Penderita Jantung Wajib Tahu, Ini 8 Minuman Kaya Antioksidan - Bisa Jaga Tubuh Tetap Prima

Puput Saputro| Minggu, 05 Juli 2020 11:22 WIB
Puput Saputro | Minggu, 05 Juli 2020 11:22

Kapanlagi.com - Untuk menjaga kesehatan, setiap orang harus memperhatikan jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi. Terlebih, bagi orang yang mempunyai penyakit bawaan. Sering kali, orang dengan penyakit bawaan mempunyai sejumlah makanan dan minuman pantangan. Sebaliknya, selain pantangan ada pula sejumlah makanan atau minuman yang justru dianjurkan karena berkhasiat untuk kesehatan, misalnya minuman kaya antioksidan berikut ini.

Minuman yang mengandung antioksidan sangat baik dikonsumsi untuk mencegah berbagai penyakit. Sebab seperti yang kita tahu, antioksidan dibutuhkan tubuh untuk menangkal radikal bebas. Dengan begitu, tubuh akan lebih sehat dan tidak mudah sakit. Salah satu penyakit yang bisa dicegah dengan minuman mengandung antioksidan ialah serangan jantung.

Sebab tidak hanya menangkal radikal bebas, minuman kaya antioksidan juga bisa memberi sejumlah manfaat bagi jantung. Mulai dari menurunkan kadar gula, kolesterol, hingga peradangan. Lantas minuman apa saja yang punya banyak antioksidan?

Berikut beberapa minuman kaya antioksidan yang baik bagi penderita jantung, dilansir dari liputan6.com.

1 Dari 8 Halaman

1. Air Putih

Air Putih (credit: pixabay)
Air putih dipercaya sebagai salah satu minuman paling menyehatkan. Tidak hanya baik untuk kesehatan, minum air putih juga dipercaya baik untuk kecantikan. Bagi kesehatan jantung, air putih yang cukup dipercaya bisa mendukung kerja jantung dalam memompa darah.
2 dari 8 halaman

2. Jus Tomat

Jus tomat menjadi salah satu minuman yang kaya antioksidan. Dalam tomat terdapat kandungan senyawa likopen, yang merupakan antioksidan yang baik untuk jantung. Kandungan likopen ini dipercaya bisa menurunkan kolesterol. Jangka panjang, jus tomat bisa menjauhkan kita dari risiko serangan jantung dan stroke.
3 dari 8 halaman

3. Air Lemon

Selain tomat, lemon juga jadi buah yang baik untuk kesehatan jantung. Lemon mengandung flavonoid yang baik untuk kesehatan jantung, terutama dalam hal sirkulasi darah. Tidak hanya flavonoid, lemon juga kaya akan vitamin C. Sementara, vitamin C juga merupakan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas. Sehingga, secara tidak langsung juga akan menjauhkan diri dari penyakit kardiovaskular.
4 dari 8 halaman

4. Teh Daun Kelor

Sudah sejak lama daun kelor dikenal sebagai tanaman yang berkhasiat untuk kesehatan. Salah satu manfaat daun kelor untuk kesehatan adalah baik untuk jantung. Hal ini dikarenakan daun kelor kandungan vitamin C dan betakaroten yang terkandung di dalamnya. Selain kandungan tersebut, dalam daun kelor juga ada antioksidan bernama quercetin yang dipercaya bisa menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Itulah sebabnya mengapa teh daun kelor termasuk jenis minuman yang baik dikonsumsi bagi penderita jantung.
5 dari 8 halaman

5. Air Jahe

Wedang jahe atau air jahe tentu sudah bukan minuman yang asing lagi. Faktanya, sebagai tanaman obat tradisional jahe mempunyai kandungan gingerol yang bersifat anti-inflamasi. Tidak hanya mencegah peradangan, gingerol juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Mengonsumsi wedang jahe secara rutin juga dipercaya bakal meminimalisir risiko terkena diabetes tipe 2.
6 dari 8 halaman

6. Teh Hijau

Teh Hijau (credit: pixabay)
Teh hijau atau yang juga dikenal dengan matcha ternyata punya khasiat yang luar biasa. Matcha memiliki kandungan epigallocatechin gallate (EGCG) yang merupakan senyawa polifenol. Kandungan tersebut bisa berfungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk jantung. Tidak hanya baik untuk jantung, antioksidan dalam matcha juga dipercaya bisa meningkatkan insulin dalam tubuh.
7 dari 8 halaman

7. Kopi

Kopi (credit: pixabay)
Kopi selama ini jadi salah satu minuman yang dihindari oleh penderita jantung. Padahal, jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat kopi justru bisa menyehatkan jantung. Kopi memang bisa meningkatkan tekanan darah. Kopi bisa menurunkan risiko gagal jantung dan stroke, dengan catatan tidak dikonsumsi lebih dari tiga cangkir sehari.
8 dari 8 halaman

8. Susu Kedelai

Susu Kedelai (credit: pixabay)
Dikenal punya banyak protein, manfaat susu kedelai untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Kandungan protein dalam susu kedelai ternyata juga bisa membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Selain itu, dalam susu kedelai juga terdapat senyawa isoflavon yang baik untuk jantung. Sehingga, konsumsi jangka panjangnya juga akan menjaga kesehatan jantung.

Itulah di antaranya beberapa minuman kaya antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung. Tidak hanya baik untuk penderita jantung. Konsumsi minuman di atas juga baik untuk kalian yang jantungnya sehat sebagai langkah pencegahan.

 

(kpl/psp)

Editor:  

Puput Saputro

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com