Pemkot Malang Tambah Tanah Makam, Antisipasi Penguburan Jenazah Covid-19

Editor KapanLagi.com| Kamis, 30 Juli 2020 20:49 WIB
Pemkot Malang Tambah Tanah Makam, Antisipasi Penguburan Jenazah Covid-19
Editor KapanLagi.com | Kamis, 30 Juli 2020 20:49

Kapanlagi.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menambah luasan tanah makam untuk jenazah Covid-19. Aset tanah miliki Pemkot sedang dipersiapkan sebagai lokasi pemakaman khusus Covid-19.

Walikota Malang Sutiaji mengaku telah memanggil Kepala Dinas Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) guna mencari lahan pemakaman. Lahan aset milik Pemkot di kawasan Kedungkandang dipertimbangkan menjadi lokasi pemakaman tersebut.

"Itu tanah milik kita yang di bawah Sutet kan tidak bisa dibangun apa-apa. Itu nanti kita akan buat makam," kata Sutiaji, Sabtu (25/7).

Namun kata Sutiaji, masih harus menambah dan memperbaiki infrastruktur penunjang terutama akses jalan menuju lokasi. Karena lokasinya memang harus dapat dilalui mobil ambulan pembawa jenazah.

"Sementara kita pakai makam yang di Muharto itu ya. Di sana ada makam yang dulu kita siapkan untuk Mr X. Itu kapasitasnya antara 100-150 an," tegasnya.

Pemakaman seluruh jenazah PDP maupun positif Covid-19 selama ini dimakamkan di lokasi Mr X tersebut. Sehingga memang harus dipertimbangkan untuk menambah pemakaman baru.

"Seluruh PDP sudah masuk ke sana. Saya lihat tadi tingkat kematian di Kota Malang itu rata-rata, setahunnya itu antara 2.000 - 2.500 jiwa. Kita bagi 360 itu, rata-rata angka kematian antara 5 sampai 7 setiap hari. Cuma dulu tidak terfokus, lha sekarang terfokus," urainya.

Halaman Selanjutnya Persoalan Teknis

Halaman

(kpl/dar/frs)

Reporter:  

Darmadi Sasongko

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com