Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Memahami Bacaan dan Arti Taawudz, Ketahui Juga Hukum Serta Keutamaan-keutamaannya

Editor KapanLagi.com | Rabu, 26 Januari 2022 10:44 WIB
Memahami Bacaan dan Arti Taawudz, Ketahui Juga Hukum Serta Keutamaan-keutamaannya

Kapanlagi.com - Bacaan taawudz tentu sudah familiar di telinga sebagian besar orang, khususnya umat muslim. Pasalnya, bacaan taawudz biasa dibaca ketika seorang muslim hendak berdoa atau mengaji. Oleh karena itu, setiap umat muslim wajib tahu arti taawudz. Sebab, taawudz tak sekadar bacaan doa biasa. Terdapat makna mendalam di dalam bacaan taawudz.

Meski sudah jadi bacaan umat muslim sehari-hari, faktanya masih banyak orang yang tidak tahu arti taawudz. Padahal, taawudz harus dibaca dengan penuh penghayatan, kemantapan, dan keyakinan. Maka dari itu, penting untuk tahu arti taawudz khususnya bagi umat muslim.

Nah untuk tahu lebih dalam tentang arti taawudz, langsung saja simak saja ulasan berikut yang telah kapanlagi.com rangkum dari berbagai sumber.

 

 

1. Bacaan dan Arti Taawudz

Gambar

Kalimat taawudz menjadi salah satu bacaan penting dalam agama Islam. Nama lain bacaan taawudz adalah isti'adzah. Kalimat taawudz atau isti'adzah sudah jadi anjuran untuk dibaca dalam beberapa waktu, salah satunya ketika hendak membaca surat Al Fatihah atau mmebaca ayat Al Quran lainnya.

Selain itu, arti taawudz juga mempunyai makna yang dalam. Secara umum, bacaan taawudz berarti meminta perlindungan pada Allah SWT dari godaan setan. Maka secara tak langsung, membaca taawudz bisa jadi satu langkah untuk menjaga keimanan kepada Allah SWT. Maka dari itu, sudah semestinya setiap umat muslim tahu bunyi bacaan taawudz yang benar beserta arti taawudz.

Adapun bunyi bacaan dan arti taawudz adalah sebagai berikut:

"A'udzu billahi minas-syaitanir-rajimi"

Artinya:

"Aku memohon perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk"

2. Hukum dan Anjuran Membaca Taawudz

Meski jadi salah satu bacaan penting, sejumlah ulama menyatakan bahwa bacaan taawudz bersifat sunnah, bukan wajib. Sehingga, seorang muslim tidak akan berdosa jika tidak membaca arti taawudz, misal sebelum membaca Al Quran. Namun, karena bernilai sunnah maka membaca taawudz bisa jadi pahala tambahan.

Akan tetapi, hukum mengenai membaca taawudz sebenarnya masih sering jadi pertentangan. Pasalnya, ada sejumlah ulama yang juga menyatakan membaca taawudz hukumnya wajib karena kalimat perintah dalam ayat di atas menunjukkan arti yang hakiki.

Ibnu Sirin berpendapat bahwa kewajiban membaca taawudz bernilai setidaknya sekali dalam seumur hidup. Sehingga, jika seorang muslim sudah membaca taawudz setidaknya sekali dalam hidupnya, maka sudah dianggap gugur hukum wajibannya.

Pandangan lainnya mengenai hukum membaca taawudz dikemukakan oleh ulama bernama Imam Fakhruddin al-Razi. Menurutnya, Nabi tidak pernah meninggalkan membaca taawudz. Sehingga, menurutnya membaca taawudz sebuah bagian dari kewajiban muslim untuk mengikuti Rasulullah. Terlebih, menurut Imam Fakhruddin al-Razi perintah membaca taawudz telah dijelaskan secara tekstual dalam ayat AL Quran.

Adapun dalil Quran tentang membaca taawudz, salah satunya terdapat dalam surat An-Nahl Ayat 98, yang artinya kurang lebih berbunyi sebagai berikut:

"Maka apabila engkau (Muhammad) membaca Alquran, mohonlah perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk."

3. Keutaman Membaca Taawudz

Gambar

Terlepas dari pro dan kontra pandangan terkait hukumnya, membaca taawudz tetap diyakini akan membawa banyak kebaikan. Pasalnya, dalam bacaan taawudz terkandung sejumlah keutamaan dan manfaat bagi muslim yang membacanya. Berikut beberapa keutamaan dari membaca taawudz.

1. Dapat Membantu Meredam Amarah

Salah satu keutamaan dari membaca bacaan latin dan arti taawudz di antaranya adalah dapat meredam amarah. Keutamaan ini diambil dari sebuah hadis yang berbunyi:

Dari Sulaiman bin Shurd radhiyallahu 'anhu, ia berkata, "Aku pernah duduk di samping Nabi saat dua orang lelaki tengah saling caci. Salah seorang dari mereka telah memerah wajahnya dan urat lehernya tegang."

Beliau (Rasulullah SAW) bersabda, "Aku benar-benar mengetahui perkataan yang bila diucapkannya, niscaya akan lenyap apa (emosi) yang ia alami. Andai ia mengatakan, 'A'uudzubillaahi minasy-syaithaanir-rajim' pastilah akan lenyap emosi yang ada padanya." (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Memberikan Ketenangan dalam Hati

Tak saja meredam amarah, keutamaan membaca taawudz juga bisa memberikan ketenangan dalam hati. Keutamaan ini sebagaimana yang terdapat dalam Al Quran surat Ar-Ra'd ayat 28 yang bunyi artinya adalah sebagai berikut.

"(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram."

3. Melindungi Diri dari Kejahatan

Keutamaan membaca taawudz yang ketiga yaitu bisa melindungi seseorang dari kejahatan. Ya, taawudz tak saja melindungi keimanan seorang muslim dari godaan setan, melainkan juga bisa melindungi seseorang dari kejahatan manusia. Hal ini seperti yang terkandung dalam surat Al Araaf ayat 200 yang artinya, berbunyi:

"Dan jika setan datang menggodamu, maka berlindunglah kepada Allah. Sungguh, Dia Maha Mendengar, Maha Mengetahui."

Itulah di antaranya penjelasan arti taawudz yang perlu umat muslim ketahui, beserta hukum dan keutamaannya. Semoga bermanfaat dan bisa meningkatkan keimanan kita sebagai muslim. Amiin.

(kpl/gen/psp)

Reporter:   Galuh Esti Nugraini

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com