Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Memahami Arti Safe dalam Bahasa Inggris, Ketahui Juga Contoh Penggunaannya pada Kalimat

Editor KapanLagi.com | Sabtu, 21 Mei 2022 12:44 WIB
Memahami Arti Safe dalam Bahasa Inggris, Ketahui Juga Contoh Penggunaannya pada Kalimat

Kapanlagi.com - Bahasa Inggris jadi salah satu bahasa asing paling populer di dunia. Wajar saja, pasalnya bahasa internasional yang dipakai di berbagai negara. Selain itu, kepopuleran bahasa Inggris juga didukung lewat media seni seperti film, buku, hingga lagu. Lewat berbagai media tersebut, ada banyak kata bahasa Inggris yang populer. Kata safe adalah salah satunya. Lantas, apa arti safe yang sesungguhnya.

Kata safe cukup sering kita jumpai di keseharian. Tak saja lewat dialog dalam film, teks buku, atau lirik lagu, kata safe juga sering muncul dalam percakapan sehari-hari. Bahkan, dalam percakapan bahasa Indonesia sekalipun, kata safe sering kali muncul di antara kosakata lain dalam bahasa Indonesia sehari-hari.

Meski sudah sedemikian populer, faktanya masih banyak orang yang tidak tahu apa arti safe dalam bahasa Inggris. Jika kalian salah satu yang belum tahu, tak perlu khawatir. Dirangkum dari berbagai sumber, langsung saja simak ulasan tentang arti safe berikut ini.

 

1. Arti Safe Menurut Kamus

Gambar

Secara umum, arti safe adalah kondisi yang bisa membuat seseorang merasa aman. Namun seperti yang telah disinggung di awal, safe merupakan salah satu kosakata populer dari bahasa Inggris. Oleh karena itu, cara paling mudah dan tepat untuk mengetahui arti safe adalah dengan mengeceknya di kamus. Pasalnya, di kamus kita tak saja mendapatkan arti safe secara umum. Kita juga bisa menemukan penjelasan arti dari safe yang lebih mendalam.

Dilansir dari kamus online dictionary.cambridge.com, kata safe ternyata tergolong dalam kelas kata sifat atau adjective. Lebih lanjut, arti safe dalam kamus online tersebut diartikan sebagai kondisi atau situasi yang aman dan terhindar dari bahaya, sesuatu yang menyebabkan kerugian, sesuatu yang berisiko.

Selain itu, kata safe ternyata juga bisa digunakan dalam konteks lain, yaitu untuk menyatakan suatu kondisi yang sedang dialami suatu objek. Lebih khususnya, kondisi yang baik dan aman. Maka dari itu, kata safe seringkali melekat pada suatu tempat dengan kondisi yang sedang dialami.

2.

Dalam kamus online dictionary.cambridge.com, dijelaskan bahwa arti safe adalah aman dari bahaya. Lebih mendetail dalam kamus online tersebut juga disebutkan bahwa kata safe bisa digunakan dalam berbagai situasi. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui contoh penggunaan kata safe di setiap situasi. Hal ini akan membuat pemahaman kita tentang arti safe jadi semakin utuh.

1. Contoh penggunaan kata safe dalam konteks 'tidak berbahaya atau mungkin menyebabkan kerugian':

- a safe play area for children (tempat bermain yang aman untuk anak- anak)

- Is this medicine safe for children? (Apakah obat ini aman untuk anak- anak?)

- Keep your passport in a safe place. (Simpan paspor Anda di tempat yang aman.)


2. Contoh penggunaan kata safe dalam konteks 'menghindari suatu yang berisiko':

- I think we should go for the safest option, the one that involves the least risks (Saya pikir kita harus memilih opsi yang paling aman, yang risikonya paling kecil.)

- He never remembers my birthday, so it's a safe bet, he'll forget again this time! (Dia tidak pernah mengingat hari ulang tahunku, jadi itu adalah taruhan yang aman dia akan lupa lagi kali ini!)

3. Contoh penggunaan kata safe dalam konteks 'dalam kondisi baik':

- He was a safe guy. He was decent, kind and caring, he put others before himself. (Dia adalah pria yang aman. Dia baik, baik dan perhatian, dia menempatkan orang lain di atas dirinya sendiri.)

- "You OK?" "Safe, man," Shaun muttered. ("Kamu tidak apa-apa?" "Aman, Bung," gumam Shaun.)

3. Idiom dengan Kata Safe

Gambar

Kata safe dalam bahasa Inggris juga muncul dalam bentuk idiom. Bagi yang masih asing, idiom merupakan serangkaian kata yang artinya tidak bisa diartikan secara harfiah. Selain itu, idiom sering dipakai sebagai bentuk ekspresi tertentu sehingga pemaknaannya hanya bisa dilakukan secara tersirat. Dalam bahasa Inggris ada beberapa idiom yang memuat kata safe. Dua di antaranya adalah 'safe and sound' dan 'to be on the safe side'.

Dalam kedua idiom tersebut, arti safe masih mengacu pada makna 'aman'. Namun, tentu sedikit berbeda dengan arti secara umum. Pasalnya, idiom tersebut harus dimaknai secara utuh tidak bisa kata per kata. Lantas, apa arti kedua idiom tersebut dan bagaimana contoh penggunaannya di keseharian?

Idiom 'safe and sound' mengandung makna aman dengan kondisi tanpa luka atau rusak. Biasanya, idiom ini digunakan untuk menyatakan kondisi suatu objek setelah mengalami gangguan atau kejadian berisiko dan berbahaya. Berikut contoh penggunaan idiom 'safe and sound' dalam kalimat:

- Three days later, the hikers were found safe and sound. (Tiga hari kemudian, para pendaki ditemukan dalam keadaan selamat.)

Sementara itu, idiom 'to be on the safe side' mempunyai arti situasi aman yang lebih diusahakan dengan menghindari suatu hal yang berisiko. Idiom ini digunakan di situasi saat sedang mencari jalan keluar atau jalan tengah dalam menghadapi suatu permasalahan. Berikut contoh penggunaan idiom 'to be on the safe side' dalam kalimat:

- Maybe it won't rain, but to be on the safe side, take your umbrella. (Mungkin tidak akan hujan, tapi untuk lebih amannya, bawalah payung kalian.)

Itulah di antaranya beberapa ulasan singkat terkait penjelasan arti safe menurut kamus. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan.

(kpl/gen/psp)

Editor:   Puput Saputro

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com