Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Arti Struggle Beserta Faktor-Faktornya dan Cara Melewati Masa Sulit

Editor KapanLagi.com | Senin, 04 Juli 2022 12:11 WIB
Arti Struggle Beserta Faktor-Faktornya dan Cara Melewati Masa Sulit

Kapanlagi.com - Hidup tidak hanya berisi segala sesuatu yang menyenangkan. Terkadang, kalian juga akan masuk ke masa sulit atau bisa disebut struggle. Arti struggle sendiri bisa dipahami sebagai perjuangan.

Meski sudah sering digunakan dalam obrolan sehari-hari, arti struggle masih belum dipahami secara luas. Hal ini wajar terjadi karena istilah struggle merupakan kosakata bahasa Inggris.

Nah, jika kalian penasaran dengan arti struggle, beserta faktor dan cara melewati masa sulit tersebut, yuk langsung simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Arti Struggle

Gambar

Struggle adalah kata yang berasal dari bahasa Inggris. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti berjuang. Selain makna tersebut, kata struggle bisa menjadi sebuah gambaran atas suatu proses yang telah dilalui seseorang. Tak hanya itu, kata ini bisa ditujukan sebagai penyemangat bagi orang yang telah lepas dari kondisi berjuang.

Arti struggle juga bisa dipahami sebagai suatu kondisi di mana seseorang tengah menghadapi kesulitan, seperti stres, depresi, insecure, dan masih banyak lainnya. Oleh karena itu, struggle juga sering disebut sebagai masa paling sulit bagi seseorang. Bahkan, ada beberapa orang merasa tersiksa dengan kondisi tersebut.

2. Faktor Penyebab Struggle

Gambar

Setelah memahami arti struggle, kalian mungkin penasaran dengan faktor penyebab kondisi ini. Nah, berikut ini ada penjelasan mengenai 2 faktor yang menyebabkan orang mengalami struggle.

1. Lingkungan

Lingkungan tempat tinggal adalah area utama yang bersinggungan dengan kehidupan sosial Kalian. Setiap lingkungan memiliki aktivitas yang berbeda. Kalian juga dibesarkan oleh keluarga yang berbeda. Biasanya ada orang tua yang santai, ada pula yang punya standar tertentu. Misalnya, orang tua yang keras dan menuntut anak untuk jadi lebih baik. Hal ini jelas berpengaruh pada kondisi anak dalam kondisi struggle.

2. Internal Individu

Kondisi struggle ini tidak hanya dipengaruhi oleh orang lain, tapi bisa juga karena keadaan internal individunya. Masalah internal yang sering menyerang individu adalah rasa tidak mampu. Padahal, kemampuan orang berbeda-beda. Terlalu overthinking justru bisa mempersulit kehidupan Kalian.

3. Cara Melewati Masa Struggle

Gambar

Selain mencari tahu tentang arti struggle dan faktor yang mempengaruhi, kalian juga perlu tahu cara untuk melewati masa sulit atau struggle tersebut.

1. Melakukan Penerimaan diri

Perasaan tidak berguna, kekurangan, tidak mampu, dan insecure atas pencapaian orang dalam suatu bidang adalah sesuatu yang muncul secara alamiah. Memang benar, kalian belum tentu mampu menguasai bidang yang dicapai orang lain. Namun, kalian bisa melakukan hal lain yang sesuai dengan kemampuan. Ingat, setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan.

2. Memiliki Teman Bercerita

Kondisi struggle bisa terjadi pada level kompleks. Bila kalian berada di posisi ini, cari teman untuk diajak bercerita dan diskusi. Bukan hanya manusia, kalian bisa menggunakan media lain seperti menulis di dalam diary.

3. Lampiaskan amarah di Media yang Aman

Saat kalian berpikir yang tidak-tidak tentang diri yang tidak berguna, cobalah untuk mengontrol emosi dan duduk diam. Jika hal tersebut tetap belum bisa meredakan amarah, silakan lihat ke arah dinding atau cari benda yang bisa kalian remas, seperti kertas, bantal, boneka, dan benda aman lainnya untuk meluapkan emosi. Ingat, jangan sampai ambil benda yang tajam ya, KLovers!

4. Bertemu dengan Orang yang Terpercaya

Saat berada di masa sulit, usahakan agar kalian jangan sampai sendirian. Pada situasi ini, mental kalian lebih tertekan. Bisa saja kalian sedih dan menangis tiba-tiba. Oleh karena itu, kalian perlu memilih orang terpercaya untuk menemani.

5. Memiliki Pemikiran Positif

Terkadang, pemikiran terhadap diri sendiri itu terlalu kejam. Terlalu menilai diri jelek dan pesimis dengan kemampuan akan memberikan dampak buruk bagi diri sendiri. Oleh karena itu, kalian perlu menciptakan vibes yang positif. Berikan diri kalian motivasi yang membangun.

4. Kata-Kata Struggle

Gambar

Orang yang berada di masa sulit biasanya membutuhkan motivasi agar tetap kuat. Nah, tak hanya berusaha memahami arti struggle saja, kalian juga perlu membaca beberapa kata-kata struggle yang bisa menjadi sumber motivasi berikut ini.

1. "Don't compare your struggles to anyone else's. Don't get discouraged by the success of others. Make your own path and never give up." - MJ Korvan

(Jangan membandingkan perjuanganmu dengan orang lain. Jangan berkecil hati dengan kesuksesan orang lain. Buat jalanmu sendiri dan jangan pernah menyerah.)

2. "The harder the struggle, the more glorious the triumph. Self-realization demands very great struggle." - Swami Sivananda

(Semakin sulit perjuangan, semakin agung kemenangan. Kesadaran diri menuntut perjuangan yang sangat besar.)

3. "We grow because we struggle, we learn and overcome." - R. C. Allen

(Kita tumbuh karena kita berjuang, kita belajar dan mengatasi.)

4. "The struggle you're in today is developing the strength you need for tomorrow. Don't give up." - Robert Tew

(Perjuanganmu hari ini membangun kekuatan yang kamu butuhkan untuk esok hari. Jangan menyerah.)

5. "In the struggle between the stone and water, in time, the water wins." - Japanese Proverb

(Dalam pergulatan antara batu dan air, pada waktunya air menang.)

6. "Every struggle in your life has shaped you into the person you are today. Be thankful for the hard times, they can only make you stronger."

(Setiap perjuangan dalam hidupmu telah membentukmu menjadi pribadi seperti sekarang. Bersyukurlah atas masa-masa sulit, hal itu hanya membuatmu menjadi lebih kuat.)

7. "Struggle happens when you do something which you don't love." - Kubra Sait

(Perjuangan terjadi ketika kamu melakukan sesuatu yang tidak kamu sukai.)

Nah, KLovers, itulah penjelasan mengenai arti struggle beserta faktor, dan cara untuk melewati masa sulit.

(kpl/gen/ans)

Editor:   Anik Setiyaningrum

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com