Nyepi & Gerhana, Toleransi Umat Beragama di Bali Ini Bikin Adem

Lusi Vita | Jum'at, 11 Maret 2016 15:18 WIB
Nyepi & Gerhana, Toleransi Umat Beragama di Bali Ini Bikin Adem
Kapanlagi.com - Gerhana matahari total yang terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia tanggal 9 Maret kemarin memang sudah berlalu. Tapi, euforia masyarakat dan netizen pun masih membicarakan soal fenomena alam yang diperkirakan baru terjadi lagi sekitar 33 tahun sekali itu.

Makanya nggak heran, bila momen langka ini seperti mendapat tempat tersendiri di hati masyarakat. Apalagi momen gerhana itu juga bertepatan dengan peringatan Hari Raya Nyepi di Bali. Alhasil bisa dipastikan momen sakral Umat Hindu bakal berdampingan dengan salat gerhana yang wajib ditunaikan oleh Uma Muslim.

Inilah toleransi umat beragama yang terjadi saat Hari Raya Nyepi dan gerhana matahari total Rabu kemarin ©Twitter/@FerryMaitimuInilah toleransi umat beragama yang terjadi saat Hari Raya Nyepi dan gerhana matahari total Rabu kemarin ©Twitter/@FerryMaitimu

Akan tetapi, situasi seperti ini tampaknya tidak jadi masalah bagi seluruh warga Bali. Sebab, toleransi yang tinggi sudah lama terjalin erat antar umat beragama di Pulau Dewata tersebut. Apalagi selama ini, seluruh masyarakat yang tinggal di Bali sudah membuktikan kerukunan umat beragamanya sejak ratusan tahun silam.

Makanya kamu nggak heran kalau momen gerhana yang bertepatan dengan Hari Raya Nyepi itu malah jadi ajang silaturahmi yang baik antar warga di sana. Buktinya saja nih, saat melakukan salat gerhana Umat Muslim yang pergi ke masjid atau musala pun dikawal dan dijaga ketat pelaksanaannya oleh para pecalang.

Adem nggak sih hati ini kalau melihat semua warga di Indonesia bisa rukun begini ©Twitter/@FerryMaitimuAdem nggak sih hati ini kalau melihat semua warga di Indonesia bisa rukun begini ©Twitter/@FerryMaitimu

Terlepas dari itu semua, ada yang menarik dari momen gerhana dan Hari Raya Nyepi kemarin. Yakni beberapa foto yang menggambarkan toleransi antar umat beragama di Bali kemarin beredar di dunia maya. Di mana, foto yang memperlihatkan silaturahmi antar umat sebelum dan sesudah salat gerhana itu diakui bikin adem hati netizen.

Sebagian komentar dari netizen soal momen yang bikin teduh itu ©Twitter/@FerryMaitimuSebagian komentar dari netizen soal momen yang bikin teduh itu ©Twitter/@FerryMaitimu

Bagaimana tidak, di negara plural seperti Indonesia ini tentu ada saja bukan oknum-oknum berkepentingan yang membuat toleransi antar umat beragama memudar. Padahal sebenarnya seluruh warga di Indonesia cinta damai seperti foto-foto yang menggugah di atas. Gimana menurutmu nih, ikutan adem juga kan melihatnya? (kpl/vit)

Editor :  

Lusi Vita

Join Kapanlagi.com