Presented by A-Mild

Mau Karier Cemerlang? Yuk Pahami Tips Buat Karya Digital Sampai Matang

Gloria Trivena May Ary | Kamis, 29 September 2022 19:00 WIB
Mau Karier Cemerlang? Yuk Pahami Tips Buat Karya Digital Sampai Matang

Kapanlagi.com - Niatnya sih habis kuliah langsung cari kerja. Tapi, pas sudah lulus dan melamar kesana kemari, kok rasanya kurang cocok, ya. Eits, KLovers jangan gelisah galau merana dulu, nih. Karena ada lho profesi kerja yang bisa banget jadi pilihan yang cocok untuk mengembangkan karier para KLovers semua. Apalagi untuk para introvert atau kaum rebahan yang hobinya stay di rumah terus. Ada yang sudah tahu? Yup, benar banget nih, jawabannya yaitu digital artist atau seniman digital. Dengan secuil tips buat karya digital yang apik, profesi ini bisa dilakukan hingga jadi karier yang membanggakan, lho.

Di era sekarang ini karya digital begitu diminati. Tak jarang dengan memaksimalkan karya digital, bisa bikin karier lebih cemerlang. Dengan bermodalkan perangkat digital saja, sudah bisa jadi peluang untuk menghasilkan uang. Sehingga, profesi sebagai digital artist ini sering kali jadi incaran utama para job hunter. Tapi, pernah gak sih merasa menemukan sebuah momen di mana sudah memiliki berbagai apps for digital art seperti aplikasi illustrator, grafik tabloid, dan alat lainnya, namun entah mengapa masih belum ada perkembangan yang significant dalam melakukan art digital work ini.

Ya, mau bagaimana lagi. Karena untuk memiliki hasil seni yang nyata diperlukan juga sederet tips buat karya digital yang memuaskan. Tentunya, tidak boleh asal-asalan, yah! Untuk itu, ketahui dulu langkah-langkahnya berikut ini:

Mengenal Apa Sih Karya Digital Itu?

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Mungkin masih banyak yang bertanya-tanya, apa sih karya digital itu sebenarnya? Jadi, karya digital atau digital art adalah karya yang dibuat dengan menggunakan teknologi digital ataupun sesuatu yang disajikan dalam bentuk teknologi digital. Digital art ini biasanya dapat berupa video yang diedit dan dikreasikan sendiri oleh pemikiran kreatif sang seniman atau bisa juga berupa gambar ilustrasi yang dibuat dengan menggunakan perangkat lunak tertentu yang ada di laptop atau komputer.

Berbagai macam karya digital kini menjadi hal yang lumrah dan berseliwiran di mana-mana. Hal tersebut juga tak terlepas dari pengaruh kuat teknologi yang selalu mengembangkan inovasi-inovasi terbaru yang bermanfaat bagi banyak orang. Tak hanya jadi sekedar bahan untuk cuci mata saja, karya digital ternyata juga digunakan untuk mengembangkan berbagai sektor bisnis yang ada, lho.

Oleh karena itu, tips buat karya digital yang satu ini pastinya bisa berguna dan jadi gambaran pertama yang KLovers gunakan untuk terjun langsung ke dunia digital arts. Karena pengetahuan dasar untuk melakukan segala sesuatu adalah hal yang penting dan wajib dimiliki, agar tidak salah ambil langkah yang selanjutnya menuju karier yang lebih brilian.

Alasan Karya Digital Begitu Diminati

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Mengenali alasan di balik populernya karya digital bisa jadi tips buat karya digital yang selanjutnya. Perlu banget diketahui bahwa segudang hal bisa menjadi alasan mengapa karya digital begitu disukai oleh masyarakat luas. Alasan yang pertama adalah karena semakin berkembangnya teknologi yang didukung dengan adanya perubahan yang bagus terutama bagi para pencari perubahan. Para pencari perubahan yang dimaksud di sini bisa saja digolongkan sebagai anak milenial atau Gen Z ya.

Anak muda pada generasi ini memang dikenal sebagai pencetus ide yang jenius dan para pencari hal baru yang bukan biasa-bisa saja. Sehingga tidak menutup kemungkinan mereka akan memunculkan minat pada karya digital dan menelusuri hal tersebut lebih lanjut.

Karya digital juga sangat disukai karena hal ini dinilai up to date dan tidak kuno. Karya digital baru hype belakangan ini berkat eksistensi anak muda yang selalu mendorongkan minatnya untuk menghasilkan karya yang tak biasa. Bahkan tak sedikit lho yang membuat karya digitalnya sebagai ajang lomba untuk menentukan siapa yang terbaik. Tak heran deh kalau banyak yang beralih ke dunia digital art.

Jenis-Jenis Karya Digital yang Disukai

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Bagi yang sedang mencari tahu tips buat karya digital, ketahui dulu nih jenis-jenis dari karya digital. Ada banyak sekali jenis karya digital yang populer dan disukai oleh kebanyakan orang. Mungkin KLovers sudah mengenal beberapa jenis karya digital tersebut. Tapi, mungkin aja ada beberapa yang terdengar asing di telinga. Berikut ini adalah jenis-jenis karya digital yang paling populer dan memiliki peminat yang tinggi:

1. Web Design

Web design adalah istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan keahlian dalam membuat tampilan sebuah website jadi lebih simpel dan menarik. Secara teknis, skill ini dipergunakan untuk memberikan grafis dan memberikan rasa pada sebuah website agar tidak terlihat membosankan. Intinya, keahlian ini dibutuhkan guna menarik banyak pengunjung agar hadir ke website tersebut.

Skill ini tentunya tidak dimiliki oleh semua orang. Karena untuk menjadi seorang web designer haruslah memiliki dan mampu memanfaatkan kecerdasan dan kreativitas teknis dalam mendesain atau membangun sebuah website yang ideal. Meskipun pekerjaan sebagai seorang website designer sangatlah susah dilakukan, namun prospek kerja yang diberikan juga bagus dan gajinya lumayan, nih. Tertarik nggak, KLovers?

2. Art Game

Bagi para penggemar game, pasti sudah tak asing lagi dengan istilah art game, dong? Ya, art game sendiri adalah sebuah karya digital yang baru dan termasuk ke dalam sub-genre video game. Karya digital ini bersifat interaktif dan memiliki penampilan visual yang outstanding. Sehingga tak akan kalah saing dengan genre video game yang lainnya.

3. Animations

Jenis art digital work yang selanjutnya adalah animations. Animations atau animasi merupakan seni untuk membuat gambar mati seolah-olah hidup berkat sebuah tool bernama Computer-Generated Imagery (CGI). Animasi ini sangat disukai karena menyuguhkan grafis yang hidup misalnya saja di dalam anime atau film-film yang mengandung CGI. Ayo, angkat dulu tangannya dong bagi para penggemar animasi.

4. Digital Photography

Digital photography ini dikenal setelah perkembangan smartphone dan kamera yang semakin maju. Fotografi digital bisa didefinisikan sebagai sebuah proses untuk menghasilkan karya foto dari berbagai hal yang bisa dijadikan objek dengan cara merekam pantulan cahaya yang mengenai objek setelah dibiaskan oleh lensa ke medium perekam yang peka cahaya. Digital photography ini sangat diminati terutama bagi orang-orang yang menginginkan foto aesthetic untuk dipajang di media sosial. Jadi, buat KLovers yang ingin tampil estetik bisa banget nih coba yang satu ini.

5. Digital Painting

Pasti KLovers sudah tidak asing lagi bukan dengan seni melukis digital yang lagi heboh di mana-mana. Yup, painting digital art merupakan bentuk baru dari karya seni lukis yang mengubah teknik tradisional seperti oil dan watercolor, menjadi bisa dilakukan dengan mudah melalui digital tools. Tentunya, melukis menggunakan media digital ini bisa membantu memberikan warna yang beragam kepada hasil seni, serta mampu memperbaiki kesalahan secara langsung dan praktis, ya.

Sangkin terkenalnya, gambar digital art juga sering digunakan dalam berbagai kebutuhan seperti pembuatan film, keperluan acara televisi, pembuatan desain untuk advertising, dan banyak lagi lainnya. Bahkan kini, sudah ada beberapa gallery lukisan yang beralih ke digital painting supaya bisa memberikan experience yang berbeda bagi para pecinta seni.

Jurus Jitu Bikin Karya Digital yang Berbeda

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Tips untuk buat karya digital selanjutnya adalah memahami trik untuk membuat karya yang berbeda. Rahasia yang harus dimiliki oleh seorang pemula digital artist untuk menghasilkan karya yang berbeda ialah jangan pernah terlalu mengandalkan fitur perangkat lunak yang tersedia. Mengapa bisa begitu? Karena jika terus-menerus bergantung pada fitur tersebut, kemampuan dan kreativitas seniman tak akan bisa berkembang dan akan stuck pada level yang itu-itu saja.

Hal yang kedua yang harus dilakukan yaitu memberanikan diri untuk mengeksplor hal-hal yang baru. Bergantung pada teknik-teknik lama dan software yang umum digunakan biasanya jadi kejatuhan pada seorang seniman digital. Untuk itu, perlu banget untuk keluar dari zona nyaman dan menelusuri setiap jengkal software hingga ke maksimumnya. Misalnya dalam membuat wallpaper digital art, bisa saja sesekali memakai warna ala-ala efek watercolor biar kesannya nggak biasa-biasa saja.

Jurus yang terakhir sebagai tips buat karya digital yang berbeda adalah dengan tidak mengambil jalur pintas. Percaya nggak percaya, banyak lho zaman sekarang yang lebih memilih untuk melalui jalan pintas untuk dapatkan hasil yang cepat. Namun, hal itu nggak disarankan ya. Karena kalau inginkan karya digital yang berbeda, maka sebuah proses itu perlu. Jadi, jalani aja proses yang ada dan nikmati setiap langkahnya!

Ketahui Cara jadi Pionir dengan Karya Digital

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Menjadi pionir adalah tips buat karya digital terakhir yang harus dilaksanakan. Anggap saja ini sebagai goal terakhir yang harus dicapai sebagai seorang seniman digital. Dan untuk menjadi seorang pionir di karya digital, maka diperlukan hal-hal berikut:

1. Terus Berlatih hingga Sukses

Ada sebuah perkataan yang menyatakan usaha tidak akan mengkhianati hasil . Oleh karena itu, bekerja keraslah sampai tujuan yang diinginkan berada di genggaman tangan. Nggak mau kan kalau hanya berada di level yang segitu saja? Asah terus kemampuan untuk bisa jadi seorang unggulan di bidang yang ditekuni. Karena percuma saja memiliki skill yang luar biasa apabila tidak disertai dengan latihan dan kerja keras.

2. Mencari Peluang yang Terbuka

Selain berlatih, perlu juga untuk melihat dan mencari peluang yang tersedia. Karena dengan adanya peluang tersebut, kemungkinan untuk semakin berada di next level semakin lebar. Peluang juga akan memberikan pengalamanan yang pastinya membantu untuk membangkitkan semangat untuk melakukan yang yang ingin dilakukan. So, jangan tunggu sampai hilang. Karena nggak semua peluang ada datang dalam dua kali.

3. Buat Terobosan Baru

Terobosan baru perlu dilakukan untuk jadi pionir yang unggul. Nggak mau kan disama-samain terus sama orang lain? Dengan adanya terobosan, karya digital yang dihasilkan jadi lebih menjuarai dan membawakan kebanggaan tersendiri. Membuat terobosan baru juga bisa jadi langkah awal untuk jadi seorang pionir. Makanya, teruslah berpikir dan berusaha untuk membuat sebuah inovasi.

Ada banyak sekali hal yang bisa dilakukan sebagai tips buat karya digital. Namun, tips ini tidak akan bekerja dengan baik dan membawakan kesuksesan jika tidak dikerjakan. Tips buat karya digital di atas bisa jadi senjata yang efektif untuk lebih mengembangkan kariermu jadi lebih advanced. Yuk, kerjakan sekarang agar karier jadi lebih cemerlang.

(kpl/glo)

Editor :   Gloria Trivena May Ary

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com