Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Memahami Arti LGBT, Ketahui Juga Berbagai Istilah yang Masih Berkaitan LGBTQ+

Senin, 06 Desember 2021 21:11 WIB
Memahami Arti LGBT, Ketahui Juga Berbagai Istilah yang Masih Berkaitan LGBTQ+

Kapanlagi.com - LGBT menjadi satu isu yang cukup sering diperbincangkan saat ini. Secara umum arti LGBT meliputi singkatan dari Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender. LGBT dipakai sebagai istilah untuk menggambarkan sekumpulan orang dengan identitas gender tertentu, yang kerap dicap melenceng dari norma.

Sejauh ini, pengetahuan orang secara umum tentang LGBT masih sangat terbatas. Sebab, diakui atau tidak LGBT masih sering dianggap sebagai topik yang kerap tabu dan mendapat stigma negatif. Sehingga tak heran, jika masih banyak orang yang merasa asing dengan arti LGBT.

Padahal, topik LGBT bisa menjadi bahasan atau pengetahuan umum yang cukup penting. Sebab, disadari atau tidak keberadaan golongan LGBT saat ini ada di sekitar kita. Dengan tahu apa itu LGBT, kita mungkin akan bisa lebih bijak dalam menyikapi keberadaan golongan LGBT.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan tentang arti LGBT yang penting untuk diketahui.

1. Arti LGBT

Gambar

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, arti LGBT secara singkat adalah kepanjangan dari lesbian, gay, biseksual, dan transgender. Singkatan ini dipakai untuk menyebut keempat identitas gender dan seksual secara sekaligus. Istilah LGBT sendiri pertama kali digunakan pada tahun 1990. Namun, pada saat itu, istilah ini hanya dipakai untuk mengacu golongan homoseksual dan transgender saja.

Dalam istilah LGBT terdapat aspek orientasi seksual dan identitas seksual gender. Nah untuk memahami arti LGBT lebih mendalam, perlu dipahami dulu bahwa orientasi seksual dan identitas gender merupakan dua hal yang berbeda.

Pengertian orientasi seksual adalah ketertarikan seseorang secara seksual ataupun emosional pada orang lain dengan identitas gender tertentu. Sementara, identitas gender lebih mengacu perasaan internal atau kesadaran diri untuk mendefinisikan diri sebagai seorang perempuan, laki-laki, transgender, bigender, nonbinary, dan lain-lain.

Berdasarkan pengertian itulah, kemudian muncul istilah LGBT untuk menyebut sekelompok orang dengan orientasi seksual dan identitas gender tertentu.

2. Arti LGBTQ+

Gambar

Makin ke sini, arti LGBT semakin banyak diketahui. Sebab, LGBT terus menjadi isu yang memperoleh pro kontra. Bahkan, arti LGBT juga meluas, kini istilah ini tak saja dipakai untuk golongan Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender saja.

Perluasan istilah LGBT, dibuktikan dengan bentuk singkatannya yang berkembang menjadi LGBTQ+. Dengan Q mewakili golongan queer, sedangkan tanda plus (+) mewakili golongan lainnya. Untuk tahu lebih lanjut golongan-golongan identitas gender dan orientasi seksual LGBTQ+ simak ulasan berikutnya.

3. Penjelasan Arti Setiap Huruf di Singkatan LGBTQ+

Gambar

LGBT saat ini mungkin sudah jadi singkatan yang tidak asing lagi. Pasalnya, pembahasan tentang LGBTQ+ kerap muncul dalam pemberitaan hingga diskusi di timeline media sosial. Selama ini arti LGBT juga umum diketahui sebatas bentuk singkatan Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender saja. Sementara, definisi dari setiap golongan-golongan identitas gender dan orientasi seksual belum banyak yang tahu.

Untuk itu, berikut penjelasan singkat arti setiap huruf di singkatan LGBTQ+:

1. Lesbian (L)

Lesbian merupakan istilah yang biasa dipakai bagi perempuan yang orientasi seksualnya mengarah kepada sesama perempuan. Perempuan lesbian bisa mencintai perempuan lainnya, baik secara fisik, seksual, emosional, atau secara spiritual.

2. Gay (G)

Secara umum, gay merupakan istilah yang digunakan untuk merujuk individu laki-laki yang tertarik pada laki-laki. Namun sebenarnya, lesbian (sebagai penyuka sesama jenis) juga bisa disebut sebagai gay.

3. Biseksual (B)

Sedangkan, biseksual merujuk pada individu yang menunjukkan ketertarikan pada semua jenis kelamin. Pengakuan individu biseksual penting, karena ada periode ketika orang yang mengidentifikasi dirinya sebagai bi disalahpahami sebagai gay.

4. Transgender (T)

Transgender merupakan istilah untuk menyebut seseorang yang menunjukkan, bahwa identitas gender yang diakui saat ini, berbeda dari gender yang dikaitkan dengan jenis kelamin yang telah ditetapkan sebagaimana saat lahir.

5. Queer (Q)

Qeer dapat digunakan oleh orang-orang sebagai identitas tertentu. Istilah queer sering dianggap umum bagi siapa saja yang bukan cisgender atau heteroseksual. Menurut sebuah teori, adalah serangkaian gagasan yang berakar pada anggapan bahwa identitas bersifat tidak tetap dan stabil, sehingga tidak menempatkan identitas secara pasti.

6. Plus (+)

Tanda plus dalam istilah LGBTQ+ ada untuk menandakan semua identitas gender dan orientasi seksual yang tidak secara khusus dicakup oleh lima huruf di singkatan tersebut. Sebagai contohnya, adalah Two-Spirit, identitas pan-Indigenous American.

4. Istilah Lain yang Berkaitan LGBTQ+

Gambar

Selain arti LGBT masih ada beberapa istilah yang perlu diketahui berkaitan dengan LGBT+. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Aseksual

Sering disingkat "ace", istilah ini merujuk pada seseorang yang memiliki hanya sedikit atau tidak sama sekali ketertarikan seksual. Namun, mereka mungkin mengalami ketertarikan secara romantis.

2. Cisgender

Istilah yang mengacu pada individu yang identitas gendernya sesuai dengan jenis kelamin yang telah ditetapkan saat lahir.

3. Interseks

Interseks dipakai untuk mendeskripsikan individu yang terlahir dengan variasi ciri-ciri seks yang tidak sesuai dengan definisi biner tubuh laki-laki maupun perempuan.

4. Nonbiner

Istilah untuk menyebut individu dengan identitas gender yang bukan hanya perempuan atau laki-laki.

5. Gender Nonconforming

Istilah untuk identitas atau ekspresi seseorang yang gendernya berada di luar atau di luar norma tradisional maskulin atau feminin dan wanita atau pria.

Itulah di antaranya penjelasan arti LGBT secara lebih rinci. Semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa penasaran kalian!

(kpl/gen/psp)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com