Mengintip Gaji Para Menteri Kabinet Kerja Baru Jokowi

Guntur Merdekawan | Kamis, 24 Oktober 2019 14:50 WIB
Guntur Merdekawan | Kamis, 24 Oktober 2019 14:50

Kapanlagi.com - Hari Rabu (23/10) kemarin, Presiden RI, Jokowi resmi melantik 34 menteri untuk bergabung dalam Kabinet Kerja Jilid II atau yang diberi tagline Kabinet Indonesia Maju. Pada kesempatan itu, muncul nama-nama yang mencuri perhatian, seperti Nadiem Makarin, eks CEO Go-Jek, Wishnutama, Mahmud MD hingga Prabowo Subianto.

Yang kerap jadi pertanyaan publik, berapa sih besaran gaji yang diterima oleh para menteri tersebut nantinya? Bayangkan saja, sosok sekelas bos Go-Jek saja sampai rela untuk melepas jabatannya demi mengemban tugas barunya loh.

1 Dari 2 Halaman

1. Rp 18 Juta Per Bulan

Rp 18 Juta Per Bulan © Merdeka.com/BPMI
Selain mendapatkan gaji bulanan, para menteri juga akan diberikan tunjangan. Hal ini memang sudah diatur dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 68 Tahun 2001.

Nah berdasarkan aturan tersebut, para menteri Kabinet Indonesia Maju bakal mendapatkan gaji bulanan sekitar Rp 5 juta. Sementara itu, gaji tunjangannya tiap bulan mencapai Rp 13,6 juta. Jadi jika ditotal, per bulan mereka bakal mengantongi uang sekitar Rp 18,6 juta.

2 dari 2 halaman

2. Dana Lain-Lain

Dana Lain-Lain © Merdeka.com/Intan Umbari
Angka itu tergolong kecil untuk pejabat tinggi negara yang tugasnya begitu krusial. Namun jangan salah, gaji yang telah disebut di atas masih belum termasuk dana operasional hingga kinerja dan protokoler loh.

Dilansir dari DetikFinance, beberapa mantan pejabat di masa lalu sempat dana taktis sebesar Rp 100 hingga Rp 150 juta. Selain itu, para menteri juga masih akan mendapatkan fasilitas rumah dinas, kendaraan dinas dan jaminan kesehatan.

(kpl/gtr)


Editor:  

Guntur Merdekawan

Join Kapanlagi.com