ADVERTORIAL

Meriahkan KPR BRI Virtual Expo, Christian Sugiono Ajak Anak Muda Berani Berwirausaha dan Berinvestasi Sedini Mungkin

Iwan Tantomi | Sabtu, 27 Maret 2021 22:04 WIB
Meriahkan KPR BRI Virtual Expo, Christian Sugiono Ajak Anak Muda Berani Berwirausaha dan Berinvestasi Sedini Mungkin

Kapanlagi.com - Sejak debut akting di dunia hiburan, hingga membintangi sejumlah film, sinetron dan iklan, nama Christian Sugiono memang langsung melejit. Namun, Tian, panggilan akrab suami artis Titi Kamal, tak berpuas diri sebagai public figure.

Di sela waktunya shooting, Tian rupanya juga selalu bekerja keras untuk membangun usahanya sendiri. Sebelum benar-benar sukses, Tian ternyata juga sempat mengalami jatuh bangun merintis bisnis. Hal ini pun diceritakannya langsung dalam talkshow spesial di acara penutupan KPR BRI Virtual Expo yang sukses dilangsungkan secara livestreaming melalui Vidio.com pada 26 Maret 2021.

Pekerja Keras Sejak Kuliah di Jerman

(c) Vidio(c) Vidio

Sebelum berkarier di dunia hiburan tanah air, Tian ternyata lebih dulu berwirausaha di Jerman. Sembari kuliah di bidang IT, Tian mengungkapkan jika dirinya suka bekerja keras sejak masih muda.

"Waktu kuliah di Jerman, di sana sudah bikin usaha kecil-kecilan web design studio, pulang ke Indonesia, lalu mengembangkan lagi startup. Kebetulan pacar aku artis, dari situ terjun ke dunia hiburan dan dikenal masyarakat sebagai public figure. Di sela shooting, mengerjakan pekerjaan yang lain. Aku tipe orang yang do something," ungkapnya.

Jadi Entrepreneur di Usia 24 Tahun

(c) Vidio(c) Vidio

Tian kemudian melanjutkan jika menjadi entrepreneur atau pengusaha di usia 24 tahun. "Awal menjadi entrepreneur di usia 24 tahun, ketika di jerman kuliah gratis, aku dikasih uang untuk hidup 9 bulan, dari situ aku hidup mandiri, jadi aku mulai kerja di restoran, bahkan sampai nyuci-nyuci piring. Dari situ aku punya prinsip, selama masih sehat dan bisa berpikir, kita bisa menghasilkan," jelasnya.

Ketika ditanya ide awal berwirausaha, Tian menjelaskan sikapnya yang selalu ingin mandiri dalam menciptakan sesuatu jadi pendorong kuat baginya untuk menjadi seorang entrepreneur. "Aku tipe orang yang selalu suka melakukan sendiri, menciptakan sesuatu. Hal itu bisa aku buktikan jika aku mampu membuat usaha sendiri, karena ideku kadang anti-mainstream, jadi kenapa tidak? Selain itu, dengan jadi pengusaha aku lebih bebas dan bisa mencapai goal yang aku mau," sambungnya.

Ajak Anak Muda Berbisnis dan Berinvestasi Sedini Mungkin

(c) Vidio(c) Vidio

Berkaca dari pengalamannya, Tian pun mengajak anak muda agar berani berbisnis dan berinvestasi sedini mungkin. "Aku lebih senang gagal di depan, bukan belakang. Semakin coba di awal, di usia muda, sering gagal di depan, jadi sering belajar, tahu kesalahan, sehingga bisa lebih hati-hati dan memilih yang terbaik dalam berbisnis."

Supaya bisa berbisnis di usia muda, Tian juga membagikan tipsnya. "Kalau penghasilan masih bisa ditambah, aku pilih mencari side job. Tapi kalau mentok, berarti mau tak mau pengeluaran harus dikurangi. Financial IQ itu penting bagi entrepreneur, dan harus dipelajari sendiri sejak muda, karena itu sangat krusial."

Sementara bicara investasi, Tian menilai properti sangat cocok bagi milenial. Selain bisa dijadikan tempat tinggal, properti juga terus meningkat nilainya. Namun yang lebih penting sesuaikan dengan profile kamu. "Cocokkan dengan profile-mu, kamu orangnya konservatif atau agresif. Bisa main cepat atau sabar menunggu lama. Jangan ikut-ikutan tren, boleh ikutan tapi pastikan pelajari, karena kalau tak punya knowledge, biasanya investasi jadi nggak untung, malah jadi stres. Nah, properti atau rumah banyak opsinya, tanyakan pada orang yang berpengalaman. Pertimbangkan secara matang, gampang banjir nggak, dekat fasilitas publik nggak, karena akan menentukan nilai rumah itu di kemudian hari," pungkasnya.

(c) Vidio(c) Vidio

Setuju dengan pernyataan yang disampaikan Christian Sugiono, Rahman Arif selaku Vice President BRI yang turut hadir sebagai pembicara, menegaskan jika properti jadi investasi yang banyak cuannya di masa pandemi ini. Selain tanah sekarang jadi rebutan karena makin hari kebutuhannya makin besar, akan tetapi lahannya pun makin terbatas, sehingga bisa meningkatkan harga jual properti.

"BRI memberikan layanan one stop solution bagi nasabah, jadi nasabah tak perlu ke sana kemari, dari awal bisa langsung dibiayai melalui aplikasi BRISPOT. Ada simulasinya juga. Misalnya ingin beli rumah 1 miliar Rupiah, tinggal bayar saja 5-10 persen, BRI tinggal proses angsuran bulanannya. Properti juga bisa dijadikan tempat usaha, bisa disewakan, sehingga dari penghasilan sewanya tersebut bisa membiayai angsurannya. Menariknya lagi, fasilitas pembiayaan BRI juga bisa dimanfaatkan untuk renovasi atau membangun rumah sendiri. Caranya cukup mudah, tak perlu ke bank, akses saja lewat aplikasi BRISPOT," ungkap Rahman.

(c) Vidio(c) Vidio

Senada dengan dua pembicara sebelumnya, I Wayan Madik Kesuma, Direktur Utama PT Kesuma Agung Selaras menambahkan jika pihaknya sebagai developer sudah menghadirkan rumah ready stock, karena dapat dukungan penuh dari perbankan. Lokasinya tersebar di Cikaret dan Cibinong, serta di Dramaga dekat kampus IPB Bogor, rumah bisa dimiliki dari harga mulai Rp300 juta all in. Untuk lokasi premium, hadir di Graha Lara Sentul Bogor di mana properti dapat dimiliki dari harga mulai Rp800 juta.

"Sebagai developer, kami tak hanya jual gambar, konsumen bisa langsung melihat fisik rumahnya di lapangan, pembangunan jalan terus. Selain itu, sebagian besar konsumen kami milenial. pihak perbankan memberikan pinjaman KPR hingga 25 tahun. Kita juga edukasi milenial, semakin dini maka tenornya semakin panjang, sehingga angsuran bisa ditekan. Cukup bayar 1,5 juta Rupiah, sudah bisa miliki rumah bagi milenial. Apalagi ada promo selama KPR BRI Virtual Expo, ada biaya yang dipangkas dari BRI, bunga relatif lebih murah dibandingkan selain ada event, jadi saatnya beli rumah sekarang," jelas Wayan.

(c) Vidio(c) Vidio

Acara bincang-bincang inspiratif ini pun ditutup dengan penampilan spesial dari Geisha. Tampil secara virtual, Regina, Dhan, Roby dan Nard menampilkan lagu-lagu terbaik, seperti Cinta dan Benci, Tak Pernah Ada, Kunci Hati, hingga lagu terbaru Rencana Hebat. Geisha pun sukses mengajak penonton di rumah singalong bersama di acara penutupan KPR BRI Virtual Expo 2021.

Bagi kamu yang ketinggalan mengikuti keseruan rangkaian event KPR BRI Virtual Expo serta promo menariknya, jangan berkecil hati. Nantikan event dan promo KPR BRI selanjutnya.

(kpl/tmi)

Editor :   Iwan Tantomi

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com