Pengertian Kata Istilah, Jenis, Contoh, dan Faktor yang Perlu Diketahui

Editor KapanLagi.com | Rabu, 22 September 2021 12:44 WIB
Pengertian Kata Istilah, Jenis, Contoh, dan Faktor yang Perlu Diketahui

Kapanlagi.com - Bahasa merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang dipelajari, digunakan, dan terus dikembangkan. Oleh karena itu, besar kemungkinan kata istilah dalam bahasa Indonesia mengalami penciptaan dan perekaciptaan istilah baru. Masyarakat umum, selaku penutur bahasa sudah sewajarnya mengikuti perkembangan tersebut.

Pembakuan kata istilah bahasa Indonesia terwujud saat datangnya Jepang ke Indonesia pada tahun 1942. Padahal sebelumnya, pada tahun 1938 sudah diadakan Kongres Bahasa Indonesia I di Solo. Setelah itu, dibentuklah Komisi Bahasa Indonesia sebagai efek dari pelarangan penguasa Jepang kepada orang Indonesia menggunakan bahasa Belanda.

Meski begitu, pekerjaan komisi tersebut tak berjalan lancar karena ternyata Jepang tak mendukungnya secara penuh. Hingga pada tahun 1945, saat Jepang meninggalkan Indonesia, komisi tersebut hanya menghasilkan sekitar 7.000 kata istilah dalam berbagai bidang. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kata istilah Indonesia, silakan simak informasi berikut ini.

Halaman Selanjutnya Pengertian Kata Istilah

(kpl/ans)

Editor:   Anik Setiyaningrum

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com