Peringatan Hari Anak Nasional Suarakan 'Anti Kekerasan Terhadap Anak'

Guntur Merdekawan | Minggu, 28 Juli 2019 19:35 WIB
Peringatan Hari Anak Nasional Suarakan 'Anti Kekerasan Terhadap Anak'

Kapanlagi.com - Untuk memperingati Hari Anak Nasional, sebuah event dengan tema 'Peran Keluarga Dalam Perlindungan Anak' digelar di Tamini Square, Jakarta Timur, Minggu (28/7). Sejumlah anak-anak turut berpartisipasi dalam berbagai rentetan acara seperti fashion show, akting, menari, menyanyi, bermain musik angklung, senam dan kreativitas lainnya.

Acara ini dihadiri oleh Ketua Komnas Perlindungan Anak, Aris Merdeka Sirait, pendongeng, pencipta lagu dan produser, Maya Agustini dan juga perwakilan dari Komnas Anak TV. Bersama-sama, mereka mengkampanyekan 'Anti Kekerasan Terhadap Anak-Anak Indonesia'.

"Kita di sini sangat mempedulikan nasib anak-anak, bukan hanya melindungi hak-haknya seperti hak anak soal pendidikan, bermain dan lainnya, tapi juga kita mencoba untuk mengeksplor bakat dan kreativitas anak agar lebih mandiri dan berkembang dengan baik," tutur Maya Agustini seusai acara.

Perayaan Hari Anak Nasional / Credit: KapanLagi - Akrom SukaryaPerayaan Hari Anak Nasional / Credit: KapanLagi - Akrom Sukarya

Maya juga berkontribusi besar dalam kampanye ini. Seperti diketahui, pihaknya terus aktif memberikan bimbingan terhadap anak-anak, pun menyajikan konten-konten televisi yang ramah untuk anak secara streaming di Komnas Anak TV.

"Jadi, kita itu mencari konten yang sesuai dengan anak-anak semisal dongeng, menyanyi, menari dan kita datang ke sekolah-sekolah untuk menyiarkan kegiatan mereka. Rencananya kita akan menggandeng televisi nasional untuk menyiarkan konten anak-anak seperti film dan animasi," sambungnya.

Aris Merdeka Sirait menambahkan jika peran orangtua juga sangat penting dalam membimbing dan menjaga anak-anaknya agar terhindar dari segala macam bentuk kejahatan, seperti kejahatan seksual, bullying hingga KDRT. Penggunaan gadget pada anak pun harus dimonitor dengan baik.

"Para orangtua dan masyarakat harus aktif melindungi anak jangan sampai anak mengalami bentuk-bentuk kekerasan, baik di dalam maupun di luar rumah dan jangan sampai anak kecanduan gadget yang membawa dampak buruk bagi perkembangan anak," tutup Aris.

(kpl/gtr)

Editor :  

Guntur Merdekawan

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com