Mengenal Arti Overthinking dan Penyebabnya, Ketahui Juga Cara Mengatasinya Sebelum Menjadi Stres

Rabu, 20 Oktober 2021 11:33 WIB
Mengenal Arti Overthinking dan Penyebabnya, Ketahui Juga Cara Mengatasinya Sebelum Menjadi Stres

Kapanlagi.com - Overthinking jadi topik yang cukup sering dibahas belakangan ini, seiring dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya kesehatan mental. Tapi sebenarnya, arti overthinking? Secara umum, overthinking merupakan kecenderungan seseorang untuk memikirkan suatu permasalahan secara berlebihan. Perilaku overthinking dapat berdampak pada kesehatan mental dan mengganggu produktivitas.

Overthinking tidak boleh dianggap sebagai masalah yang sepele. Sebaliknya, overthinking harus segera diatasi sebelum menjadi stres, bahkan depresi. Untuk itu, kita harus memahami apa arti overthinking yang sesungguhnya. Supaya, kita bisa menentukan langkah untuk mengatasi dan menghindarinya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan terkait arti overthinking yang penting untuk diketahui.

1. Arti Overthinking

Overthinking bukan sekadar istilah yang populer belakangan ini. Secara istilah, overthinking berasal dari bahasa Inggris. Merujuk dari kamus, arti overthinking adalah berpikir berlebihan. Karenanya, overthinking seringkali disematkan untuk seseorang terlalu memikirkan segala sesuatu secara berlebihan. Baik itu yang sudah pernah terjadi, maupun yang belum terjadi. Hal ini lantas membuat orang yang overthinking hidup jadi terasa lebih berat untuk dijalani.

Overthinking sebenarnya bukan tergolong sebagai gangguan mental. Namun, overthingking bisa sangat mempengaruhi kondisi mental seseorang. Umumnya, orang bisa overthinking karena adanya perasaan sakit hati, bersalah, malu, marah, dan cemas karena suatu hal. Pola yang berulang, membuat seseorang bisa overthinking berulang kali hingga akhirnya bisa mempengaruhi kesehatan mental, bahkan juga fisik.

2. Penyebab Overthinking

Selain arti overthinking, penting juga untuk tahu hal-hal yang bisa menyebabkan overthinking. Pasalnya, dengan mengetahui penyebabnya kita bisa melakukan antisipasi agar terhindar dari overthinking. Lantas, apa penyebab overthinking yang sesungguhnya? Secara garis besar, penyebab overthinking bisa berasal dari diri sendiri dan orang lain.

Dari diri sendiri, overthinking bisa terbentuk dari kebiasaan-kebiasaan yang keliru. Misalnya, terbiasa memikirkan segala sesuatu secara rumit, padahal sebenarnya bisa diselesaikan dengan sederhana.

Selain itu, kebiasaan membandingkan diri sendiri dengan orang lain juga kerap jadi pemicu seseorang jadi overthinking. Sifat perfeksionis juga bisa memicu overthinking. Sebab, orang yang perfeksionis cenderung akan terus berpikir untuk bisa sempurna. Akhirnya, hal tersebut akan membebani pikirannya sendiri.

Dari faktor eksternal, overthinking juga bisa dipicu dari hubungan dengan orang lain yang tidak sehat. Simpelnya, saat mempunyai lingkungan yang overthinking, seseorang juga akan cenderung lebih mudah terbawa untuk overthinking.

3. Tanda-Tanda Overthinking

Orang yang mengalami overthinking biasanya akan menunjukkan sejumlah gejala. Sehingga, penting untuk mengenali gejala-gejala tersebut, agar jika mengalaminya bisa segera mengambil tindakan. Adapun beberapa gejala dari overthinking adalah sebagai berikut.

1) Terlalu memikirkan perkataan dan perbuatan orang lain

2) Mempunyai rasa cemas yang berlebihan, terkadang juga tidak mendasar

3) Takut dan ragu untuk memulai sesuatu

4) Kesulitan menyelesaikan masalah

5) Kualitas tidur terganggu

4. Cara Mengatasi Overthinking

Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, bahwa arti overthinking bukanlah sebuah gangguan mental. Meski begitu, overthinking juga tak bisa dianggap remeh dan segera diatasi. Sayangnya mengatasi overthinking memang terkadang terasa tidak mudah. Akan tetapi ada beberapa tips atau cara mengatasi overthinking yang bisa kalian coba, berikut adalah di antaranya.

1) Menyelesaikan permasalahan satu persatu

Masalah yang datang bersamaan dan menumpuk memang jadi terkesan sulit diselesaikan. Padahal, menunda-nunda justru akan membuat keadaan semakin sulit. Agar lebih mudah kalian bisa membuat semacam skala prioritas. Kalian bisa mengurutkan dari permasalahan yang mudah hingga yang sulit.

2) Mulai melakukan tindakan nyata

Salah satu penyebab orang overthinking dikarenakan perasaan ragu untuk melakukan sesuatu. Padahal tidak ada salahnya, untuk mencoba memulai hal yang meragukan tersebut. Artinya, dengan melakukan tindakan nyata, beban pikiran akan jadi lebih berkurang.

3) Menghubungi teman atau orang kepercayaan

Jika kalian termasuk orang yang tidak begitu menyukai keramaian, kalian bisa mengatasi overthinking dengan menelpon atau mengunjungi teman. Pilihlah teman yang bisa diajak berbagi keluh kesah. Teman tak saja menjadi tempat berbagi, teman juga bisa memberikan solusi dari masalah yang kalian hadapi.

4) Melakukan aktivitas favorit alias hobi

Melakukan aktivitas menyenangkan dan ringan bisa membantu atasi overthinking. Kalian bisa membaca buku atau menonton film kalian bisa memilih buku atau film yang ringan dan menghibur. Sebab, salah satu tujuan dari melakukan aktivitas ini ialah untuk menghilangkan rasa sepi sekaligus me-refresh otak.

5) Melakukan meditasi

Meditasi juga bisa jadi cara mengatasi overthinking. Tentu sudah jadi rahasia umum, kalau banyak orang melakukan meditasi untuk mendapat ketenangan jiwa dan pikiran. Dengan begitu, meditasi akan membuat kalian rileks dan terhindar dari overthinking.

6) Berolahraga

Selama ini olahraga dipercaya jadi salah satu kegiatan yang paling menyehatkan. Tidak hanya secara fisik, olahraga ternyata juga membawa manfaat untuk kesehatan mental atau psikis seseorang. Hal ini dikarenakan, olahraga bisa memicu pikiran seseorang menjadi lebih segar.

Itulah di antaranya ulasan tentang arti overthinking beserta penyebab dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan!

(kpl/gen/psp)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com