Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Memahami Arti Take Care, Ketahui Juga Fungsi dan Contoh Penggunaannya Berdasarkan Konteks

Editor KapanLagi.com | Jum'at, 26 November 2021 18:44 WIB
Memahami Arti Take Care, Ketahui Juga Fungsi dan Contoh Penggunaannya Berdasarkan Konteks

Kapanlagi.com - Ada banyak istilah dalam bahasa Inggris yang kemudian populer dan dipakai di keseharian masyarakat Indonesia. Istilah take care adalah salah satu contohnya. Setiap harinya, kita bisa menjumpai penggunaan istilah take care, baik dalam bentuk teks tulis maupun dalam percakapan langsung. Meski begitu, faktanya masih banyak orang yang tidak tahu apa arti take care sesungguhnya.

Dalam pemakaiannya take care, sering dipakai semacam ucapan selamat. Banyak orang saling berkirim pesan bertuliskan take care, dalam berbagai kondisi dan situasi. Namun, seringnya ucapan take care biasa disampaikan kepada seseorang yang akan berpergian. Selain itu, take care juga biasa disampaikan pada seseorang yang sedang dalam keadaan bahaya seperti dalam musibah.

Istilah take care tak saja terdengar keren. Di balik ungkapan take care, seseorang bisa menunjukkan rasa kepeduliannya. Nah, untuk tahu lebih dalam arti take care, langsung saja simak beberapa ulasannya berikut ini.

1. Arti Take Care

Gambar

Sebagaimana yang telah disinggung di awal, istilah take care sebenarnya berasal dari bahasa Inggris. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, secara umum dan harfiah arti take care adalah "merawat" atau "mengurus". Namun, ternyata take care mempunyai arti lain. Arti take care tersebut lebih didasarkan pada konteks yang meliputi istilah tersebut dalam suatu kalimat teks atau ucapan.

Berdasarkan pemakaiannya, istilah take care biasa dipakai saat seseorang akan berpisah. Dalam konteks ini, maka arti take care bukan lagi "merawat" atau "mengurus". Take care jadi mempunyai makna lain. Kurang lebih dalam bahasa Indonesia, dalam konteks tersebut, arti take care lebih mirip dengan istilah atau ungkapan "selamat tinggal".

Namun jika ditelisik lebih mendalam, sebagai kalimat perpisahan, arti take care dirasa lebih dekat dengan ungkapan "hati-hati" dalam bahasa Indonesia. Itulah sebabnya, take care kemudian tak saja dipakai dalam konteks perpisahan. Arti take care yang bermakna hati-hati, juga biasa dipakai sebagai peringatan atau pesan agar seseorang lebih berwaspada saat dalam situasi berbahaya seperti ketika ada bencana.

2. Kata Lain dari Take Care

Gambar

Arti take care yang bermakna "hati-hati" dalam bahasa Indonesia ternyata mempunyai beberapa padanan kata dalam bahasa Inggris. Sehingga jika bosan dan ingin menggunakan istilah lain yang bermakna sama, kalian bisa menggunakan kata lain dari take care. Berikut beberapa sinonim atau kata lain dari take care dalam bahasa Inggris.

1) be safe

2) stay safe

3) be careful

4) take good care of yourself

5) be healthy

6) be fine

7) be well

8) stay good

9) stay calm

10) stay healthy

11) stay well-rested

12) stay well-nourished

13) take care of yourselves

14) watch your back

3. Contoh Penggunaan Istilah Take Care dalam Berbagai Konteks

Gambar

Memahami perbedaan arti take care sebagai "mengurus" dan "hati-hati", akan lebih mudah dengan memperhatikan contoh penggunaannya dalam kalimat. Pasalnya sampai saat ini, take care biasa dipakai dalam berbagai konteks. Baik sebagai istilah bermakna "mengurus" maupun istilah yang berarti "hati-hati".

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa contoh penggunaan istilah take care dalam kalimat, berdasarkan masing-masing konteksnya, dilansir dari wallstreetenglish.co.id.

1) Contoh Penggunaan Istilah Take Care dalam Arti "Mengurus"

- We will take care of them together. (Kami akan mengurus semuanya bersama-sama.)

- I quickly had to grow up and take care of myself and be safe and go to school and study. (Secara cepat aku harus bertumbuh dan mengurus diriku sendiri, dan pergi ke sekolah dan belajar secara aman.)

- It is nice to have so many people to take care of your children, yes? (Sangat menyenangkan untuk memiliki banyak orang yang merawat anak-anakmu ya?)

- Len is going to take care of the details for me. (Len akan mengurus semua rinciannya untukku.)

- I decided since it was such an important deal I would take care of it for him. (Aku memutuskan sejak itu merupakan keputusan penting, aku akan mengurusnya untuk dia.)

2) Contoh Penggunaan Istilah Take Care dalam Arti "Sampai Jumpa" dan "Hati-Hati"

- May you all have a safe and peaceful holiday break and please take care if you are on the road. (Semoga kamu semua memiliki liburan yang tenang dan aman. Mohon berhati-hati jika kamu berada di jalanan.)

- Protect and take care of your body as best you can, it is the only thing you are sure to have forever. (Lindungi dan rawatlah tubuhmu sebaik yang kamu bisa, ini adalah satu-satunya hal yang akan kamu miliki selamanya.)

- Okay then. Take care. (Baiklah. sampai jumpa)

- And take care with sparklers, fireworks, bangers, and bonfires and try not to frighten the vulnerable. (Berhati-hatilah dengan petasan, kembang api, dan api unggun dan usahakan untuk tidak menakutkan.)

Itulah di antaranya ulasan tentang arti take care berikut fungsi dan contoh penggunaannya berdasarkan konteks. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan!

 

(kpl/psp)

Editor:   Puput Saputro

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com