynhard. Untungnya tubuh si remaja lebih kuat dan Reynhard sendiri tak siap karena ini pertama kalinya korban pemerkosaannya bangun di kala ia sedang melakukan tindakan tidak terpuji ini.

Si remaja lalu berhasil membanting Reynhard. Tapi pelaku tak kurang akal, Reynhard malah teriak minta tolong dengan menyebut korbannya sebagai orang yang masuk ke apartemennya tanpa izin. Namun pelaku langsung bingung saat tiba-tiba si remaja mengambil iPhone-nya.

2 dari 5 halaman

2. Korban Hubungi 999

Korban Hubungi 999 manchestereveningnews.co.uk
Di dalam iPhone tersebut, tersimpan video dengan detail tentang pemerkosaan yang dilakukan oleh Reynhard kepada sekitar 200 pria. Oleh karena itu demi mendapatkan iPhone-nya, ia menggigit perut si remaja namun kalah kuat dan akhirnya tak sadarkan diri di lantai kamar mandinya sendiri.

Si remaja lalu lari ke luar apartemen Reynhard dengan kondisi panik dan segera menghubungi 999. Dalam beberapa menit sebelum pukul 6 pagi, polisi datang ke apartemen Reynhard di lantai 11 dan menemukannya tidak sadarkan diri. Si remaja lalu ditangkap atas dugaan melakukan penyiksaan secara sengaja, namun saat tangannya diborgol ia sempat menyerahkan iPhone 4 milik Reynhard kepada polisi.

3 dari 5 halaman

3. Minta iPhone

Reynhard yang mengalami cedera serius lalu dibawa ke Manchester Royal Infimary dan tidak bisa memberikan keterangan selama beberapa hari. Ketika akhirnya sadar, ia masih sempat bertanya kepada suster apa yang terjadi padanya dan apakah ia diperkosa lalu minta iPhone-nya. Ia hanya mendapat iPhone 6 miliknya yang diambil dari apartemen, bukan yang diserahkan oleh korban pada polisi.

Pihak polisi lalu meminta Reynhard memberikan PIN iPhone 4 miliknya dan beberapa kali memberikan kode yang salah. Tapi akhirnya menyerah setelah dipaksa pihak polisi dan dari sinilah kebenaran terungkap. Mereka melihat video mengejutkan bagaimana Reynhard memperkosa remaja yang membuatnya cedera dan dirawat di rumah sakit.

4 dari 5 halaman

4. Ditahan

Ditahan manchestereveningnews.co.uk
Tepat pada tanggal 3 Juni 2017 pukul 3.52 sore waktu setempat, Reynhard Sinaga ditangkap atas dugaan pemerkosaan kepada seorang remaja. Dia diborgol di ranjang rumah sakit dan dijaga pilisi sampai bisa keluar dan menjalani pemeriksaan dengan detektif.

Selanjutnya polisi melakukan pemeriksaan di apartemen Reynhard. Di dekat ranjang, mereka menemukan ponsel-ponsel, SIM, kartu mahasiswa, jam tangan, dan sebuah dompet, yang semuanya milik pria yang pernah dibius dan diperkosa. Dari sini mereka meyakini kalau Reynhard melakukan pemerkosaan kepada beberapa pria.

5 dari 5 halaman

5. Fakta Terkuak

Juni 2017, pihak polisi terus melakukan penyelidikan di apartemen pelaku. Mereka menemukan laptop dan hard drive yang segera diperiksa. Di sana ditemukan ratusan jam video di mana Reynhard melakukan pemerkosaan kepada pria yang tak sadarkan diri. Satu pria bahkan diketahui diperkosa delapan kali selama 15 jam.

Dari ratusan korban itu, baru 48 yang teridentifikasi dan menjalani pemeriksaan. Sedangkan yang lainnya belum diketahui.

(man/pit)


Editor:  

Rahmi Safitri

Join Kapanlagi.com