Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Arti Poster, Ciri-Ciri, Fungsi dan Tujuan dalam Menyampaikan Informasi

Jum'at, 24 Juni 2022 11:55 WIB
Arti Poster, Ciri-Ciri, Fungsi dan Tujuan dalam Menyampaikan Informasi

Kapanlagi.com - Poster merupakan salah satu media untuk menyampaikan pesan yang cukup populer digunakan. Buktinya, kalian masih bisa menemui berbagai poster yang menempel di tempat-tempat umum, kan? Meski sepertinya sudah akrab dengan media visual yang satu ini, ternyata masih ada orang yang belum memahami arti poster.

Arti poster bisa dipahami sebagai plakat pengumuman atau iklan yang dipasang di tempat umum. Intinya, poster digunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan tertentu kepada publik.

Ada banyak jenis dan fungsi poster dalam kehidupan sehari-hari. Bagi kalian yang ingin tahu lebih jauh mengenai arti poster, yuk langsung simak informasi selengkapnya berikut ini.

 

 

1. Arti Poster

Gambar

Bicara mengenai poster, tentu kalian sudah sering menjumpainya. Biasanya, poster dipasang di tempat umum, seperti pasar, stasiun, sekolah, dan lain sebagainya. Mengapa dipasang di tempat umum? Karena si pembuat ingin menyampaikan informasi atau pesan tertentu kepada publik.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) arti poster sendiri dapat dipahami sebagai plakat yang dipasang di tempat umum berupa pengumuman atau iklan. Fungsi poster pun bergantung pada tujuan si pembuat. Misalnya, bisa untuk kepentingan promosi, edukasi, hingga propaganda. Agar pesan tersebut bisa sampai, poster perlu dibuat hingga semenarik mungkin dan mengedepankan visual.

Menurut Azhar Arsyad, poster sebuah media dua dimensi visual yang berisi gambar serta pesan singkat tertulis yang bertujuan untuk menyampaikan hal-hal khusus dan mampu memengaruhi orang-orang yang melihatnya. Jika kalian tertarik mempelajari poster lebih lanjut, silakan simak informasi selengkapnya di bawah ini.

2. Ciri-Ciri Poster

Gambar

Setelah memahami arti poster, kini kalian perlu menyimak penjelasan mengenai ciri-ciri poster di bawah ini.

1. Sederhana

Sederhana ini merujuk pada tampilan, maupun pesan yang disampaikan. Pembuat poster perlu mengolah informasi agar mudah dipahami audiens. Pasalnya, poster hanya dilihat selintas lalu.

2. Mengandung Ide Pokok

Tujuan utama dari poster adalah menyampaikan tujuan. Oleh karena itu, poster harus punya ide pokok yang jelas. Misalnya, pada sebuah poster pada masa pandemi Covid-19 terlihat ada gambar orang yang sedang cuci tangan, memakai masker, dan ornamen bentuk virus. Nah, ide pokok yang bisa ditangkap dari poster ini adalah imbauan bagi masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan.

3. Mengandung Slogan

Slogan adalah kata-kata pamungkas yang perlu disisipkan pada poster. Slogan bersifat menegaskan pesan yang ingin disampaikan.

4. Tulisan Terlihat Jelas

Tulisan yang terlihat jelas pada poster merupakan hal yang wajib. Jika tulisan tidak jelas maka pesan pun akan sulit tersampaikan.

5. Berwarna

Idealnya poster memiliki warna. Warna tersebut dikombinasikan sekreatif mungkin agar orang tertarik untuk melihat.

3. Fungsi Poster

Gambar

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, arti poster adalah media untuk menyampaikan pesan yang berbentuk gambar atau visual. Namun, pengertian itu saja tak cukup bagi kalian yang ingin mengetahui fungsi poster lebih dalam. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk mencoba menyimak penjelasan mengenai fungsi poster di bawah ini.

1. Memberi Informasi

Fungsi utama poster adalah memberikan informasi. Misalnya, ada suatu organisasi yang ingin mengadakan vaksinasi umum. Nah, agar masyarakat tahu, panitia membuat poster yang berisi informasi tentang acara vaksin tersebut, seperti waktu, tempat, persyaratan, dan lain sebagainya.

2. Edukasi Publik

Poster bisa digunakan sebagai media untuk menggugah rasa ingin tahu publik. Oleh karena itu, poster juga bisa dijadikan media untuk menyampaikan edukasi.

3. Hiburan

Tak hanya fungsi praktis, poster juga punya fungsi hiburan yang bisa membuat orang tertawa saat melihatnya. Misalnya, poster tokoh tertentu yang bertuliskan quotes ikonik, lucu, dan menyentil. Gus Dur merupakan tokoh yang kerap dijadikan poster.

4. Kontrol Sosial

Poster mempunyai fungsi penting sebagai kontrol sosial. Kalian bisa membuatnya untuk mengkritisi sebuah kebijakan yang salah sasaran. Poster semacam ini bisa ditemui di acara protes atau demonstrasi.

4. Jenis Poster

Gambar

Selain fungsi di atas, masih ada fungsi poster yang didasarkan pada jenisnya. Berikut ini terdapat penjelasan mengenai jenis poster yang bisa kalian simak.

1. Poster kampanye adalah jenis poster yang digunakan oleh calon yang maju ke pemilihan untuk menarik simpati dan suara masyarakat.

2. Poster film adalah poster yang dibuat untuk promosi judul yang baru rilis atau sedang tayang di bioskop.

3. Poster 'cheesecake' adalah sebutan untuk poster yang digunakan untuk menarik perhatian dan minat publik.

4. Poster buku dan komik dibuat untuk promosi judul yang baru terbit. Hal itu dilakukan agar buku tersebut dikenal, populer, dan laku.

5. Poster propaganda dibuat untuk menyebarkan dan meyakinkan publik untuk menganut aliran atau paham tertentu.

6. Poster afirmasi dibuat untuk memberikan motivasi kepada audiens.

7. Poster 'dicari' (dalam Bahasa Inggris poster 'wanted') adalah poster memuat informasi tentang buronan, kasus orang hilang, dan pencarian lainnya.

8. Poster komersial digunakan untuk mempromosikan produk tertentu agar dikenal dan laku di pasaran.

Nah, KLovers, itulah penjelasan mengenai arti poster, ciri-ciri, fungsi dan tujuan pembuatan yang bisa kalian pahami.

(kpl/gen/ans)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com