Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Memahami Arti Visi dan Misi, Jangan Sampai Tertukar Ketahui Perbedaan - Fungsinya

Editor KapanLagi.com | Kamis, 27 Januari 2022 11:44 WIB
Memahami Arti Visi dan Misi, Jangan Sampai Tertukar Ketahui Perbedaan - Fungsinya

Kapanlagi.com - Visi dan misi jadi dua kata yang seolah tak bisa dipisahkan. Pasalnya kedua kata ini hampir selalu muncul beriringan. Di keseharian, kita pasti pernah mendengar kata visi dan misi dalam beberapa situasi seperti ketika adanya kegiatan kampanye. Lantas, apa arti visi dan misi?

Walaupun sudah jadi dua kata yang seolah tak bisa dipisahkan, nyatanya visi dan misi adalah dua hal yang berbeda. Maka dari itu, penting bagi kita untuk tahu arti visi dan misi agar tidak salah dalam mengimplementasikannya. Sebab, sampai saat ini masih banyak orang yang menganggap visi dan misi sebagai dua hal yang mirip atau bahkan bersinonim.

Untuk tahu arti visi dan misi berikut perbedaannya, langsung saja simak ulasan berikut yang telah kapanlagi.com rangkum dari berbagai sumber.

 

1. Arti Visi dan Misi

Gambar

Visi dan misi mungkin sudah seperti serangkaian kata yang pastinya cukup familiar. Kata visi dan misi bisa kita temui di berbagai tempat atau lingkungan, seperti sekolah, tempat kerja, bahkan di instansi pemerintahan. Namun faktanya masih banyak yang belum paham arti visi dan misi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti visi adalah kemampuan untuk melihat dan mengamati suatu inti persoalan, berdasarkan pandangan atau wawasan ke depan. Namun secara umum, visi lebih sering diartikan sebagai serangkaian gagasan berkaitan dengan cita-cita atau nilai inti sebuah keinginan kelompok atau individu. Sebagai sebuah visi, cita-cita atau nilai inti tersebut ditetapkan sebagai sebuah tujuan.

Sementara itu, arti misi lebih mengarah pada langkah-langkah demi mencapai visi yang sudah ditentukan. Misi biasanya dapat berwujud skala prioritas, metode, atau nilai-nilai kerja yang bisa dijadikan petunjuk acuan dalam mewujudkan sebuah visi.Itu artinya, arti visi dan misi jelas berbeda. Kendati begitu, arti visi dan misi tetap saling berkesinambungan satu sama lain.

2. Perbedaan Visi dan Misi

Gambar

Dalam penjelasan arti visi dan misi di atas telah dijelaskan secara implisit mengenai perbedaan visi dan misi. Namun agar semakin paham lagi terkait perbedaan visi dan misi, kalian bisa simak ulasan berikut yang memuat penjelasan lebih rinci.

- Visi merupakan gambaran besar dari keseluruhan tujuan yang ingin dicapai. Sementara, misi adalah penjabaran atau penjelasan berisi hal-hal yang akan dilakukan agar visi bisa terwujud.

- Visi dibuat dengan orientasi ke masa depan dan bersifat umum. Sedangkan, misi dibuat untuk masa kini atau waktu saat ini dan bersifat lebih detail atau khusus.

- Visi adalah tujuan, masa depan, cita-cita, hal yang ingin dilakukan. Misi adalah langkah, bentuk atau cara serta bagaimana untuk mewujudkannya.

- Visi bisa terdiri satu atau beberapa kalimat pernyataan yang jelas dan padat. Sementara, misi terdiri dari sejumlah kalimat atau pernyataan yang dapat menjelaskan tujuan.

- Visi bisa berupa tujuan besar, sehingga berjangka panjang. Sedangkan, misi harus segera dilakukan agar visi bisa dicapai secepatnya.

3. Fungsi Visi dan Misi

Gambar

Arti visi dan misi disusun bukan tanpa alasan. Dengan visi dan misi, langkah suatu organisasi atau kelompok akan lebih terarah dan terprediksi. Selain itu, visi dan misi juga mempunyai fungsi tersendiri. Berikut beberapa fungsi visi dan misi.

1. Visi dan misi berguna untuk meningkatkan produktivitas dalam bekerja demi tercapainya tujuan bersama.

2. Visi dan misi bisa digunakan dalam menentukan standar kerja, khususnya berkaitan dengan pembagian tugas dan kewajiban dalam satu kelompok atau organisasi.

3. Visi dan misi bisa dipakai sebagai bahan acuan dalam menentukan pengambilan keputusan. Agar keputusan yang diambil tidak lepas dari tujuan yang telah ditentukan.

4. Visi dan misi bisa menjadi titik fokus untuk menyelaraskan semua pihak dalam suatu organisasi, sehingga setiap orang bekerja bisa bekerja sesuai tujuan.

5. Visi dan misi menjadi perencanaan strategis, bagi organisasi untuk mencapai tujuan bersama di masa depan.

4. Contoh Visi dan Misi

Memahami arti visi dan misi tidak akan lengkap tanpa mengetahui contohnya. Berikut beberapa contoh visi dan misi dari lembaga Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, dilansir dari situs resmi kominfo.go.id.

Visi:

Terwujudnya Indonesia Maju yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong

Misi:

1. Peningkatan kualitas manusia Indonesia.

2. Struktur ekonomi yang produktif, mandiri, dan berdaya saing.

3. Pembangunan yang merata dan berkeadilan.

4. Mencapai lingkungan hidup yang berkelanjutan.

5. Kemajuan budaya yang mencerminkan kepribadian bangsa.

6. Penegakan sistem hukum yang bebas korupsi, bermartabat, dan terpercaya.

7. Perlindungan bagi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga.

8. Pengelolaan pemerintahan yang bersih, efektif, dan terpercaya.

9. Sinergi pemerintah daerah dalam kerangka Negara Kesatuan.

Itulah di antaranya penjelasan arti visi dan misi beserta perbedaan dan fungsinya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian!

(kpl/gen/psp)

Editor:   Puput Saputro

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com