Memiliki Racun & Bisa Sebabkan Gangguan Kesehatan Kulit, Ini Bahaya Semut Charlie

Louvina Gita | Selasa, 25 Juni 2019 14:55 WIB
Louvina Gita | Selasa, 25 Juni 2019 14:55

Kapanlagi.com - Masyarakat Indonesia sempat dibuat geger dengan kemunculan serangga tomcat beberapa tahun lalu. Sebenarnya banyak julukan yang diberikan pada semut satu ini. Mulai dari semut semai hingga semut charlie.

Di tahun 2015 silam, warga Rusun di kawasan Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta Barat menjadi korban serangan semut ini. Seperti dilansir dari Liputan6.com, kala itu beberapa warga terutama anak-anak merasakan gatal-gatal bahkan kulit mereka melepuh.

Lantas seperti apa sebenarnya bahaya semut charlie dan bagaimana cara penanganannya bila kita terserang serangga satu ini? Berikut penjelasannya.

1 Dari 5 Halaman

1. Habitat Asli

Habitat Asli Ilustrasi (credit: Shutterstock)
Meski tidak mematikan, semut charlie patut untuk diwaspadai. Memiliki habitat asli di persawahan, semut charli merupakan pemangsa wereng dan kepik. Melansir Liputan6.com yang mengutip dari klikdokter, ketika semut charlie kehilangan habitat aslinya maka ia akan mencari tempat yang terang dan hangat sebagai tempat hidupnya.

Ukuran semut ini berkisar anata 1 hingga 35 mm (1,5 inci). Sebagian besar berukuran 2-8 mm. Secara umum semut charlie berbentuk memanjang. Tetapi ada juga beberapa yang berbentuk bulat seperti telur.

Tubuh bagian atas semut charlie berwarna kuning gelap. Sedangkan perut dan kepalanya memiliki warna yang gelap. Sama seperti semut pada umumnya, semut charlie juga mempunyai sebuah antena.

2 dari 5 halaman

2. Serangan Semut Charlie

Serangan Semut Charlie Credit: Liputan6.com
Semut charlie/tomcat memang punya cairan beracun di tubuhnya. Namun racun tersebut tidak akan menyebabkan kematian. Sebenarnya, tomcat tidak menggigit atau menyengat. Ia akan menyebarkan racunnya dengan cara menyemprotkan ke arah datangnya serangan.

Secara otomatis ia akan mengeluarkan cairan bila bersentuhan dengan kulit manusia. Bukan cuma kulit, tomcat juga menganggap benda-benda seperti baju, handuk atau benda lainnya sebagai sebuah ancaman. Benda itu pun tak luput dari serangan cairan racun dari tomcat.

Pada serangga jenis tertentu, terdapat cairan yang disinyalir 12 kali lebih kuat dari bisa ular kobra. Cairan toksin itu disebut sebagai 'aederin' (C24H43O9N). Saat sudah terjangkit dermatitis, segera bersihkan sapu tangan, handuk, pakaian atau benda apapun yang diduga terpapar cairan racun ini.

3 dari 5 halaman

3. Mencegah Penyebaran

Mencegah Penyebaran Ilustrasi (credit: Shutterstock)
Minimalisir kemungkinan untuk bersentuhan langsung dengan semut charlie. Hindari pula untuk menghancurkannya di badan atau menggosoknya dengan jari yang kotor. Karena bila dilakukan, hal itu dapat menyebabkan mata merah dan timbulnya penyakit kulit parah yang dikenal sebagai dermatitis linearis.

Saat menemui semut charlie hinggap di tangan, jangan berpikiran untuk memencet atau membunuh seperti mematikan nyamuk atau serangga kecil pada umumnya. Cukup tiup semut charlie hingga menjauh. Atau bisa juga disingkirkan dengan menggunakan bantuan alat lain. Setelah itu cuci tangan kalian dengan sabun.

Cara lain untuk mencegah menyebarnya semut charlie adalah dengan menyemprotnya menggunakan racun serangga. Walaupun dianggap mengganggu, sebenarnya kehadiran semut charlie memberikan keuntungan pada kaum petani. Karena akan memangsa hama yang menjadi musuh utama petani yaitu wereng. Sayangnya dalam kurun waktu 3-4 tahun terakhir terdapat laporan gangguan kesehatan manusia yang disebabkan serangga satu ini.

4 dari 5 halaman

4. Bukan Penyebab Herpes

Bukan Penyebab Herpes Ilustrasi (credit: Shutterstock)
Di kalangan masyarakat tersebar informasi bahwa serangan semut charlie bisa menjadi penyebab herpes. Namun perlu diketahui bahwa hal itu tidak benar. Gejala yang muncul memang memiliki kesamaan dengan herpes. Tetapi iritasi tersebut bisa ditangani dan berbeda dengan penanganan pada penyakit herpes.

Pengobatan semut charlie bukan menggunakan oral acyclovir seperti yang digunakan pada penderita herpes. Melansir alodokter, oral acylovir merupakan obat yang dapat digunakan untuk mengobati infeksi akibat virus, seperti Varicella zoster dan Herpes simplex.

5 dari 5 halaman

5. Cara Penanganan

Ketika terindikasi muncul gejala serangan racun semut charlie, segera temui dokter atau datang ke klinik terdekat untuk menerima pengobatan. Penanganan pertama dapat dilakukan dengan membasuhkan air pada bagian tubuh yang terpapar.

Pastikan agar basuhan air tidak merembet ke bagian tubuh lainnya untuk mencegah penyebaran iritasi di wilayah kulit lain.

(kpl/lip/lou)


Editor:  

Louvina Gita

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com