Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Memahami Arti Feel dalam Kamus dan Sebagai Bahasa Gaul Masa Kini, Ketahui Contoh Pemakaiannya

Selasa, 18 Januari 2022 11:44 WIB
Memahami Arti Feel dalam Kamus dan Sebagai Bahasa Gaul Masa Kini, Ketahui Contoh Pemakaiannya

Kapanlagi.com - Beberapa kosakata dalam bahasa Inggris kini telah populer di kalangan masyarakat. Terbukti, beberapa kata bahasa Inggris sering dipakai sebagai sisipan atau campuran saat seseorang berbicara dalam bahasa Indonesia. Kata feel jadi salah satu kata contohnya. Kata ini biasa dipakai di keseharian, lantas apa arti feel sebenarnya?

Ya, dalam percakapan sehari-hari hampir pasti kita pernah menjumpai seseorang mengatakan kata feel. Sebagai kata populer, kata feel lebih sering muncul di percakapan. Arti feel biasa disamakan dengan kata perasaan. Kata ini biasa dipakai untuk menggambarkan suatu perasaan atau suasana hati seseorang. Benarkah demikian?

Untuk tahu lebih lanjut arti feel, langsung saja simak ulasan berikut yang telah kapanlagi.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Arti Feel Menurut Kamus

Gambar

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, feel merupakan salah satu kata yang berasal dari bahasa Inggris. Dilansir dari dictionary.cambridge.org, jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia, arti feel kurang lebih adalah 'merasa', 'terasa' atau 'merasakan' sesuatu. Secara umum, arti feel yaitu 'merasa', 'terasa' atau 'merasakan' berkaitan dengan sesuatu yang bersifat fisik maupun emosional.

Untuk feel yang menggambarkan sifat fisik maksudnya perasaan yang bisa dirasakan oleh indera. Sebagai contoh feeling cold yang berarti 'merasa dingin', feel the temperature yang berarti 'merasakan suhu', felt a drop of rain yang berarti 'merasakan setetes hujan', dan sebagainya.

Sementara itu, arti feel yang bersifat emosinal berkaitan dengan perasaan yang hanya bisa dirasakan oleh batin. Sebagai contohnya, feel comfortable yang berarti 'merasa nyaman', feel safe atau 'merasa aman', feel happy atau 'merasa senang', dan sebagainya.

2. Bentuk Lain Kata Feel dan Contohnya

Gambar

Sama seperti kata dalam bahasa Inggris lainnya, kata feel juga mempunyai bentuk lain sebagai turunannya. Arti feel dan kata turunannya sebenarnya sama saja. Semuanya bisa berarti 'merasa', 'terasa' atau 'merasakan' sesuatu.

Kendati demikian, tetap penting untuk tahu bentuk lain atau turunan kata feel ini agar kita bisa menggunakan secara benar dan tepat. Sebab, pemakaian bentuk turunan kata feel ini akan sangat berkaitan dengan jenis tenses yang digunakan. Berikut beberapa bentuk lain dari kata feel beserta contohnya.

1. Feel (Bentuk Dasar)

Feel merupakan bentuk kata dasar. Maka dari itu, bentuk kata ini merupakan yang paling biasa dipakai untuk kalimat dengan present. Sebagai contoh:

- I never feel safe when Richard is driving. (Saya tidak pernah merasa nyaman saat Richard yang menyetir)

- I don't feel comfortable in high heels. (Saya tidak nyaman mengenakan high heels)

- I feel (that) I should be doing more to help her. (Saya merasa, saya harus membantunya lebih lanjut)

2. Felt (Bentuk Lampau)

Felt merupakan bentuk dua dan ketiga dari feel. Maka dari itu, felt biasa dipakai dalam past tenses dan perfect tense. Sebagai contoh:

- He was so rude I felt like slapping his face. (Dia sangat kasar sehingga aku merasa ingin menampar wajahnya.)

- I felt unaccountably happy this morning as I left the house. (Saya merasa sangat bahagia pagi ini ketika saya meninggalkan rumah.)

- Never in her life had she felt so happy. (Belum pernah dalam hidupnya dia merasa begitu bahagia.)

3. Feeling (Perasaan yang sedang muncul atau dirasakan)

Feeling bentuk turunan dari kata feel yang dipakai untuk menyatakan perasaan yang sedang dirasakan saat itu juga. Sebagai contoh:

- He's still feeling a little weak after his operation. (Dia masih merasa sedikit lemah setelah operasinya.)

- The vet was feeling the dog's leg to discover if it was broken. (Dokter hewan meraba kaki anjing untuk mengetahui apakah kakinya patah.)

- How are you feeling? (Bagaimana perasaanmu saat ini?)

3. Contoh Penggunaan Kata Feel sebagai Kata Gaul

Sebagaimana yang telah dijelaskan di awal, saat ini kata feel telah menjelma jadi bahasa gaul di keseharian. Kata feel sering dipakai sebagai sisipan dan percakapan dalam obrolan sehari-hari. Sebagai kata gaul, kata feel dipakai sebagaimana arti feel. Maksudnya, kata ini dipakai untuk menggambarkan perasaan yang sedang dirasakan oleh seseorang.

Biasanya, sebagai kata gaul kata feel digunakan sebagai sisipan dalam kalimat bahasa Indonesia. Sebagai contoh, berikut beberapa contoh penggunaan arti feel sebagai kata gaul sehari-hari.

- I feel you, Bro.

- Feeling aku nggak enak, nih.

- Feel free aja lagi.

- Nggak dapet nih feel-nya.

4. Kata Gaul dari Bahasa Inggris Lainnya

Gambar

Selain kata feel, masih ada banyak kosakata bahasa Inggris yang menjelma jadi kata gaul atau populer di masyarakat. Mengetahui makna dari kata-kata tersebut tak kalah penting dari memahami arti feel. Berikut beberapa kata gaul yang berasal dari bahasa Inggris dan kerap dipakai sebagai sisipan dalam obrolan bahasa Indonesia.

- Chill : Tenang atau santai.

- Dude: Kata sapaan 'Bung'.

- Damage : Memesona dan menawan.

- Damn it: Sialan.

- Fake: Palsu.

- Freak : Aneh.

- Ghosting : ditinggalkan tanpa kabar atau hubungan yang tidak jelas.

- Salty: Bosan.

- Savage : keren atau sangar.

- Swag : Keren.

- Spill The Tea: ungkap rahasia atau bongkar rahasia.

- FYI : singkatan for your information atau informasi untukmu.

- BTW: singkatan dari By The Way artinya sama dengan Ngomong-ngomong.

- CMIIW: singkatan Correct Me If I'm Wrong atau Koreksi jika saya salah.

- GWS : singkatan Get Well Soon artinya Semoga Lekas sembuh/membaik.

Itulah di antaranya penjelasan arti feel menurut kamus beserta sebagai bahasa gaul masa kini. Semoga bermanfaat, bisa menjawab penasaran serta menambah wawasan kalian!

(kpl/gen/psp)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com