Nonton Piala Dunia Modal Pas-Pasan, Beli Aja Street Food Rusia Ini

Wulan Noviarina Anggraini | Kamis, 21 Juni 2018 14:38 WIB
Nonton Piala Dunia Modal Pas-Pasan, Beli Aja Street Food Rusia Ini

Kapanlagi.com - Hanya membawa uang saku pas-pasan ke Rusia buat nonton Piala Dunia 2018? Tenang, kamu nggak perlu khawatir bakal kelaparan selama di sana. Karena meski uang saku tipis dan tak bisa sering-sering masuk resto untuk mengisi perut, kamu tetap bisa makan sampai kenyang.

Rusia punya banyak sekali snack yang dijual di tepi jalan alias street food yang harganya terjangkau tapi bisa bikin perut kenyang. Selain mengenyangkan perut selama menunggu pertandingan, snack ini juga bisa kamu bawa ke dalam stadion dan menikmati serunya laga Piala Dunia 2018.

Ponchiki

Ponchiki, donat mungil nan lezat ala Rusia ©instagram/ievafogelePonchiki, donat mungil nan lezat ala Rusia ©instagram/ievafogele

Rasa makanan ini mirip dengan donat, namun dengan bentuk bulat kecil dengan isian di dalamnya dan taburan gula putih di atasnya. Sebagian toko menjual makanan ini dengan bentuk donat biasa yang berlubang di tengahnya, tetapi Ponchiki yang asli adalah yang bulat seperti ini.

Isiannya bermacam-macam, mulai dari gula hingga nutella. Selain itu juga ada selai dan berbagai macam cocolan yang bisa disantap sambil jalan-jalan di Rusia.

Chebureki

Chebureki, pastel ala Rusia yang dijamin bikin kenyang ©instagram/mapakarppChebureki, pastel ala Rusia yang dijamin bikin kenyang ©instagram/mapakarpp

Bentuk Chebureki seperti pastel dengan isian daging, keju dan sayuran. Namun jangan remehkan makanan yang satu ini. Karena meski bentuknya mirip dengan pastel, tetapi rasanya sangat berbeda.

Yang membuatnya lebih istimewa adalah ukuran dari Chebureki yang rata-rata setengah piring makan. Ya, apa yang kamu baca benar adanya. Ukuran chebureki bisa setengah piring atau bahkan sepertiga piring makan. Jadi, dijamin kenyang banget!

Kroshka Kartoshka

Kroshka Kartoshka si kentang panggang ala Rusia dengan topping beraneka ©instagram/alisa_polevskayaKroshka Kartoshka si kentang panggang ala Rusia dengan topping beraneka ©instagram/alisa_polevskaya

Ini adalah baked potato alias kentang panggang ala Rusia. Di sana, makanan ini dikenal dengan nama Kroshka Kartoshka, yang berbahan dasar kentang panggang lalu diberi topping beraneka macam.

Di Rusia, Kroshka Kartoshka adalah makanan yang mudah dijumpai di mana-mana dan selalu jadi menu di gerai fastfood dan juga di tepi jalan. Makanan ini lazim jadi teman menonton bola di stadion, karena biasanya disajikan di piring kertas dan dibawa jalan-jalan santai.

Opocmac

Bentuknya unik, rasanya lezat, iciplah Opocmac ala Rusia ©instagram/onurtasorenBentuknya unik, rasanya lezat, iciplah Opocmac ala Rusia ©instagram/onurtasoren

Makanan ini berasal dari Tatar, dengan bentuk unik. Kulitnya terbuat dari tepung, dan berisi daging, bawang bombay dan kentang. Rasanya gurih, dan biasanya disajikan ketika sore hari bersama minuman hangat.

Kamu bisa menikmati makanan ini bersama teh atau boullion dan akan membuat perutmu hangat menjelang nonton pertandingan piala dunia di stadion. Kenyang, tapi nggak bikin perut begah.

Pirozhki

Bentuknya mirip roti, tapi isiannya beda! ©instagram/nin_2005Bentuknya mirip roti, tapi isiannya beda! ©instagram/nin_2005

Makanan paling mudah dijumpai di tepi jalanan Rusia adalah Pirozhki. Bentuknya mirip dengan roti biasa, namun ketika dicicip, akan terasa bedanya.

Isi dari pirozhki adalah daging yang dipadukan dengan kubis, nasi dan jamur. Dengan kulit yang terbuat dari tepung, sudah terbayang bukan betapa kenyangnya perut hanya dengan memakan satu potong saja?

Perepechi

Bentuknya cantik dan mengenyangkan, cobain deh ©instagram/alfa_rBentuknya cantik dan mengenyangkan, cobain deh ©instagram/alfa_r

Sekilas, bentuk makanan ini mirip dengan pai dengan isian beraneka. Namun yang membuat makanan nasional kawasan Udmurt ini spesial adalah isian dan cara memasaknya.

Berbeda dengan pie biasa yang dipanggang di oven, Perepechi tradisional dibakar di tungku api seperti pizza ala Italia. Hasilnya, snack dengan rasa gurih dan lezat menjadi hidangan mantap sebelum nonton pertandingan timnas kesayangan kamu di Piala Dunia 2018 Rusia.

Icip semuanya, biar nggak nyesel nanti...

(sbs/phi)

Join Kapanlagi.com