Pilu, Istri Curhat Soal Kanker Lidah Suami Yang Telat Ditangani

Agista Rully | Selasa, 08 Agustus 2017 12:18 WIB
Pilu, Istri Curhat Soal Kanker Lidah Suami Yang Telat Ditangani

Kapanlagi.com - Kanker merupakan penyakit pembunuh yang bertengger di peringkat teratas bersama serangan jantung dan stroke. Ditambah lagi, kanker ada berbagai jenis mulai dari kanker rahim, prostat, payudara, hingga lidah. Sepertinya tak ada bagian tubuh yang aman dari serangan virus patogen ini.

Seorang pengguna Facebook Rezy Selvia Dewi membagikan kisah pilunya ini pada 5 Agustus 2017 lalu. Wanita yang tinggal di Tasikmalaya ini mengisahkan perjalanannya menemani sang suami berobat hingga meninggal dua minggu setelah dirinya melahirkan anak kedua.

Rezy Selvia dan suami Andrie K. Farid yang didiagnosa kanker lidah © Facebook.com/Andrie K. FaridRezy Selvia dan suami Andrie K. Farid yang didiagnosa kanker lidah © Facebook.com/Andrie K. Farid

"Setiap hari suami selalu mengeluhkan sariawan di lidahnya yang nggak sembuh-sembuh. Sudah 2 minggu lebih tapi aku tak terlalu menghiraukan keluhannya. Aku pikir itu sariawan biasa pada umumnya," tulis Rezy.

Sejak sang suami mengeluh lidah dan kepalanya sakit, Rezy menemani pria bernama Andrie Kurnia Farid tersebut mengunjungi dokter. "Kesehatan Abbi nggak salah mi, cuma kata dokter abbi kurang nutrisi," kenang Rezy. Sejumlah dokter pun memberi diagnosa serupa, paling banter diberi obat dan antibiotik.

Setelah mengunjungi sejumlah dokter, rasa sakit kepala Andrie diduga berasal dari gigi yang posisinya miring hingga harus menjalani operasi. Barulah ketahuan bila Andrie menderita kanker lidah saat muncul benjolan di lidahnya. "Harusnya Bapak diperiksa MRI biar tahu sakitnya darimana, kalau benjolan kemungkinan tumor jinak. Bagaimana kalau dioperasi benjolannya lalu diperiksa hasilnya?" saran dokter pada pasangan yang dikaruniai satu orang putra waktu itu.

Andrie awalnya tidak didiagnosa kanker melainkan kurang gizi, penanganan kanker lidah pria ini terbilang terlambat © Facebook.com/Andrie K. FaridAndrie awalnya tidak didiagnosa kanker melainkan kurang gizi, penanganan kanker lidah pria ini terbilang terlambat © Facebook.com/Andrie K. Farid

Usai operasi, dokter mendiagnosa bahwa Andrie menderita kanker lidah. Tak tanggung-tanggung, kanker telah menjalar 3/4 lidah suami Rezy. Ditambah lagi kanker ini telah menyebar ke tenggorokan pria yang dulu bersekolah di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran ini.

Namun tepat setelah diagnosa tersebut, ternyata sang istri mengandung anak kedua. Segala cara telah dilakukan pasangan ini untuk mengobati kanker namun tak kunjung menemui titik terang. Hingga pada akhir Juni 2017, sang suami dipanggil menghadap sang kuasa tepat dua minggu setelah anak keduanya lahir di dunia.

"Selamat jalan suamiku Andrie K. Farid, jemput aku dan anak-anak nanti di pintu surga-Nya," pungkas Rezy. Sedih banget kan KLovers, maka dari itu mari kita jaga orang-orang yang berharga selama masih hidup ya.

(kpl/agt)

Editor :  

Agista Rully

Join Kapanlagi.com