Menu Sedapnya Menggoda, TiZa Kroket dan Ayam Bakar Mas Mbarep Ternyata Dibikin Orang yang Sama

Iwan Tantomi | Senin, 24 Januari 2022 13:32 WIB
Menu Sedapnya Menggoda, TiZa Kroket dan Ayam Bakar Mas Mbarep Ternyata Dibikin Orang yang Sama

Kapanlagi.com - Siang-siang memang enaknya makan yang sedap-sedap, apalagi jika tengah berkutat dengan kesibukan yang amat padat. Makan siang tak boleh sampai dilewatkan. Buat yang tinggal di Depok, mungkin sudah familier dengan TiZa Kroket dan Ayam Bakar Mbarep.

Cita rasa sedap dari menu-menu tempat makan tersebut, selalu bikin nagih dan ingin memakannya lagi dan lagi. Namun, tahukan kamu, jika kedua usaha kuliner tersebut dijalankan oleh satu orang yang sama? Ialah Elvy Yusanti, seorang ibu rumah tangga yang tinggal di Perumahan Rangkapan Indah, Pancoran Mas, Depok.

Lantas, bagaimana kisahnya sampai bisa membuka dua usaha makanan ini dengan sukses secara bersamaan? Berikut kisah inspiratifnya.

Terinspirasi Sang Ibu

Credit: Manis dan Sedap/TiZa KroketCredit: Manis dan Sedap/TiZa Kroket

Awalnya Elvy tidak terpikir untuk jualan makanan meskipun mendiang ibunya Siti Zaenab menjalankan usaha kue rumahan setelah ayahnya meninggal tahun 1976. Ia mengungkapkan, jika ibunya harus bekerja untuk membiayai hidup 10 anak-anaknya, di mana ia merupakan anak terakhir.

Keinginannya untuk mulai berwirausaha muncul, setelah ia gemar membuatkan kue kroket dengan resep andalan mendiang ibunya. Rupanya buah hatinya sangat menyukainya. Elvy yang kala itu masih bekerja, terpikir untuk mencoba menawarkannya ke teman kantornya. Ternyata banyak yang suka dan lama-lama banyak yang pesan. Dari situlah kemudian tekadnya untuk berjualan muncul.

Putuskan Menjadi Freelancer dan Jualan Kroket

Credit: Manis dan Sedap/TiZa KroketCredit: Manis dan Sedap/TiZa Kroket

Setelah tekadnya bulat, Elvy kemudian memutuskan berhenti dari kerjanya. Ia memilih menjadi freelancer sembari berjualan kroket. Di waktu bersamaan, sang suami ternyata punya ide jualan ayam bakar. Demi menemukan resep terbaik, suaminya bahkan rela bereksperimen selama 2 tahun. Suaminya pun berusaha serius menjalankannya, agar bisa menjdi kegiatan produktif saat pensiun.

Inspirasi Nama Usaha

Tak sampai di situ, Elvy juga membeberkan inspirasi nama usahanya. "TiZa adalah kependekan nama ibu saya, Ti dari Siti, Za dari Zaenab. Agar energi positif ibu selalu tercurah untuk usaha yang saya jalankan. Sementara Ayam Bakar Mas Mbarep, ikonnya anak sulung saya, M. Adhi Pratama," ungkapnya.

Menjalankan Usaha Penuh Tantangan

Credit: Manis dan Sedap/TiZa KroketCredit: Manis dan Sedap/TiZa Kroket

Sama halnya usaha pada umumnya, Elvy juga menemukan beragam tantangan dalam menjalankan bisnis kulinernya. "Dulu saya mengawali jualan kroket dari mulut ke mulut, lalu era transportasi online marak, saya memasang di aplikasi jualan makanan. Respons pembeli bagus. Hanya saja, saat itu saya tidak fokus karena masih ada pekerjaan, jadi hasil nggak maksimal," kata Elvy.

Sementara sekarang ini, media sosial dan berbagai aplikasi berjualan sangat mendukung. "Jadi nggak ada alasan lagi untuk nggak bisa manage usaha. Apalagi saat ini UMKM mendapat prioritas dari pemerintah, sehingga bisa mengikuti pelatihan-pelatihan dan belajar secara online," imbuhnya.

Menu Andalan yang Kerap Jadi Buruan Pelanggan

Credit: Manis dan Sedap/Ayam Bakar Mas MbarepCredit: Manis dan Sedap/Ayam Bakar Mas Mbarep

Bicara menu andalan Elvy yang kerap dijadikan buruan pelanggan, terutama yang tinggal di Depok adalah kroket dan ayam bakar yang begitu sedap. "Untuk kroket dan ayam ready stock. Jadi memesan, kita siapkan, kirim," tukas Elvy.

Hanya saja, karena Elvy masih berjualan di rumah di Depok, maka perlu mengatur jadwal pengiriman di luar Depok. "Ini tantangan dan saya mulai membuat kerjasama-kerjasama untuk membuka di beberapa tempat di luar Depok. Semoga bisa direalisasi segera," jelasnya.

Adapun kroket yang dihadirkan TiZa Kroket memiliki tujuh varian, yaitu Smokedbeef Keju, Ragout Beef, Hot Tuna, Udang Mayo, Jamur Lada Hitam, Kornet Keju, dan yang terbaru Kroket Rendang.

"Kroket memang bukan makanan asli Indonesia, tetapi saya ingin kroket bisa dikenal luas dengan cita rasa Indonesia. Ke depan saya akan melengkapi dengan varian lain berbasis makanan tradisional Indonesia. Oiya, kroket saya jual matang dan beku," sambungnya.

Sedangkan, untuk ayam bakar, usaha Ayam Bakar Mas Mbarep memasaknya tanpa MSG, tetapi tetap sedap karena menggunakan bumbu yang berlimpah. Ayam dimasak khusus hingga bumbu meresap sampai ke tulang. Untuk ayamnya sendiri, mereka menyediakan jenis kampung, boiler dan pejantan dengan harga yang bervariasi.

Gimana, tertarik untuk memesannya sekarang? Buat kamu yang tinggal di Depok, dapat memesannya langsung lewat ManisdanSedap.com. Platform tersebut merupakan bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network yang juga menaungi Liputan6.com, Merdeka.com, KapanLagi.com, Dream.co.id, Brilio.id, Fimela.com, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com.

Bukan hanya memudahkan penikmat kuliner menemukan dan memesan pre-order dari seluruh Nusantara, ManisdanSedap.com juga menjadi etalase yang memajang jualan para pemilik UMKM. Dilengkapi fitur tombol langsung ke nomor seller, pembeli dan penjual bebas berinteraksi maupun bertransaksi terpisah dari platform ini.

Sedapnya kroket bikinan TiZa Kroket bisa dipesan berikut ini.


Sementara untuk lezatnya Ayam Bakar Mas Mbarep bisa klik tombol pre-order di bawah ini.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

(kly/tmi)

Editor :   Iwan Tantomi

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com