Pencurian Kotak Amal di Malang Terkuak Lewat CCTV, Pelaku Beraksi Naik Mobil

Tyssa Madelina  | Rabu, 09 Oktober 2019 17:07 WIB
Tyssa Madelina | Rabu, 09 Oktober 2019 17:07

Kapanlagi.com - Pencuri kotak amal di Malang melakukan aksinya dengan menggunakan sebuah mobil terekam CCTV. Pelaku datang ke masjid saat dini hari, sebelum mengangkut kotak amal berikut isinya yang berada di masjid Al-Fattah Pelaosan Barat Kota Malang.

Abdul Rasyid, penjaga masjid mengungkapkan, kotak amal dalam posisi dirantai di salah satu tiang masjid. Pelaku beberapa saat membuka gembok sebelum mengangkutnya ke mobil yang terparkir di depan pagar.

"Pelakunya satu orang, mobilnya diparkir dengan pintu belakang dibuka," kata Abdul Rasyid sambil memperlihatkan rekaman CCTV di Masjid Al-Fattah Pelaosan Barat, Kelurahan Purwodadi, Kota Malang, Rabu (9/10).

1 Dari 2 Halaman

1. Aksi Terkuak Lewat CCTV

Mobil pelaku datang dalam posisi mundur di depan pagar dengan pintu belakang terbuka. Sesaat pelaku melihat keadaan, sebelum kemudian duduk di depan salah satu tiang masjid tempat kotak amal tertempel.

Pelaku butuh sekian waktu untuk membuka gembok rantai yang mengikat kotak amal tersebut. Rupanya peralatan diduga sudah tersedia di dalam tas hitam di sampingnya, sehingga dengan mudah membuka gembok tersebut.

Setelah membuka lilitan rantai, kotak amal warna hijau itupun diangkut dan dimasukkan ke dalam mobil hitam yang sudah terparkir. Rekaman CCTV dari berbagai sisi menunjukkan rangkaian usaha pelaku membuka gembok dan mengangkut kotak amal yang seolah tidak disadari pelaku.

2 dari 2 halaman

2. Sudah Dilaporkan ke Polisi

Sudah Dilaporkan ke Polisi
Aksi pelaku baru diketahui saat menjelang menjelang salat subuh. Penjaga yang hendak mempersiapkan adzan subuh melihat kotak amal di depan tidak ditemukan di tempatnya.

"Kemudian bersama pengurus takmir mengecek CCTV, baru tahu kalau ada mobil tersebut," katanya.

Masjid Al-Fattah Pelaosan Barat, Kelurahan Purwodadi, Kota Malang berada di Jalan Sunandar Priyo Sudarmo. Jalan tersebut menjadi poros menuju Surabaya sehingga kerap pelancong menjalankan ibadah.
Kejadian kotak amal hilang di masjid tersebut sudah beberapa kali terjadi dan terakhir, Rabu (9/10) dini hari tadi. Sebelumnya juga pernah kotak amalnya dipecah dan diambil isinya oleh pelaku. "Kalau isinya kurang tahu, tetapi setiap Jumat biasanya dikumpulkan dan dihitung. Tetapi setiap hari memang dipastikan ada warga yang mengisi," jelasnya.

Kejadian tersebut telah dilaporkan ke Polsek Blimbing, Polres Malang Kota. Petugas sudah memeriksa dan mengambil rekaman CCTV guna mencari pelakunya.

(kpl/dar/tmd)


Reporter:  

Darmadi Sasongko

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com