ADVERTORIAL

Mengintip Indahnya Air Terjun Tanggedu, Grand Canyon Alami di Sumba Timur

Iwan Tantomi | Jum'at, 12 November 2021 10:00 WIB
Mengintip Indahnya Air Terjun Tanggedu, Grand Canyon Alami di Sumba Timur

Kapanlagi.com - Siapa yang tak tertarik melihat indahnya Grand Canyon? Lebih-lebih buat penyuka wisata alam pasti akan terpukau memandanginya. Namun, lupakanlah dulu sejenak Ngarai yang terletak di Arizona, Amerika Serikat.

Sebab, tempat serupa juga ada di Sumba Timur. Pengunjung bisa membuktikannya sendiri dengan mengambil Sumba Timur sebagai pilihan menghabiskan waktu liburan. Penasaran di mana lokasi tepatnya? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Datanglah ke Air Terjun Tanggedu

Setelah tiba di Sumba Timur, datanglah ke air terjun Tanggedu. Air terjun yang terletak di Desa Mondu kecamatan Kanatang itu akan membuat pengunjung berdecak kagum. Lantaran keindahan panorama juga karena air jernih yang mengalir di dinding-dinding batu maupun sungainya.

Bak oase di tengah savana Sumba Timur, untuk menuju air terjun Tanggedu ditempuh dengan perjalanan tracking sekitar selama 45 menit. Meskipun rute yang ditempuh cukup jauh, tapi itu akan terbayarkan dengan keindahan pemandangan hamparan savana. Kondisi jalan yang mulus serta mudah dilalui membuat perjalanan menjadi menyenangkan.

Tersedia Transportasi Menuju Lokasi

Credit: Pemkab Sumba TimurCredit: Pemkab Sumba Timur

Pengunjung yang ingin menikmati kecantikan air terjun Tanggedu, tapi enggan berjalan kaki pun tak perlu ragu atau cemas. Sebab tersedia juga sarana transportasi berupa sepeda motor untuk sampai kesana.

Menikmati keindahan alam sepanjang perjalanan di atas motor tentu tak kurang nilainya. Ditambah lagi obrolan warga setempat yang menjadi driver, juga bisa menjadi pengalaman yang menarik.

Tiba di papan selamat datang, pengunjung memang harus sedikit berusaha untuk turun menuju lokasi dengan menyusuri tebing lewat jalan setapak. Trek yang demikian tentu akan dianggap sebagai tantangan menarik bagi mereka yang suka melakukan hiking lewat trek yang cukup ekstrem.

Terdapat Akses Masuk yang Lebih Mudah

Namun, hal tersebut tidak berarti air terjun Tanggedu bukan tempat wisata yang layak bagi wisatawan yang tak suka jalanan ekstrim. Saat ini Pemerintah Kabupaten Sumba Timur sedang membangun akses masuk menuju lokasi air terjun. Nantinya setelah jalan setapak itu selesai, air terjun tanggedu semakin mudah didatangi.

Air terjun ini terletak di antara tebing-tebing yang sangat cantik dengan warna air yang kebiru-biruan dan juga jernih. Pengunjung juga boleh merasakan kesegarannya dengan mandi di sana. Setelah menikmati kesegaran air terjun Tanggedu, pengunjung juga bisa menikmati berbagai hidangan yang disediakan warga di area air terjun.

Menyenangkan sekali bukan? Jangan lupa masukkan tempat wisata ini dalam itinerary saat berkunjung ke Sumba Timur ya.

(kly/tmi)

Editor :   Iwan Tantomi

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com