Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Mengenal Arti Monoton dalam Hubungan Asmara Beserta Langkah Tepat untuk Mengatasinya

Sabtu, 21 Mei 2022 11:33 WIB
Mengenal Arti Monoton dalam Hubungan Asmara Beserta Langkah Tepat untuk Mengatasinya

Kapanlagi.com - Rasa bosan yang muncul dari kehidupan yang monoton merupakan hal wajar. Arti monoton bisa dipahami sebagai rutinitas dengan dinamika yang selalu sama. Meski sulit untuk keluar dari rutinitas tersebut, rasa bosan juga tak boleh dibiarkan berlarut-larut.

Mungkin, kalian sudah merasa punya pilihan aktivitas yang beragam. Namun, tanpa disadari malah kebiasaan itu yang menjebak kalian pada situasi penuh rasa lelah. Tak hanya dalam hal pilihan aktivitas, arti monoton juga begitu dekat dengan dinamika dalam hubungan asmara.

Tak cukup dengan mengetahui arti monoton, kalian juga perlu tahu cara mengatasinya. Nah, agar kalian tak terjebak pada kebosanan yang berlarut-larut, langsung saja simak beberapa informasi selengkapnya di bawah ini.

 

1. Apa Arti Monoton?

Gambar

Berbicara tentang arti monoton, mungkin kalian sudah terbayang situasi yang membosankan dan melelahkan. Istilah ini memang sering dipakai untuk menggambarkan situasi semacam itu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) monoton memiliki beberapa arti. Arti monoton yang pertama adalah berulang-ulang selalu sama nada, bunyi, ragam, dan sebagainya. Kedua, selalu sama dengan yang dulu; itu-itu saja, tidak ada ragamnya. Dan yang ketiga, jenis adegan dengan dinamika yang selalu sama.

Melalui beberapa pengertian itu, monoton bisa diartikan sebagai situasi yang berulang-ulang atau sama. Hal ini merujuk bisa pada pengulangan rutinitas yang terjadi secara terus-menerus. Akibatnya, perulangan tersebut bisa membuat orang merasa bosan dan jenuh. Sementara di sisi lain, kalian tidak bisa lepas dari tugas atau rutinitas tersebut.

Biasanya, kebanyakan orang awalnya cenderung tidak sadar bahwa kebiasaan yang sedang dijalani mengarah pada kehidupan yang monoton. Seseorang yang aktif atau memiliki jadwal sibuk hanya akan dihantui perasaan tidak puas dan serba kurang.

Situasi monoton juga bisa terjadi pada hubungan percintaan. Biasanya rasa bosan dan jenuh dianggap wajar oleh beberapa pasangan. Padahal hubungan yang membosankan bisa menjadi susah dan berujung pisah.

2. Cara Mengatasi Situasi Monoton dalam Hubungan Asmara

Gambar

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, arti monoton cukup dekat dengan dinamika dalam hubungan asmara. Meski rasa bosan dalam setiap rutinitas memang sulit dihindari, tetap ada cara mengatasi situasi monoton tersebut.

1. Melakukan hal baru yang unik dan mengasikan

Menjalankan rutinitas yang sama atau pergi dengan pasangan mungkin memang menjadi hal menyenangkan. Namun, kebiasaan itu juga berpotensi membuat hubungan kalian menjadi monoton. Cara yang bisa kalian ambil untuk mengatasinya adalah diskusi. Bicarakan ide dengan pasangan untuk menjalani hal baru. Misalnya, membuat jadwal untuk mendatangi suatu tempat secara acak, seperti mendaki gunung atau melakukan aktivitas yang belum pernah dilakukan.

2. Memberikan kejutan kecil

Salah satu kegiatan yang cukup ampuh untuk menghilangkan rasa bosan adalah dengan merencanakan kejutan kecil. Memberikan kejutan untuk pasangan dalam suatu waktu bisa menambah warna bagi kehidupan percintaan kalian.

3. Menciptakan perasaan romantis

Biasanya pasangan yang sudah lama akan berjalan tanpa adanya gebrakan lain. Situasi itu tak selalu bermakna adem ayem. Justru terkadang malah mengarah pada gaya hubungan terkesan monoton. Untuk mengatasinya, cobalah untuk membuat suasana pertemuan jauh lebih romantis dari biasanya. Suasana ini bisa kalian bangun pada saat tertentu saja. Namun jangan terlalu sering. Berikan kejutan ini sesekali saja.

3. Cara Menghadapi Situasi Monoton dalam Kehidupan

Gambar

Tak hanya pada hubungan asmara, arti monoton juga berpotensi kalian temui pada setiap bidang kehidupan. Misalnya, pekerjaan, pertemanan, hingga pendidikan. Oleh karena itu, kalian perlu mencari cara mengatasinya lewat informasi di bawah ini.

1. Hilangkan Pikiran Bekerja Hanya untuk Uang

Topik tentang pekerjaan memang sering kali berorientasi pada uang. Banyak anggapan yang bicara bahwa uang bisa memecahkan masalah lainnya. Namun nyatanya, kebiasaan bekerja hanya demi uang itu bisa menimbulkan perasaan lelah dan bosan yang berlipat ganda. Tak ada kesenangan yang coba kalian dapatkan.

Oleh karena itu, cobalah sedikit mengurangi pemikiran tersebut. Alihkan niat tersebut dengan pemikiran bekerja adalah untuk mengembangkan kemampuan. Cara ini bisa menambah semangat dan juga tingkat produktivitas.

2. Jangan Takut Keluar Dari Zona Nyaman

Sebagian orang tidak ingin bergerak dari zona nyamannya. Masalah ini juga bisa membuat keadaan hidup jadi monoton. Kurangnya kreativitas dan tantangan malah bisa membuat kehidupan jadi membosankan. Cobalah untuk keluar dari zona nyaman. Mencari rutinitas yang berbeda dari biasanya atau menjalin komunikasi dengan orang baru.

3. Tidak Melanjutkan Aktivitas Belajar dan Membaca

Menghentikan aktivitas belajar dan membaca juga bisa membuat kehidupan kalian jadi monoton. Pasalnya, belajar dan membaca berbagai wacana bisa membantu imajinasi kalian lebih luas. Kalian akan banyak menemui hal baru yang bisa mendorong keinginan untuk terus belajar.

4. Tidak Terjebak dalam Rutinitas Kantor

Keadaan kantor yang sama memang membuat kalian cepat bosan. Apalagi dengan tekanan yang terjadi berulang-ulang. Hal ini bisa membuat kalian memutuskan untuk keluar dari kantor. Sebenarnya, kondisi ini belum tentu kesalahan tempat kerja. Tergantung sudut pandang orang yang ada di sana. Sebagai salah satu bagian dari tempat tersebut, kalian sebenarnya bisa berkontribusi dengan mengajukan ide baru yang bisa menambah semangat dan kenyamanan dalam bekerja.

5. Hanya Memilih Teman yang Disukai

Lingkup pertemanan yang kecil memang lebih nyaman. Namun, membatasi pertemanan dengan memilih orang-orang yang disukai saja bisa membuat kehidupan kalian menjadi monoton. Pasalnya, kalian hanya bisa berdiskusi dengan sedikit kepala yang isinya pun mirip. Dengan begitu, pengalaman yang didapat pun kurang beragam. Ada kalanya kalian harus berkomunikasi dengan lingkup teman yang berbeda. Selain bisa mengatasi rasa monoton, hal ini berguna untuk membiasakan diri dalam menghargai perbedaan.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai arti monoton serta langkah-langkah yang harus digunakan untuk menghindari situasi tersebut.

(kpl/gen/ans)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com