Oksana Voevodina Telah Mualaf Sejak April dan Fakta Lain Istri Baru Sultan Malaysia

Rezka Aulia | Senin, 26 November 2018 15:14 WIB
Rezka Aulia | Senin, 26 November 2018 15:14

Kapanlagi.com - Tepat pada 22 November lalu Sultan Muhammad V (49) mempersunting Oksana Voevodina (24) di Russia. Pasangan beda budaya ini menikah dalam pesta indah perpaduan budaya Melayu dan Russia. Sultan asal Kelantan, Malaysia ini mengenakan baju melayu berwarna biru cobalt sedangkan Oksana tampil stuninng dengan gaun pengantin internasional.

Sebelum menikah, Oksana telah menjadi mualaf dan memeluk agama Islam. Mantan Miss Moscow ini pun mendapat nama Islam yakni, Rihana Oxana Gorbatenko. Prosesi pindah agama ini telah dilakukan jauh hari sebelum pernikahan, tepatnya 16 April 2018 lalu.

Meski Sultan Muhammad V adalah Kepala Negara, namun pernikahan ini amat tertutup. Pihak Istana Negara Malaysia belum memberi rilis berita bahagia ini secara resmi. Bahkan media mainstream Malaysia pun tak banyak mengabarkan kabar bahagia ini.

1 Dari 3 Halaman

1. Miss Moscow 2015

Miss Moscow 2015 via hype.my
Oksana memang dapat dibilang masih cukup muda. Meski demikian, ia memiliki prestasi yang cukup baik. Di usia 22 tahun ia berhasil menyabet predikat Miss Moscow 2015. Ia menyisihkan 32 orang gadis cantik lain yang memperebutkan gelar itu.

Tak sekedar gadis beauty pageant, Oksana juga telah merampungkan studinya. Ia adalah sarjana di bidang bisnis dari Plekhavon Russian University of Economics. Ia juga memiliki karir di bidang modeling serta memiliki ketertarikan di bidang fashion.

2 dari 3 halaman

2. Istri Kedua Sultan

Istri Kedua Sultan via twitter:@su_is91
Pernikahan yang terkesan tertutup ini ternyata menjadi pernikahan kedua bagi pria bernama lahir Tengku Muhammad Faris ibni Tengku Ismail Petra. Pada tahun 2004 ia menikahi bangsawan Thailand, Kangsadal Pipitpakdee. Pernikahan ini tak bertahan lama karena pada tahun 2008 keduanya bercerai.

Sultan Muhammad V juga menjadi Yang di-Pertuan Agong pertama dalam sejarah Malaysia yang menjabat tanpa didampingi Raja Permaisuri Agong. Tak terdapat informasi apakah dari pernikahan pertama Sultan Muhammad memiliki keturunan dengan Kangsadal.

3 dari 3 halaman

3. Foto Pernikahan di Media Sosial

Foto Pernikahan di Media Sosial via twitter:@su_is91
Meski menutup informasi tentang pernikahannya dengan rapat. Ternyata dokumentasi hari bahagia Sultan Muhammad V dan Oksana telah tersebar luas di sosial media.

Banyak yang memberi selamat pada Kepala Negara Malaysia dan istrinya. Tampak suasana pesta pernikahan keduanya yang semarak dengan dominasi warna biru yang cantik. Ratusan bunga berwarna putih menjadi latar belakang pelaminan keduanya.

(kpl/rna)


Editor:  

Rezka Aulia

Join Kapanlagi.com