Penjelasan dan Tata Cara Puasa Dzulhijjah Beserta Keutamaannya

Editor KapanLagi.com | Jum'at, 07 Mei 2021 11:11 WIB
Penjelasan dan Tata Cara Puasa Dzulhijjah Beserta Keutamaannya

Kapanlagi.com - Bulan Dzulhijjah merupakan momen bagi umat Islam untuk mendulang berkah, salah satunya yaitu menjalani puasa Dzulhijjah pada sembilan hari pertama. Rasulullah SAW memang menganjurkan umatnya untuk banyak beramal saleh pada bulan Dzulhijjah. Sebab, pahalanya sebanding dengan orang yang mati syahid di medan perang.

Diriwayatkan oleh Ibnu 'Abbas RA bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Tidak ada hari-hari yang amal salehnya paling disukai oleh Allah SWT daripada hari-hari ini, yaitu 10 hari pertama bulan Dzulhijjah."

Lalu, bertanya para sahabat, "Sekalipun jihad fi sabilillah, wahai Rasulullah?" Rasulullah SAW menjawab, "Sekalipun jihad fi sabilillah, kecuali seorang yang keluar (jihad fi sabilillah) dengan dirinya dan hartanya kemudian tidak kembali."

Selain puasa Dzulhijjah, terdapat ibadah lain yang utama dilakukan pada bulan ini yaitu, haji, berkurban, sedekah, dan zikir. Siapapun dapat kesempatan beribadah meskipun dalam bentuknya yang berbeda-beda. Namun, jika umat islam belum mampu melaksanakan haji atau kurban, ia bisa menjalankan puasa Dzulhijjah dan amalan lain sesuai kemampuan.

Berikut ini terdapat beberapa informasi mengenai puasa Dzulhijjah yang mungkin bisa menambah kemantapan hati kalian dalam beribadah.

Halaman Selanjutnya Penjelasan Puasa Dzulhijjah

(kpl/ans)

Editor:   Anik Setiyaningrum

Join Kapanlagi.com