Penuh Kenangan, Ini 4 Rekomendasi Tempat di Jakarta dengan Vibes Tempo Doeloe

Stella Maris | Selasa, 27 September 2022 16:36 WIB
Penuh Kenangan, Ini 4 Rekomendasi Tempat di Jakarta dengan Vibes Tempo Doeloe

Kapanlagi.com - Pernah nggak sih ngebayangin bagaimana suasana Jakarta saat masa penjajahan? Well, nggak perlu pakai pintu ajaib doraemon karena ada beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati suasana dengan vibes tempo doeloe di Jakarta.

Kota Jakarta terkenal dengan bangunan-bangunan yang penuh dengan kisah dan sejarah. Mulai dari tempat restorant, kulineran, hingga jalanan dengan toko-toko barang antik. Berikut adalah 4 rekomendasi tempat di Jakarta dengan vibes tempo doeloe, check this out!

1. Cafe Batavia

Atmosfer di Cafe Batavia.Atmosfer di Cafe Batavia.

Berlokasi di kawasan Kota Tua, Cafe Batavia merupakan sebuah kafe yang memiliki desain interior klasik zaman dulu. Merupakan gedung tertua kedua di Indonesia setelah Museum Fatahillah dan termasuk sebagai salah satu cagar budaya.

Well, furnitur dan mayoritas bagian bangunan yang ada pada Cafe Batavia juga masih dipertahankan seperti meja-meja dan kursi yang terbuat dari kayu Jati Belanda, tangga kayu, kusen jendela-jendela, lantai kayu di lantai 2, dan lantai keramik di lantai 1. Tak hanya itu, Cafe Batavia juga menyediakan hidangan khas Indonesia, sehingga kamu bisa menikmatinya sambil bernostalgia.

2. Ragusa Es Italia

Ragusa Italian Ice Cream merupakan salah satu toko es krim legendaris dan tertua di Jakarta yang berdiri sejak 1932. Dengan suasana yang jadul alias jaman dulu yang tak lekang dimakan usia. Begitu memasuki area dalam kedai, aneka foto-foto Ragusa di masa dulu langsung menyapa para pengunjung.

Jika es krim di luar dibuat dengan pewarna dan pengawet agar tahan lama, es krim Ragusa hanya berbahan dasar air, susu, dan gula tanpa pengawet. Ditambah lagi bahan utamanya adalah susu segar. Inilah yang membuat kedai es krim Ragusa Es Italia dapat bertahan hingga kini dengan ciri khas dan cita rasa yang sama.

3. Kopi Tjikini

Kedai kopi satu ini sangat populer di daerah Cikini. Dengan konsep vintage ala kolonial Belanda, suasananya yang cozy dan homey bikin kamu betah nongkrong berlama-lama!

Bagi pencinta kopi hitam, kamu harus coba Kopi House Blend Tjikini. Menu andalan ini merupakan paduan kopi arabika dan robusta lokal dengan aroma dark chocolate. Rasanya unik dan nikmat!

Nggak hanya kopi saja, Kedai Tjikini juga punya berbagai menu lokal yang lezat. Makanan ringan tempe mendoan dan sosis solo pun selalu jadi favorit untuk teman ngopi di sore hari.

4. Jalan Surabaya

Jalan Surabaya menjual sejumlah barang antik.Jalan Surabaya menjual sejumlah barang antik.

Nah, kalau yang satu ini cocok buat kamu yang ingin nostalgia sambil berjalan untuk menikmati suasana Jakarta zaman dulu. Yup, Jalan Surabaya di daerah Menteng, mungkin terdengar familiar di telingamu. Dipenuhi dengan pedagang yang menjual berbagai barang antik kuno menjadi salah satu cara untuk menikmati sore dengan berjalan kaki.

Pasar ini selalu didatangi oleh warga lokal hingga turis mancanegara untuk mencari barang antik yang biasanya digunakan sebagai pajangan atau aksesori. Mulai dari pajangan, patung-patung kecil, senjata kuno, bahkan pemutar piringan hitam (turntable) atau tape recorder. Bahkan, masih banyak bajaj juga lho yang berlalu-lalang di sepanjang jalan Surabaya, dijamin menambah nostalgia Jakarta dengan vibes tempo dulu!

Penulis: Ayra Sekar Putri

(kpl/stl)

Editor :   Stella Maris

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com