Memahami Arti Sabi dan Contoh Penggunaannya Sehari-Hari, Ketahui Juga Makna Kata Gaul Lainnya

Editor KapanLagi.com | Selasa, 26 Oktober 2021 19:22 WIB
Memahami Arti Sabi dan Contoh Penggunaannya Sehari-Hari, Ketahui Juga Makna Kata Gaul Lainnya

Kapanlagi.com - Sabi jadi salah satu istilah gaul yang cukup populer di kalangan anak muda masa kini. Terbukti, kata sabi sering kali dipakai dalam percakapan anak muda sehari-hari. Malah tak saja anak muda, kata sabi belakangan juga biasa dipakai oleh anak-anak dan beberapa orang dewasa. Istilah sabi semakin tambah populer setelah sering dipakai di media sosial. Namun sebenarnya, apa sih arti sabi?

Meski terbilang kata populer, faktanya istilah sabi terasa asing bagi sebagian orang, khususnya yang tidak aktif di media sosial. Penting untuk tahu arti dari kata-kata gaul seperti sabi dan sejenisnya. Selain agar tak ketinggalan zaman, hal ini juga berguna agar terhindar dari salah paham. Terlebih seperti yang disinggung sebelumnya, sabi kini sudah jadi istilah umum yang dipakai di keseharian.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan tentang arti sabi dan beberapa kata gaul lainnya yang perlu kalian tahu.

1. Arti Sabi dan Asal Mula Terbentuknya

Dalam praktiknya, kata sabi biasa dipakai untuk menggantikan kata bisa. Dengan kata lain, secara umum arti sabi adalah bisa. Kata sabi terbentuk dari kata bisa yang kemudian dibalik suku katanya dalam penulisan atau cara bacanya. Sehingga, kata bisa yang semula tersusun atas suku kata bi-sa menjadi sa-bi.

Di percakapan anak muda masa kini, arti sabi sama dengan arti bisa. Namun dalam pemakaiannya, kata sabi biasa dipakai sebagai satu penggalan kata saja. Sabi hampir tidak pernah digunakan dalam satu kalimat lengkap. Jadi, sabi hanya sering kali muncul dalam bentuk celetukan atau jawaban pendek dalam satu percakapan.

Nah untuk memahami arti sabi, perhatikan contoh penggunaannya dalam percakapan berikut ini.

A : Gue jadi ke Malang minggu depan nih, lo gimana jadi ikut?

B : Sabi sih.

2. Kata Gaul yang Dibalik Selain Sabi

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, arti sabi terbentuk dari kata bisa yang dibalik suku katanya. Selain kata sabi, ternyata masih ada beberapa istilah dalam kata gaul lainnya yang terbentuk dari proses penulisan yang dibalik, baik per suku kata maupun per huruf. Kata-kata gaul apa sajakah itu? Berikut beberapa daftar kata gaul yang terbentuk dari kosa kata yang dibalik, selain sabi.

1) Takis : sikat

2) Ngab: Bang

3) Woles : Selow atau Santai

4) Tubir : Ribut

5) Kuy : Yuk

6) Skuy : Yuks

3. Kata Gaul Berupa Gabungan Dua Kata

Selain kata yang dibaca terbalik, beberapa istilah gaul juga terbentuk dari pola gabungan dua kata. Mengetahui arati dari kata-kata gaul gabungan dua kata ini tentunya juga sama pentingnya dengan memahami arti sabi. Berikut beberapa kata gaul yang terbentuk dari gabungan dua kata.

1) Bucin: Bucin adalah kependekan dari istilah budak cinta

2) Gaje: Gaje adalah singkatan dari gak jelas atau enggak Jelas.

3) Gercep: Merupakan singkatan dari gerakan cepat. Singkatan ini adalah anjuran untuk melakukan sesuatu hal lebih cepat dari biasanya.

4) Japri: Japri diartikan sebagai jalur pribadi atau jaringan pribadi.

5) Komuk: Merupakan singkatan gaul yang merujuk pada kondisi muka.

6) Mager: Mager adalah singkatan gaul dari kalimat malas gerak.

7) Mantul: Kata ini adalah singkatan gaul dari kata mantap betul.

8) Pansos: Pansos adalah singkatan gaul dan merupakan kependekan dari panjat sosial.

4. Kata Gaul Berupa Kata yang Dipenggal

Istilah gaul lainnya juga bisa terbentuk dari kata dalam bahasa Indonesia yang dipenggal pengucapannya. Sehingga terdengar lebih singkat, khas, dan terkesan unik. Berikut beberapa kata gaul yang berupa kata dalam bahasa Indonesia yang dipenggal pengucapannya.

1) Cans: Cantik

2) Gils: Gila

3) Goks: Gokil

4) Gans: Ganteng

5) Halu: Halusinasi

6) Ntaps: Mantap

7) Leh uga: Boleh juga

5. Kata Gaul yang Berasal dari Singkatan Bahasa Inggris

Tak melulu asli berasal dari bahasa Indonesia seperti arti sabi, beberapa kata gaul yang kini populer ternyata juga ada yang berasal dari bahasa Inggris. Malahan, kata-kata ini juga sudah biasa dipakai di keseharian dalam berbagai situasi layaknya kata-kata asli dalam bahasa Indonesia. Berikut beberapa kata gaul yang berasal dari singkatan bahasa Inggris.

) Anw: singkatan dari Anyway, artinya ngomong-ngomong.

2) AKA: singkatan dari As Known As, artinya dikenal juga atau alias.

3) BTW: Merupakan singkatan gaul yang sudah sering digunakan. BTW memiliki kepanjangan By The Way. Istilah gaul BTW sama juga artinya dengan istilah 'ngomong-ngomong'.

4) CMIIW: adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang sering digunakan di platform media sosial. Kepanjangan kata ini adalah Correct Me If I'm Wrong, yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia dapat berarti 'koreksi jika saya salah'.

5) FYI: Adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang kepanjangannya adalah For Your Information. Kata ini biasa digunakan di media sosial untuk memberitahu tambahan informasi.

6) Kepo: Merupakan akronim dari kalimat Knowing Every Particular Object, yang berarti atau ditujukan kepada orang yang serba ingin tahu.

7) OOTD: Adalah singkatan dari Outfit of The Day. Kata ini biasa digunakan dalam caption media sosial untuk unggahan foto satu badan penuh menjelaskan apa paduan pakaian yang digunakan hari ini.

8) OTW: Kata ini adalah singkatan gaul dari kalimat On The Way, yang berarti sedang di jalan atau perjalanan.

9) PAP: PAP adalah singkatan gaul yang kepanjangannya adalah Post a Picture.

10) TGIF: singkatan dari Thanks God it's Friday, artinya semangat menuju akhir pekan.

Itulah di antaranya ulasan tentang arti sabi yang ternyata sama dengan kata bisa. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan.

(kpl/gen/psp)

Editor:   Puput Saputro

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com