Nama Situs Berita Liputan6.com Dicatut untuk Menyebarkan Hoaks

Rahmi Safitri | Senin, 15 April 2019 20:20 WIB
Rahmi Safitri | Senin, 15 April 2019 20:20

Kapanlagi.com - Saat ini sudah memasuki masa tenang kampanye pemilu 2019. Tapi ada sedikit yang membuat resah masyarakat nih. Yaitu gara-gara ada berita hoaksx yang tersebar di grup-grup WhatsApp. Hoaks ini terkait dengan kabar hasil pemilu yang sudah dilakukan oleh warga negara Indonesia yang tengah berada di luar negeri. Salah satu yang merasa dirugikan adalah media online Liputan6.com.

Nama Liputan6.com dicatut oleh orang yang tidak bertanggungjawab untuk menyebarkan hoaks soal hasil perhitungan suara pada sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di luar negeri. Padahal sebagaimana diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), penghitungan suara di luar negeri sama sekali belum dilakukan.

Hoaks itu diedarkan, dengan modus mengarang sendiri hasil penghitungan suara di sejumlah Tempat Pemungutan Suara ( TPS), menyelipkan link Liputan6.com, lalu disebarkan ke khayalak ramai. Pembaca yang teliti tentu akan mengklik link Liputan6.com yang ditautkan itu, dan mendapati bahwa isi berita itu sama sekali tidak menulis soal hasil perhitungan suara. Sementara pembaca yang tidak mengklik link itu mungkin akan percaya bahwa penghitungan suara itu memang bersumber dari Liputan6.com.

1 dari 3 halaman

(kpl/pit)


Editor:  

Rahmi Safitri

TOPIK TERKAIT