Penerus Kartini, Ini Wanita Hebat Paling Berpengaruh di Indonesia

Ahmat Effendi | Senin, 07 November 2016 14:18 WIB
Penerus Kartini, Ini Wanita Hebat Paling Berpengaruh di Indonesia

Kapanlagi.com - Nama Raden Adjeng Kartini dikenal luas sebagai salah satu pahlawan wanita paling berpengaruh di Indonesia. Ia merupakan pelopor dari kebangkitan wanita pribumi, dan jasa-jasanya dalam bidang pendidikan dan kesetaraan gender di Indonesia selalu dikenang.

Kartini yang lahir di Jepara, Jawa Tengah, 21 April 1879 di tengah budaya feodal dan patriarki masyarakat yang begitu kental. Butuh perjuangan keras agar ia bisa mengubah paradigma masyarakat secara luas.

Kartini yang merupakan putri Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, lahir dari keluarga bangsawan. Ia memiliki keinginan yang sangat kuat untuk sekolah dan belajar ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

Sayangnya keinginan Kartini mendapatkan penolakan dari orang tuanya. Namun hal itu tak mematahkan semangatnya, dan Kartini malah memberikan pengajaran kepada banyak wanita tentang baca tulis dan berbagai ilmu pengetahuan lain.

Setelah menikah, Kartini mendapatkan seorang suami yang mampu mengerti cita-citanya. Raden Adipati Joyodiningrat suami Kartini memberikan dukungan bagi istrinya untuk terus menuntut ilmu dan bahkan mendirikan sekolah wanita yang akhirnya berkembang di berbagai kota mulai dari Surabaya, Yogyakarta, Malang, Madiun, dan Cirebon.

Tahun 2016, perkembangan zaman telah memberikan kesempatan bagi para wanita Indonesia menunjukkan pengaruhnya. Bahkan tak jarang wanita-wanita tersebut sanggup bertarung di kancah yang dulunya hanya dikuasai oleh para pria.

1. Megawati Soekarno Putri

Megawati Soekarno Putri, Ketua Umum Partai paling berpengaruh di Indonesia. ©merdeka.comMegawati Soekarno Putri, Ketua Umum Partai paling berpengaruh di Indonesia. ©merdeka.com

Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri merupakan anak kedua dari Presiden Soekarno dan Fatmawati. Bisa dikatakan saat ini Megawati adalah sosok wanita paling berpengaruh di Indonesia. Megawati merupakan Ketua Umum Partai PDI Perjuangan (PDI-P) dan sanggup menghadirkan banyak pencapaian.

Megawati memimpin partainya sejak tahun 1999 dan di tahun 2014 PDIP meraih angka 23.681.471 suara atau 109 kursi di parlemen yang berarti 19,46% dari keseluruhan anggota DPR. Ia mengembalikan kejayaan PDIP dan salah satu hasilnya adalah dengan terpilihnya Jokowi sebagai Presiden RI.

Ketokohan Megawati sangat sulit untuk ditandingi. Ia merupakan Mantan Presiden Indonesia kelima yang menjabat pada 23 Juli 2001 hingga 20 Oktober 2004 silam. Megawati juga merupakan puteri dari Soekarno, dan saat ini tidak ada anak Presiden lain yang sanggup bersaing dengan pengaruhnya dalam hal politik.

Keputusan Megawati di PDIP pun selalu menjadi pertimbangan utama dari Partai tersebut untuk melangkah. Meski PDIP saat ini diisi oleh banyak politisi hebat, Megawati tetap menjadi inti dengan pengaruh yang luas.

2. Sri Mulyani

Sri Mulyani prestasinya membanggakan Indonesia. ©merdeka.comSri Mulyani prestasinya membanggakan Indonesia. ©merdeka.com

Dalam bidang keuangan di Indonesia nama Sri Mulyani Indrawati, S.E., M.Sc., Ph.D seolah jadi garansi. Jejak langkah wanita berusia 54 tahun ini cukup panjang. Sementara di pemerintahan namanya melejit ketika dipilih oleh SBY sebagai Menteri Keuangan pada tahun 2005 silam.

Kebijakan Sri Mulyani dianggap mampu meminimalisir korupsi di lingkungan departemen keuangan dan memprakarsai reformasi dalam sistem pajak. Sejak saat itu ia mendapatkan reputasi sebagai Menteri bertangan dingin.

Dengan kemampuannya yang luar biasa, pada 13 Juni 2008 lalu Sri Mulyani diangkat menjadi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. Selama satu tahun ia menangani berbagai persoalan global terkait perekonomian Indonesia.

Di tahun 2010, Sri Mulyani dipilih sebagai wanita pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Jabatan ini diembannya mulai 1 Juni 2010 hingga 27 Juli 2016. Karena kemampuannya sangat dibutuhkan, Sri Mulyani akhirnya dipanggil oleh Presiden Joko Widodo untuk kembali menjabat sebagai Menteri Keuangan menggantikan Bambang Brodjonegoro sejak 27 Juli 2016 hingga sekarang.

3. Kartini Muljadi

Kartini Muljadi satu-satunya pengusaha wanita Indonesia yang masuk list Forbes 50. 咄orbes.comKartini Muljadi satu-satunya pengusaha wanita Indonesia yang masuk list Forbes 50. 咄orbes.com

Satu lagi sosok wanita yang begitu berpengaruh di Indonesia ada Kartini Muljadi. Meski namanya tak terlalu sering muncul seperti Megawati dan Sri Mulyani, bukan berarti ia kalah pamor. Kartini Muljadi merupakan satu-satunya pebisnis wanita Indonesia yang masuk dalam list 50 orang paling kaya di Indonesia versi Forbes 2015 dan berada di posisi 38.

Ia sempat berkarir sebagai hakim di Pengadilan Istimewa Jakarta yang menangani perkara pidana, perdata dan kepailitan. Setelah sang suami meninggal, Kartini Muljadi memilih mengundurkan diri sebagai hakim dan mulai menapaki karir sebagai notaris dan dosen yang mengajar kuliah perdata.

Karir sebagai notaris tersebut berhasil membawa Kartini Muljadi ke puncak karir. Ia menjadi notaris papan atas Indonesia dan menangani perusahaan-perusahaan besar era 1970- an dan 1980- an.

Pada tahun 1990, ia memilih pensiun sebagai notaris dan mendirikan kantor pengacara serta konsultan hukum sendiri yaitu Muljadi & Rekan. Kredibilitas Kartini Muljadi begitu luar biasa, dan di tahun 1997-1998 ia memberikan bantuan hukum untuk membangkitkan sektor perbankan yang sempat hancur.

Materi berlimpah yang mengantarkan Kartini Muljadi sebagai wanita paling kaya di Indonesia tak hanya berasal dari kantor hukumnya. Tiga anaknya Richard Muljadi, Handojo Muljadi dan Dian Muljadi dikenal sebagai pengusaha yang sangat sukses dan pemilik berbagai perusahaan besar di sejumlah bidang.

4. Tri Rismaharini

Tri Rismaharini salah satu politisi wanita yang begitu berpengaruh kepada masyarakat. ©merdeka.comTri Rismaharini salah satu politisi wanita yang begitu berpengaruh kepada masyarakat. ©merdeka.com

Satu lagi politisi wanita yang memiliki pengaruh cukup besar ada sosok Tri Rismaharini. Wanita kelahiran Kediri 20 November 1961 tersebut menjabat sebagai Wali Kota Surabaya. Meski demikian berbagai aksi dan gebrakan Risma tak hanya disorot oleh warga Surabaya namun juga media nasional secara luas.

Risma menjadi Wali Kota wanita pertama di sepanjang sejarah Surabaya. Selain itu dalam proses demokrasi di Indonesia, Risma juga merupakan wanita pertama yang dipilih oleh rakyat. Pada Pilkada serentak pada tahun 2015, Risma dan pasangannya yaitu Wisnu Sakti Buana memperoleh kemenangan mutlak dengan 893.087 suara atau 86,34 % pemilih di Surabaya.

Sebelum jadi Wali Kota, Risma pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Surabaya dan Kepala Badan Perencanaan Kota Surabaya (Bappeko) hingga tahun 2010. Selain itu Risma meniti karier sebagai seorang pegawai negeri sipil (PNS) Kota Surabaya sejak dekade 1990-an.

5. Anne Avantie

Anne Avantie, kebaya hasil ciptaannya luar biasa indah.  KapanLagi.comAnne Avantie, kebaya hasil ciptaannya luar biasa indah. KapanLagi.com

Dalam bidang fashion terutama desain kebaya, buah karya Anne Avantie begitu mencuat di Indonesia. Anne Avantie mampu menghasilkan kebaya-kebaya glamor yang begitu indah untuk dipakai.

Tak jarang kebaya buah karya Anne yang begitu mendetail dipakai di ajang internasional. Puteri Indonesia dan Miss Universe yang pernah datang ke Indonesia misalnya, mereka kerap mengenakan karya indah Anne Avantie.

6. Martha Tilaar

Martha Tilaar berhasil mengembangkan kosmetik yang khas Indonesia. 委n.marthatilaar.comMartha Tilaar berhasil mengembangkan kosmetik yang khas Indonesia. 委n.marthatilaar.com

Dalam bidang kosmetik, nama Martha Tilaar dikenal luas sebagai sosok yang berpengaruh di Indonesia. Brand Sariayu yang dikembangkannya, hadir dengan berbagai pilihan kosmetik yang cocok untuk wanita Indonesia.

Matha mendirikan PT Martina Berto yang menghasilkan merek dagang Sariayu pada tahun 1977. Perusahaan ini berkembang dengan cukup pesat dan profesional. Pada tahun 1996, PT Martina Berto menjadi pabrik kosmetik pertama di Indonesia yang memperoleh 9001 certification ISO 2000.

Berbagai prestasi membanggakan telah didapatkan PT Martina Berto dan Martha Tilaar. Pada tahun 2008 lalu Martha dianugerahi sebagai Most Admired Enterprise di ASEAN dalam kategori Inovasi dari Asean Bussiness Forum. Selain itu Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki Moon juga memberikan penghargaan kepada Martha Tilaar karena menjalankan perusahaan dengan 10 prinsip Global Compact etika yaitu: hak asasi manusia, tenaga kerja, konservasi pengendapan, dan anti- korupsi sejalan dengan delapan tujuan pembangunan millennium. (kpl/sjw)

Editor :   Ahmat Effendi

Join Kapanlagi.com