Pengertian Kata Kerja Beraturan Beserta Contoh dan Artinya, Pahami Pembentukannya dalam Kalimat

Editor KapanLagi.com | Jum'at, 24 September 2021 15:11 WIB
Pengertian Kata Kerja Beraturan Beserta Contoh dan Artinya, Pahami Pembentukannya dalam Kalimat

Kapanlagi.com - Kata kerja beraturan adalah jenis kata kerja dalam bahasa Inggris. Kata kerja beraturan disebut juga dengan regular verbs. Dibandingkan dengan kata kerja tidak beraturan, kata kerja beraturan cenderung lebih mudah dikenali dan dibentuk.

Berdasarkan pengertian kata kerja beraturan (regular verbs), jenis kata kerja ini dapat berubah sesuai bentuk tense namun berubah secara teratur. Cukup mudah mengenali kata kerja beraturan dalam sebuah kalimat. Pasalnya, kata kerja beraturan biasanya ditandai dengan akhiran -d atau -ed.

Inilah mengapa jenis kata kerja ini disebut dengan kata kerja beraturan atau regular verbs, sebab perubahannya selalu beraturan. Perubahan kata kerja beraturan ini terjadi pada bentuk past tense ataupun past participle.

Untuk lebih memahami pengertian kata kerja beraturan, berikut ini penjelasan lengkapnya tentang kata kerja beraturan (regular verbs). Selain itu ada juga contoh kata kerja beraturan beserta artinya. Selengkapnya telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber tentang kata kerja beraturan.

1. Pengertian Kata Kerja Beraturan (Regular Verbs)

Memahami pengertian kata kerja beraturan tentu tak bisa kalian lewatkan apabila ingin mempelajari bahasa Inggris. Pasalnya kata kerja beraturan ini seringkali digunakan dalam menyusun kalimat terutama apabila digunakan untuk menunjukkan masa lampau. Kata kerja beraturan atau regular verbs adalah kata kerja yang mengalami perubahan secara teratur digunakan dalam tense ditandai dengan akhiran -d atau -ed.

Akhiran -d dalam kata kerja beraturan biasanya digunakan untuk kata kerja dasar berakhiran vokal. Sementara apabila kata kerja dasar berakhiran konsonan maka ditambahkan dengan -ed. Penggunaan kata kerja beraturan biasanya ada pada kata kerja kedua (past tense) ataupun kata kerja ketiga (past participle).

2. Pembentukan Kata Kerja Beraturan

Seperti ulasan sebelumnya, kalian tentu sudah memiliki gambaran tentang pembentukan kata kerja beraturan. Ya, pembentukan kata kerja beraturan sangatlah mudah. Pasalnya kata kerja beraturan memiliki pola perubahan yang beratur.

Namun yang perlu dipahami bahwa perubahan kata kerja beraturan ini terjadi pada verb 2 ataupun verb 3. Sebab kata kerja beraturan digunakan untuk menunjukkan masa lampau. Adapun pembentukan kata kerja beraturan sebagai berikut.

1. Kata kerja beraturan yang memiliki kata kerja dasar (Verbs 1) berakhiran vokal ditambahkan akhiran -d.

2. Kata kerja beraturan yang memiliki kata kerja dasar (Verbs 1) berakhiran konsonan ditambahkan akhiran -ed.

3. Kata kerja beraturan biasanya pembentukannya ditandai dengan kata lampau seperti (yesterday, last month, second ago, dan masa lampau lainnya)

4. Kata kerja beraturan yang memiliki kata kerja dasar berakhiran huruf -y didahului dengan konsonan maka huruf -y diganti dengan -I selanjutnya ditambahkan huruf -ed untuk membentuk kata kerja beraturan pada Verbs 2 ataupun Verbs 3. Contoh: try - tried - tried.

5. Kata kerja beraturan yang memiliki kata kerja dasar berakhiran huruf -y namun didahului huruf vokal, maka huruf -y tetap tidak berubah. Sedangkan pada akhir kata ditambahkan -ed untuk membentuk kata kerja beraturan pada verbs 2 dan verbs 3. Contoh: play - played - played.

6. Kata kerja beraturan yang memiliki kata kerja dasar hanya satu suku kata dan berakhiran huruf konsonan didahului huruf vokal namun saat diucapkan ada tekanan huruf jatuh pada kata terakhir maka huruf tersebut digandakan lalu tambahkan -ed. Namun penggandaan huruf di kata terakhir verb 1 tersebut tidak berlaku apabila terdapat dua huruf vokal sebelum kata terakhir. Contoh 1: admit - admitted - admitted. Contoh 2: repeat - repeated - repeated.

7. Kata kerja beraturan yang memiliki kata kerja dasar huruf terakhir konsonan diawali huruf vokal, sementara saat diucapkan tekanannya jatuh di awal huruf maka ditambahkan -ed. Contoh: answer -answered - answered.

8. Kata kerja beraturan yang memiliki kata kerja dasar huruf terakhir konsonan (-L) didahului satu huruf vokal maka kata terakhir digandakan lalu tambah -ed. Contoh: cancel - cancelled - cancelled.

9. Kata kerja beraturan yang memiliki kata kerja dasar huruf terakhir konsonan (-L) didahului dua huruf vokal, maka huruf -L terakhir tidak digandakan. Contoh: sail - sailed - sailed.

10. Kata kerja beraturan yang memiliki kata kerja dasar huruf terakhir -c didahului huruf vokal maka huruf terakhir tersebut ditambahkan huruf -k baru ditambah -ed pada verbs 2 dan verbs 3. Contoh: panic - panicked - panicked.

3. 41 Contoh Kata Kerja Beraturan

Setelah memahami pengertian kata kerja beraturan beserta pembentukan kata kerja beraturan, berikut ini ada beberapa contoh kata kerja beraturan. Yuk langsung saja simak referensinya tentang contoh kata kerja beraturan.

1. Arrive - Arrived - Arrived: Tiba

2. Advise - Advised - Advised: Menasihati

3. Admire - Admired - Admired: Mengagumi

4. Accept - Accepted - Accepted:  Menerima

5. Accuse - Accused - Accused: Menuduh

6. Attend  - Attended - Attended: Menghadiri

7. Bat - Batted - Batted: Memukul dengan Tongkat

8. Balance - Balanced - Balanced: Mengimbangkan

9. Battle - Battled - Battled: Bertarung

10. Bare - Bared - Bared: Memperlihatkan

11. Blink - Blinked - Blinked: Berkedip

12. Confess - Confessed - Confessed: Mengaku

13. Charge - Charged - Charged: Mengisi

14. Compare = Compared - Compared: Membandingkan

15. Crash - Crashed - Crashed: Menabrak

16. Clean - Cleaned - Cleaned: Membersihkan

17. Delay - Delayed - Delayed: Menunda

18. Dance - Danced - Danced: Menari

19. Damage - Damaged - Damaged: Merusak

20. Dress - Dressed - Dressed: Berpakaian

21. End - Ended - Ended: Mengakhiri

22. Educate - Educated - Educated: Mendidik

23. Enjoy - Enjoyed - Enjoyed: Menikmati

24. Embarrass - Embarrassed - Embarrassed: Memalukan

25. Follow - Followed - Followed: Mengikuti

26. Greet - Greeted - Greeted: Menyapa

27. Hunt - Hunted - Hunted: Memburu

28. Happen - Happened - Happened: Terjadi

29. Impress - Impressed - Impressed: Mengesankan

30. Invite - Invited - Invited: Mengundang

31. Join - Joined - Joined: Ikut

32. Link - Linked - Linked: Link

33. Live - Lived - Lived: Hidup

34. Name - Named - Named: Nama

35. Number - Numbered - Numbered: Nomor

36. Pick - Picked - Picked: Memilih

37. Play - Played - Played: Putar

38. Push - Pushed - Pushed: Dorong

39. Rest - Rested - Rested: Istirahat

40. Snow - Snowed - Snowed: Salju

41. Scare - Scared - Scared: Ketakutan

Nah itulah pengertian kata kerja beraturan lengkap beserta contoh dan artinya. Untuk memudahkan kalian Menyusun kalimat dengan kata kerja beraturan, maka perlu memahami cara pembentukan kata kerja beraturan.

Sumber: intraxenglish.com

(kpl/gen/nlw)

Editor:   Nurul Wahida

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com