Mengenal Lampor, Mitos Kisah Mistis Keranda Terbang yang Dipercaya Membawa Malapetaka

Rabu, 14 Juli 2021 12:47 WIB
Mengenal Lampor, Mitos Kisah Mistis Keranda Terbang yang Dipercaya Membawa Malapetaka

Kapanlagi.com - Dalam beberapa waktu terakhir ini, kata-kata Lampor kerap menghiasi media massa dan juga trending topik media sosial. Penyebabnya diketahui berasal dari video TikTok yang diunggah oleh user bernama @bang_jo26, di mana Ia memperlihatkan momen penampakan keranda terbang di desanya. Nah, hal itulah yang disebut-sebut sebagai Lampor.

"Jauhkan mara bahaya dari lampor. Semenjak keranda terbang datang ke desa-desa tiap hari sebelum magrib udah bikin dianggan depan rumah," tulis akun @bang_jo26 pada caption video postingannya.

Terkait video yang viral tersebut, pro dan kontra pun ditemui, di mana ada sebagian netizen yang menyebut video itu hanya hoax belaka, namun tak sedikit pula yang mempercayai, bahkan turut membagikan pengalaman serupa di kolom komentar.

"Iya di desaku ada kayak batu gitu jatuh dari mana nggak tau tapi jatuhnya pas tengah-tengah lapangan, terus ada kabut dan terus hujan dan orang sekarng pada sakit-sakitan semua," tulis akun @roziqin7.

Anyway, terlepas dari video itu hoax atau bukan, beberapa netizen juga tampak bertanya-tanya, apa sih sebenarnya lampor itu dan apa kisah mistis di belakangnya? Berikut fakta-fakta yang telah KapanLagi.com kumpulin buat kalian semua..

1. Urban Legend dari Jawa

Lampor adalah sebuah mitos kisah mistis dari Jawa yang digambarkan sebagai penampakan keranda terbang sendiri. Kejadian ini biasanya terlihat di malam hari. Konon katanya, ada makhluk tak kasat mata yang membawa keranda tersebut untuk lalu-lalang di sebuah lokasi.

Dan dari kisahnya, mereka yang keluar di malam hari dan melihat lampor tersebut akan hilang tak kembali. Ataupun misal kembali, mereka tak akan jadi orang yang sama lagi dengan sebelumnya a.k.a jadi gila.

Sementara itu, ada pula mitos lain yang menyebut jika lampor adalah salah satu anggota pasukan ghaib dari Nyi Roro Kidul. Keranda tersebut diterbangkan oleh angin dari laut Selatan hingga akhirnya terbang melewati daerah-daerah tertentu.

2. Bawa Malapetaka

Selain itu, lampor juga dipecaya bisa membawa malapetaka dalam bentuk wabah penyakit hingga kematian massal kepada para penduduk suatu daerah atau desa yang dilewatinya. Tak heran jika saat ini kisah lampor kerap diungkit-ungkit lagi oleh publik, mengingat kondisi pandemi yang semakin memprihatinkan dan merenggut banyak nyawa.

Nah, sebagian orang memegang kepercayaan jika ada satu cara yang bisa diterapkan utuk mengusir lampor dari kampung atau desanya, yakni dengan cara beramai-ramai membunyikan kentongan sehingga menimbulkan suara berisik.

3. Film 'LAMPOR'

Beberapa sineas dunia perfilman sendiri sempat mengangkat kisah lampor dalam sebuah film bertajuk LAMPOR: KERANDA TERBANG pada tahun 2019. Film tersebut diperankan oleh Dion Wiyoko dan Adinia Wirasti dan mengambil setting lokasi di Temanggung.

Ada yang sudah pernah nonton filmnya? Kalau belum cek dulu trailernya di bawah ini dan tulis pendapatmu ya!


Video by: StarvisionPlus

(kpl/gtr)

 

Join Kapanlagi.com