Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Memahami Apa Arti Typo dan Penyebabnya, Ketahui Juga Cara untuk Mencegahnya

Jum'at, 03 Desember 2021 13:11 WIB
Memahami Apa Arti Typo dan Penyebabnya, Ketahui Juga Cara untuk Mencegahnya

Kapanlagi.com - Ada banyak kata atau istilah gaul yang populer lewat media sosial. Kata typo adalah salah satunya. Di keseharian, kita bisa dengan mudah menjumpai penggunaan kata ini, baik di media sosial maupun dalam percakapan langsung di dunia nyata. Lantas, apa arti typo yang sebenarnya?

Sebagai salah satu kata gaul, istilah typo mungkin lebih banyak dipakai oleh anak muda. Itulah sebabnya, sebagian orang masih ada yang merasa asing dengan apa arti typo. Kata typo kerap dipakai untuk menyatakan kesalahan dalam pengetikan. Oleh sebab itu, kata typo lebih dekat dengan anak muda yang sehari-hari banyak berkomunikasi lewat pesan singkat atau melalui media sosial.

Singkatnya, arti typo adalah salah ketik. Namun untuk penjelasan lebih jelasnya, kalian bisa simak ulasan tentang apa arti typo berikut ini.

1. Apa Arti Typo?

Gambar

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, apa arti typo kurang lebih adalah kesalahan saat mengetik. Namun secara lebih spesifik, typo ternyata merupakan sebuah bentuk singkatan typographical error.

Dalam sehari-hari, typo atau salah ketik mungkin jadi hal yang cukup lumrah terjadi. Mulai dari mengetik huruf atau angka dobel, kurang satu huruf atau angka, kurang atau kelebihan spasi dan sebagainya. Meski terdengar sepele, typo bisa jadi masalah serius. Sebab, kesalahan dalam pengetikan bisa juga mengubah ejaan bahkan arti atau makna dari suatu kata.

2. Penyebab Typo

Gambar

Berdasarkan penjelasan apa arti typo di atas, hampir bisa dipastikan bahwa setiap orang pada dasarnya pasti pernah mengalami typo. Baik itu dalam mengetik pesan singkat, mengetik tugas atau pekerjaan, dan sebagainya. Melakukan typo memang hal yang sangat wajar. Terlebih, ada beberapa hal yang memang bisa jadi penyebab mengapa seseorang sering mengalami typo. Berikut adalah beberapa penyebab typo.

1. Mengetik Terlalu Terburu-buru

Terburu-buru jadi satu alasan atau penyebab seseorang melakukan typo. Dengan maksud ingin menghemat waktu dengan cepat selesai, mengetik secara terburu-buru justru berisiko typo atau salah ketik di sana-sini. Sebab, mengetik secara terburu-buru bisa membuat jari-jari salah dalam menekan keyboard.

2. Kurang Konsentrasi

Penyebab lain dari typo adalah kurangnya konsentrasi. Seperti yang kita tahu, saat seseorang tidak konsentrasi, dia akan lebih mudah lengah dan membuat kesalahan, termasuk ketika mengetik. Sehingga, bukan tak mungkin akan banyak membuat typo.

3. Sistem Auto-Correct

Pemakaian sistem auto correct pada hp juga bisa meningkatkan risiko typo. Sebab, auto correct akan bekerja secara otomatis tanpa mempedulikan maksud dari pesan yang kita tulis. Sering kali, hasil auto correct juga sangat melenceng dari apa yang kita maksud.

4. Setting Keyboard yang Terlalu Kecil

Settingan keyboard yang terlalu kecil juga menambah risiko typo. Bagaimana tidak, bentuk dan ukuran keyboard yang terlalu kecil akan sulit dijangkau oleh jari-jari kita saat mengetik. Sehingga, semakin berpotensi menghasilkan typo.

3. Cara Mencegah Typo

Gambar

Typo tak bisa dianggap remeh, sebab bisa menimbulkan masalah yang serius. Apalagi jika typo yang dialami telah mengubah arti atau maksud dalam suatu pesan. Maka dari itu, typo harus dicegah. Selain tahu apa arti typo, juga penting untuk tahu cara mencegah atau meminimalisir typo. Berikut beberapa tips atau cara mencegah typo.

1. Fokus Ketika Mengetik

Untuk menghindari typo, usahakan untuk selalu fokus ketika mengetik. Dengan fokus dan berkonsentrasi, antara pikiran dan gerakan jari akan menjadi lebih sinkron. Sehingga, dengan begitu risiko typo juga jadi lebih berkurang.

2. Nonaktifkan Fitur Auto-Correct

Seperti yang disinggung sebelumnya, fitur auto correct justru bisa meningkatkan risiko typo. Oleh karena itu, untuk menghindari typo, sebaiknya kalian menonaktifkan fitur ini.

3. Periksa Hasil Ketikan

Meski sudah sangat berhati-hati dan selalu fokus, typo tetap saja mungkin terjadi. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk selalu mengecek hasil ketikan kalian, terutama sebelum dikirimkan (jika itu sebuah pesan singkat) atau sebelum dikumpulkan (jika itu sebuah tugas atau pekerjaan).

4. Istilah Populer di Media Sosial Lainnya

Gambar

Selain apa arti typo, masih ada banyak istilah lain yang juga populer di media sosial. Penting untuk tahu arti dari setiap istilah tersebut agar terhindar dari salah paham. Berikut beberapa istilah populer di media sosial, selain typo.

DM: Singkatan dari "Direct Message" yang merupakan fitur di sosial media terutama Instagram

Japri: Jalur Pribadi. Singkatan ini merujuk pada kegiatan bertukar pesan di jalur percakapan pribadi

PAP: merupakan singkatan dari Post a Picture, yang artinya berkirim foto dengan lawan chatting

PC: Adalah singkatan dari Personal Chat, yang sering digunakan pada aplikasi Whatsapp

PM: Masih berupa singkatan dari "Private Message" atau "Personal Message"

Shareloc: singkatan dari share location. Istilah ini digunakan untuk meminta seseorang mengirimkan sebuah lokasi. Biasanya share location dilakukan saat seseorang akan bertemu di suatu tempat.

SG: Merupakan singkatan dari Snapgram, fitur yang tersedia di media sosial Instagram

SW: Ini merupakan singkatan dari "Story Whatsapp"

TC: merupakan singkatan dari test contact. Istilah ini digunakan untuk untuk memastikan suatu kontak aktif atau tidak. Ia juga sering digunakan untuk mengetes apakah sebuah grup aktif atau tidak.

VC : Singkatan dari "Video Call"

VN: merupakan singkatan dari voice note, artinya mengirimkan rekaman suara ke lawan bicara dalam suatu percakapan di media sosial

Wapri: WhatsApp pribadi. Istilah wapri biasa dipakai untuk menyebut komunikasi personal atau japri yang dilakukan melalui aplikasi Whatsapp atau WA.

Itulah di antaranya penjelasan tentang apa arti typo. Semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa penasaran kalian!

(kpl/gen/psp)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com