Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Arti CV dan Bagian-Bagiannya, Ketahui Juga Cara Membuatnya Agar Menarik di Mata Perusahaan

Editor KapanLagi.com | Rabu, 01 Desember 2021 10:33 WIB
Arti CV dan Bagian-Bagiannya, Ketahui Juga Cara Membuatnya Agar Menarik di Mata Perusahaan

Kapanlagi.com - Ketika akan melamar suatu lowongan pekerjaan, biasanya ada beberapa berkas atau dokumen yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. CV adalah salah satunya. Selain surat lamaran,berkas lain seperti ijazah dan sertifikat, CV kerap muncul dalam daftar persyaratan suatu lowongan pekerjaan. Oleh karena itu, penting untuk tahu arti CV yang sebenarnya agar tidak salah mengirim berkas.

Menjadi salah satu dokumen persyaratan dalam lowongan kerja, tentu itu artinya CV adalah hal yang sangat penting. Sayangnya, sampai saat ini masih banyak orang yang tidak mengerti apa itu CV? Tak sedikit yang kesulitan membedakan CV dengan resume. Padahal, arti CV dan resume sebenarnya sangatlah berbeda.

Untuk mengetahui lebih lanjut arti CV dan tips dalam membuatnya, simak ulasan berikut yang telah kapanlagi.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Arti CV

Gambar

Secara umum, CV dikenal sebagai singkatan dari curriculum vitae. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti CV adalah uraian singkat tentang riwayat pekerjaan dan pengalaman orang yang melamar pekerjaan, sekolah, dan sebagainya. Dalam bahasa Indonesia, kita juga mengenal istilah daftar riwayat hidup sebagai padanan dari istilah CV atau curriculum vitae.

Arti CV berisi identitas diri dan informasi lain meliputi keahlian, prestasi, pengalaman profesional, dan sebagainya. Oleh karena itu sebagai berkas lamaran pekerjaan, CV adalah salah satu yang sangat penting. Sebab, dari CV perusahaan bisa mengetahui kandidat calon pegawainya. Maka dari itu, CV harus dibuat baik dan lengkap, agar perusahaan terkesan dan peluang untuk diterima semakin besar.

2. Bagian-Bagian dalam CV

Gambar

Memahami arti CV tak akan cukup dengan penjelasannya saja. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, pada CV terdapat berbagai informasi terkait pelamar pekerjaan. Tak sedikit orang yang masih merasa bingung apa saja informasi yang harus tertera di CV. Sebab, selain lengkap dan informatif, CV juga harus padat. Sehingga, sebaiknya tidak semua informasi harus tertulis di CV.

Untuk melengkapi pemahaman terkait arti CV, berikut bagian-bagian informasi yang harus tertera di CV.

1) Kontak informasi

2) Riwayat akademis

3) Pengalaman profesional

4) Kualifikasi dan keterampilan

5) Lisensi dan sertifikat

6) Penghargaan dan pencapaian

7) Asosiasi profesional

8) Hibah dan beasiswa

9) Publikasi

10) Pengalaman pekerjaan yang bersifat sukarela/volunteer

11) Informasi pribadi 

12) Minat

3. Perbedaan CV dan Resume

Gambar

Di samping CV, resume juga kerap menjadi berkas wajib dalam lowongan pekerjaan. CV dan resume sama-sama berisi informasi pribadi pelamar. Oleh sebab itu, tak jarang orang yang menganggap CV dan resume adalah hal yang sama. Padahal, arti CV dan resume sebenarnya sangatlah berbeda. Perbedaan mendasar antara CV dan resume, yaitu terletak pada format atau bentuk penyajian informasi.

Arti CV atau daftar riwayat hidup disajikan dalam bentuk daftar panjang. Sehingga, karena berwujud daftar, CV lebih menampilkan perjalanan atau pengalaman hidup seseorang secara kronologis atau berurutan.

Sementara itu, resume adalah rangkuman dari riwayat hidup. Itu artinya, resume dibuat mengacu pada CV atau daftar riwayat hidup seseorang. Informasi yang terdapat dalam resume kurang lebih sama seperti yang terdapat pada CV, tapi lebih singkat dan ringkas.

4. Cara Membuat CV yang Baik

Gambar

Arti CV merupakan hal yang sangat penting dalam melamar pekerjaan. Oleh karena itu, CV tidak boleh dibuat dengan sembarangan. Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk membuat CV yang baik dan menarik. Oleh karena itu, memahami arti CV tak akan cukup tanpa tahu cara atau tips membuat CV yang baik. Berikut beberapa cara dan tips membuat CV yang baik.

1. Mencantumkan Informasi yang Lengkap sesuai Kebutuhan

Identitas diri berikut keahlian, pengalaman, dan sebagainya yang ditulis pada CV harus diisi dengan jujur. Terlebih, identitas diri terkait alamat dan kontak harus ditulis secara tepat dan lengkap.

2. Menyertakan Pengalaman

Menyertakan pengalaman dalam CV juga sudah menjadi keharusan. Sebab dengan begitu, CV kalian akan terlihat lebih menarik dan 'menjual' dengan menyertakan pengalaman yang relevan dengan jenis pekerjaan yang dilamar.

3. Cantumkan Pencapaian Diri dan Prestasi

Kalian juga perlu mencantumkan pencapaian diri dan prestasi di CV. Hal ini akan menjadi nilai tambah di mata perusahaan. apalagi, jika pencapaian prestasi tersebut masih berhubungan dengan bidang pekerjaan yang dilamar.

4. Tambahkan Keahlian yang Kalian Miliki

Jika mempunyai keahlian khusus seperti mengoperasikan aplikasi tertentu atau berbahasa asing juga perlu dicantumkan dalam CV. Sama halnya pengalaman dan prestasi, hal ini juga bakal jadi nilai tambah di mata perusahaan.

5. Susun secara Rapi dan Padat

CV adalah berkas yang memuat banyak hal tentang informasi diri. Meski begitu, CV yang baik tetap harus dibuat secara singkat, padat, dan rapi. CV yang terlalu panjang justru bisa terkesan tidak profesional dan membosankan.

6. Pilih Desain yang Menarik

Pakai desain yang unik dan menarik juga bisa menunjukkan seberapa kreatifnya dirimu. Namun, tetap perhatikan desain, tata letak, dan pemilihan jenis serta ukuran huruf. Sehingga, curriculum vitae kalian tetap enak dibaca.

7. Baca Berulang Kali

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, baca curriculum vitae bikinan kalian secara berulang kali. Pastikan setiap informasi sudah tertulis benar dan tepat. Selain itu, pastikan pula tidak ada salah ketik.

8. Minta Pendapat Orang Lain

Agar semakin mantap dengan CV buatan kalian, jangan segan meminta pendapat dan masukan orang lain, agar CV kalian terlihat semakin sempurna.

Itulah di antaranya ulasan tentang arti CV yang ternyata sangat penting saat melamar pekerjaan. Semoga bermanfaat!

(kpl/gen/psp)

Reporter:   Galuh Esti Nugraini

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com