Ok Google Cara, Ketahui Langkah Menggunakan Asisten Pintar di HP!

Editor KapanLagi.com | Jum'at, 01 Oktober 2021 16:11 WIB
Ok Google Cara, Ketahui Langkah Menggunakan Asisten Pintar di HP!

Kapanlagi.com - Ok Google cara yang efektif untuk memudahkan aktivitas kalian. 'Ok Google' sendiri merupakan panggilan untuk software dari Google. Software ini bernama Assistant dan bisa bekerja selayaknya asisten pribadi kalian. Hal ini menjadi fenomena yang sangat memungkinkan seiring dengan kemajuan teknologi yang makin pesat.

Ok Google cara mudah bagi kalian yang ingin memerintah perangkat hanya dengan lewat suara. Perintah yang bisa kalian lakukan antara lain, membuka aplikasi, memutar musik, menelepon seseorang, membuka rute jalan, dan lain sebagainya. Hanya dengan perangkat ini, kalian sudah bisa merasa punya asisten pribadi.

Sayangnya, Ok Google cara yang bisa diakses dengan Assistant masih belum digunakan secara maksimal oleh banyak orang. Nah, agar kalian mengetahui cara memiliki asisten pintas dalam bentuk perangkat di HP, silakan simak penjelasan dalam informasi berikut ini.

1. Ok Google Cara di Android

Biasanya, Google Assistant sudah langsung tersedia di HP Android kalian. Namun, jika ternyata belum tersedia, kalian tak perlu khawatir karena bisa langsung mengunduhnya di Play Store. Kalian bisa melakukan hal ini secara mandiri seperti menginstal aplikasi biasanya.

Hal yang perlu kalian tahu, Google Assistant hanya bisa beroperasi di sistem Android 5.0 atau yang lebih baru serta aplikasi Google versi 6.12 atau yang lebih baru. Sebelum mengunduh aplikasi, pastikan terlebih dahulu perangkat kalian sudah kompatibel untuk mengoperasikan asisten pintar ini.

Setelah kalian mengunduh aplikasi ini, lakukan konfigurasi pengguna dengan mengikuti tahapan berikut ini.

- Buka pengaturan.

- Pilih layanan akun.

- Penelusuran, Asisten dan Suara.

- Asisten Google.

Setelah itu, konfigurasi asisten virtual Google bisa kalian ubah sesuai keinginan. Sebagai contoh, kalian bisa mengajari Google Assistant untuk mengenali suara saat kalian memanggil dengan mengucapkan 'Ok Google' di opsi 'Voice Match'.

Hal itu memang perlu kalian lakukan karena asisten ini hanya akan muncul jika yang mengucapkan 'Ok Google' merupakan suara yang dikenali.

2. Ok Google Cara di iOS

Bagi kalian pengguna produk dari Apple, mungkin kalian sudah mengetahui jika Ok Google cara di iOs sudah punya asisten bernama Siri. Meski begitu, kalian yang punya akun Google di iOS tetap bisa menggunakan Google Assistant, kok! Tentu kalian perlu mengunduh aplikasi dahulu sebelum melakukan konfigurasi.

Hal yang perlu kalian tahu, Google Assistant untuk perangkat Apple hanya bisa dijalankan pada perangkat yang punya sistem operasi iOS 11 atau yang lebih baru. Nah, setelah berhasil mengunduh, selanjutnya kalian bisa melakukan login ke akun Google dan konfigurasi.

Berbeda dengan perangkat Android yang bisa mengaktifkan Google Assistant dengan cara memanggil 'Ok Google', perangkat iOS perlu membuka aplikasi dahulu untuk kemudian memberi perintah lewat mikrofon atau keyboard.

3. Contoh Penggunaan Ok Google Cara

Kalian para pemilik perangkat Android bisa memanggil Assistant saat layar perangkat sedang aktif maupun terkunci. Sayangnya, jenis perintah yang bisa diberikan saat layar terkunci lebih sederhana dan terbatas. Sebaliknya, saat layar HP dalam mode aktif alias tidak terkunci, Google Assistant bisa kalian perintahkan untuk melakukan pekerjaan yang lebih kompleks.

Contohnya, kalian bisa memerintahkan untuk mengirim pesan (SMS maupun Email), menelepon seseorang, hingga membuat pengingat. Ketika ingin mengirim email dengan memerintah asisten, kalian bisa mengikuti langkah di bawah ini.

- Ucapkan "OK Google" terlebih dahulu untuk mengaktifkan asisten.

- Selanjutnya, kalian ucapkan "kirim e-mail".

- Setelah itu, Asisten Google akan bertanya, kontak mana yang dituju dan isi pesan apa yang ingin dikirimkan.

- Jika kalian sedang mengemudi atau malas mengetik, kalian bisa memberi perintah dengan menekan ikon mikrofon dan mengatakan perintah itu dengan jelas.

Ok Google cara yang satu ini juga bisa kalian gunakan untuk menelepon atau mengirim SMS dengan langkah serupa. Selain itu, kalian juga bisa memberikan berbagai perintah saat HP dalam keadaan aktif, seperti berikut.

- Tunjukkan rute ke suatu tempat.

- Memutar video di YouTube.

- Membacakan artikel berita sari sebuah situs.

- Mencari resep masakan.

- Menampilkan jadwal penayangan film di bioskop hari ini.

- Mencari restoran terdekat yang menyajikan makanan tertentu, misalnya restoran Padang.

- Membacakan isi SMS atau pesan singkat dari aplikasi.

- Membuka aplikasi yang diinginkan.

Nah, KLovers itulah beberapa penjelasan tentang ok Google cara mudah yang bisa kalian tempuh untuk memudahkan urusan sehari-hari. Pemanfaatan Google Assistant ini memungkinkan kalian untuk mengoperasikan HP tanpa menyentuhnya.

Tentu, hal itu akan sangat membantu melakukan beberapa pekerjaan dalam satu waktu. Misalnya, ketika kalian sedang menyetir dan ingin mendengarkan lagu, langsung perintahkan saja 'Ok Google' agar lagu langsung dimainkan untuk kalian.

(kpl/ans)

Editor:   Anik Setiyaningrum

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com