Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Mempelajari Arti Disclaimer, Fungsi, dan Cara Penggunaannya dalam Website

Senin, 23 Mei 2022 13:33 WIB
Mempelajari Arti Disclaimer, Fungsi, dan Cara Penggunaannya dalam Website

Kapanlagi.com - Istilah disclaimer memang bukan hal yang asing, terutama bagi orang yang sudah sering berhadapan dengan konten Website, Blog, atau Youtube. Meskipun begitu, masih ada beberapa orang yang belum mengetahui arti disclaimer.

Arti Disclaimer bisa dipahami sebagai pernyataan formal mengenai ketidakterlibatan kalian secara langsung pada suatu hal. Fungsinya dalam dunia bisnis bisa dilihat secara jelas sebagai usaha untuk melindungi diri dari tindakan hukum dan klaim kewajiban tertentu.

Hal itu bisa terlihat pada produk kecantikan yang sebenarnya bermanfaat untuk menghilangkan jerawat. Namun, karena kalian tak bisa menjamin manfaat itu bagi semua jenis kulit, kalian perlu menuliskan peringatan tersebut pada disclaimer. Nah, untuk lebih jelas, kalian bisa memahami arti disclaimer lebih lanjut dalam informasi berikut ini.

 

1. Apa Itu Arti Disclaimer?

Gambar

Orang awam mungkin masing belum mengetahui arti disclaimer. Padahal, disclaimer sering dijumpai di dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam situs web. Arti disclaimer adalah sebuah kode pemberitahuan yang disematkan dalam situs web, gunanya untuk membatasi tanggung jawab atas penggunaan situs tersebut.

Hampir semua web dalam situs internet dipasangi disclaimer. Meskipun disclaimer tidak mengesampingkan tindak hukum, pemasangan disclaimer sangat bagus untuk menjalankan sebuah web.

Jangkauan disclaimer ini bisa menyangkut konten-konten dalam situs web seperti biasa. Dalam mengisi konten tersebut, kalian perlu berusaha mengumpulkan segala informasi agar lebih akurat. Hal itu diperlukan agar tak ditemukan beberapa informasi pada laman web yang kurang pas. Jika ini terjadi, bisa saja kalian akan terseret ke jalur hukum saat ada pembaca yang merasa dirugikan. Disclaimer ini bisa membantu kalian saat dituntut untuk bertanggung jawab atas kasus yang menyangkut situs web.

Selain mengover bagian konten, disclaimer juga mampu melindungi hak cipta, menghalang virus, dan masih ada beberapa hal bisa ditangani. Setelah memahami penjelasan mengenai arti disclaimer di atas, bisa disimpulkan bahwa segala sesuatu yang akan diposting ke sebuah web akan lebih baik dipasangi disclaimer.

2. Fungsi Penggunaan Disclaimer

Gambar

Sebuah konten yang sudah kalian unggah akan bergantung dengan situs web. Oleh karena itu, kalian perlu menggunakan disclaimer. Selain itu, situs dalam web memiliki ukuran dan bentuk yang berbeda. Jadi, kalian tetap harus memilih jenis disclaimer yang dibutuhkan dan yang paling penting harus sesuai dengan konten.

Ada beberapa fungsi yang bisa kalian dapatkan saat menggunakan disclaimer dalam situs web. Jika penasaran dengan fungsi tersebut, langsung saja simak informasi berikut ini.

1. Digunakan untuk melindungi hak yang kalian miliki

Disclaimer membantu untuk melindungi hak kekayaan Intelektual yang kalian miliki dari orang yang tidak bertanggungjawab. Dengan asumsi bahwa konten yang dimiliki bersifat artistik dan sastrawi, disclaimer bisa digunakan untuk mengklaim kepemilikan hak cipta konten. Memang sudah ada aturan tentang larangan untuk tidak menggunakan konten orang lain. Meskipun begitu, perlindungan kekayaan intelektual lain harus segera didaftarkan sesuai dengan UUD yang berlaku. Arti disclaimer dalam hal ini membuktikan bahwa penggunaannya sangatlah penting.

2. Melakukan pembatasan kewajiban

Disclaimer tidak hanya digunakan untuk melindungi hak, tapi juga mengurangi dampak risiko yang terjadi. Bahkan disclaimer akan membantu melindungi kalian lepas dari tanggung jawab kepada pembaca. Disclaimer ini juga bisa membantu dalam memberikan informasi tentang kualitas dan juga latar belakang yang kalian miliki.

3. Melakukan pembatasan kewajiban dari pihak ketiga

Untuk memahami fungsi ini, ambillah sebuah contoh, ada pihak ketiga yang bisa melakukan komunikasi di dalam situs yang kalian buat. Untuk itu, kalian harus bertanggung jawab atas segala aktivitas yang mereka lakukan seperti mengaktifkan kolom komentar atau ada iklan dari tempat lain. Fungsi dari disclaimer ini akan membantu lepas dari tanggung jawab yang ditimbulkan oleh orang lain.

4. Digunakan untuk melindungi perusahaan atau organisasi

Kasus yang bersangkutan dengan konten organisasi dan perusahaan bisa merusak citra yang dimiliki. Dengan adanya masalah ini kalian harus melakukan konfirmasi bahwa konten yang dimiliki semata-mata hanya untuk konten.

3. Cara Memasang Disclaimer dalam Situs Web

Gambar

Setelah memahami penjelasan mengenai arti disclaimer dan fungsinya, tentu kalian jadi penasaran dengan cara memasangnya. Nah, cara yang akan dibahas kali ini menggunakan tampilan Wordpress. Jika kalian ingin mengetahui langkah-langkahnya, langsung saja simak penjelasan berikut ini.

1. Pertama, masuk ke laman Wordpress kalian. Silakan memasuki bagian kontrol administrasi. Setelah itu klik halaman. Akan muncul taksbar dan kalian harus memilih menu 'add new'.

2. Gunakan judul yang relevan supaya akun disclaimernya aktif.

3. Langkah selanjutnya bisa langsung klik publish dan melihat tampilan previewnya sebelum bisa dilihat banyak orang.

4. Memilih menu footer yang ada di sebelah judul dan 'add pages' kemudian klik menu 'saved page'.

Nah, KLovers, itulah penjelasan mengenai arti disclaimer beserta manfaat dan cara penggunaannya.

(kpl/gen/ans)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com