Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Arti Slogan Menurut Kamus dan Pendapat Ahli, Ketahui Juga Ciri-ciri - Fungsinya

Editor KapanLagi.com | Sabtu, 29 Januari 2022 09:33 WIB
Arti Slogan Menurut Kamus dan Pendapat Ahli, Ketahui Juga Ciri-ciri - Fungsinya

Kapanlagi.com - Kata atau istilah slogan tentu sudah tidak asing di telinga kita. Bahkan, di keseharian kita pasti pernah menjumpai banyak kalimat pendek yang kemudian disebut slogan. Secara umum, arti slogan memang merujuk pada kalimat pendek yang mengandung makna tertentu.

Meski hanya satu baris kalimat pendek, nyatanya membuat slogan tetap tidaklah mudah. Tak sembarang kalimat bisa disebut slogan. Slogan ternyata harus mempunyai ciri-ciri dan memenuhi kriteria tertentu. Lantas, apa arti slogan yang sebenarnya?

Untuk tahu lebih lanjut arti slogan beserta fungsi dan ciri-cirinya, langsung saja simak ulasan berikut yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Arti Slogan

Gambar

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang menarik, mencolok, dan mudah diingat. Secara umum, slogan dipergunakan untuk memberitahukan atau mengiklankan sesuatu. Selain itu, lebih lanjut dalam KBBI slogan juga biasa dipakai untuk menjelaskan suatu ideologi golongan, organisasi, partai politik, dan sebagainya.

Selain dalam kamus Kamus Besar Bahasa Indonesia, beberapa ahli juga membuat definisi terkait istilah slogan. Berikut beberapa arti slogan menurut para ahli.

1. Anton Moedardo Moeliono

Slogan adalah suatu perkataan atau kalimat pendek yang menarik, mencolok, dan praktis, sehingga diingat. Slogan biasanya digunakan untuk menjelaskan suatu maksud dan tujuan media.

2. Jusuf Sjarif Badudu

Slogan merupakan serangkaian kata atau kalimat singkat yang memiliki arti dan bunyi yang menarik sehingga diingat.

3. Alwi

Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang menarik, mencolok, dan praktis. Sehingga, mudah diingat dan dapat menjelaskan tujuan suatu ideologi, organisasi dan partai politik.

4. Sukini

Arti slogan menurut Sukini adalah suatu kalimat singkat yang bersifat persuasif, dan mempunyai susunan yang tidak biasa.

2. Tujuan Pembuatan Slogan

Suatu slogan dibuat dengan tujuan tertentu. Seperti yang telah dijelaskan pada uraian tentang arti slogan, salah satu alasan slogan dibuat adalah untuk memberitahukan atau mengiklankan sesuatu. Selain itu, slogan juga bisa dibuat dengan tujuan menjelaskan suatu ideologi golongan, organisasi, partai politik, dan sebagainya. Namun selain dua hal tersebut, ternyata masih ada beberapa tujuan pembuatan slogan.

Berikut beberapa tujuan atau alasan yang mendasari pembuatan suatu slogan.

- Memberikan informasi tertentu.

- Memotivasi orang lain.

- Mengimbau orang lain.

- Memengaruhi orang lain.

- Menyadarkan warga masyarakat.

3. Ciri-ciri Slogan

Gambar

Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya, bahwa tidak setiap kalimat pendek dan ringkas bisa dijadikan slogan. Setidaknya, suatu slogan harus memenuhi beberapa kriteria atau ciri-ciri khusus. Oleh karena itu, untuk bisa membuatnya, kita tak saja harus paham arti slogan. Lebih dari itu, kita juga harus tahu kriteria atau ciri-ciri dari slogan itu sendiri. Berikut adalah ciri-ciri dari slogan.

- Slogan harus dibuat dalam kata atau kalimat yang singkat dan ringkas.

- Slogan harus mempunyai isi, kandungan, atau makna tertentu yang disampaikan.

- Slogan harus menarik dan mudah diingat.

- Tak melulu berbentuk kalimat, slogan juga bisa dibuat dalam bentuk lain seperti frasa, klausa, motto, bahkan semboyan yang biasa dipakai oleh suatu kelompok atau organisasi.

4. Contoh Slogan Berdasarkan Jenis-jenisnya

Gambar

Di kehidupan sehari-hari kita dapat menjumpai berbagai jenis slogan. Biasanya, slogan dibuat berdasarkan topik atau tema yang disampaikan. Maka dari itu, ada banyak sekali jenis-jenis slogan berdasarkan topiknya, misal slogan tentang pendidikan, slogan tentang lingkungan, slogan tentang kesehatan, dan sebagainya.

Oleh karena itu, agar semakin paham arti slogan, kalian juga perlu tahu jenis-jenis beserta contohnya. Berikut beberapa contoh slogan berdasarkan pada jenis-jenis topiknya.

1. Slogan Tentang Lingkungan

Sesuai dengan namanya, slogan tentang lingkungan dipakai untuk mengangkat isu-isu terkait lingkungan hidup. Biasanya, slogan ini dipakai untuk memberi tahu masyarakat umum agar lebih peduli pada lingkungan. Berikut contoh-contoh slogan tentang lingkungan:

- Jagalah keasrian bumi untuk para generasi kita masa mendatang.

- Harta paling berharga adalah ketika dapat menjaga keasrian alam.

- Harta tidak akan berguna jika alam bahkan tidak ada.

2. Slogan tentang Pendidikan

Slogan tentang pendidikan biasanya dipakai untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingya pendidikan. Berikut contoh-contoh slogan tentang pendidikan:

- Belajarlah dari sebuah kegagalan.

- Pendidikan mengajarkan manusia melintasi ruang dan waktu.

- Budayakan membaca walau hanya sebentar.

3. Slogan tentang Kesehatan

Slogan tentang kesehatan biasanya berisi imbauan pada masyarakat tentang pentingya menjaga kesehatan. Berikut contoh-contoh slogan tentang kesehatan:

- Sehat itu anugerah dewa yang perlu dijaga.

- Hargai tubuhmu dengan melaksanakan pola hidup sehat.

- Hindari rokok kalau tak ingin hidup sia-sia.

Itulah di antaranya penjelasan tentang arti slogan beserta ciri-ciri hingga contohnya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian!

(kpl/gen/psp)

Reporter:   Galuh Esti Nugraini

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com