Pengertian Kata Majemuk, Ciri-Ciri, Jenis Beserta Contohnya dalam Bahasa Indonesia

Sabtu, 18 September 2021 10:44 WIB
Pengertian Kata Majemuk, Ciri-Ciri, Jenis Beserta Contohnya dalam Bahasa Indonesia

Kapanlagi.com - Kata majemuk dikenal juga dengan penggabungan kata yang membentuk satu makna baru. Namun umumnya kata majemuk terdiri dari gabungan dua kata meskipun bisa juga lebih dari itu. Gabungan kata dalam kata majemuk ini berbeda dengan frasa. Perbedaan yang cukup jelas dapat diketahui dari ciri-ciri kata majemuk.

Penggunaan kata majemuk seringkali dipakai untuk menyusun suatu kalimat. Konsep pembentukan kata majemuk memang terlihat mirip dengan frasa. Ciri kata majemuk yang paling mudah untuk dikenali adalah tidak dapat disisipkan jenis kata apapun. Karena nantinya dapat berpengaruh pada makna kata majemuk yang terbentuk.

Sementara untuk frasa biasanya gabungan kata tersebut dapat disisipi. Selain itu kata majemuk juga terbagi dalam beberapa jenis. Salah satunya ada kata majemuk berdasarkan kelas katanya yakni kata majemuk nomina.

Untuk memudahkan kalian memahami kata majemuk, berikut ini ada penjelasan pengertian kata majemuk, ciri-ciri kata majemuk, jenis-jenisnya dan contoh kata majemuk. Yuk simak ulasannya tentang kata majemuk telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

Halaman Selanjutnya Pengertian Kata Majemuk

(kpl/gen/nlw)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com