Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Pilu, Pemuda India Ini Bawa Jasad Ibu dengan Sepeda dan Menguburnya Sendirian

Editor KapanLagi.com | Senin, 21 Januari 2019 12:09 WIB
Pilu, Pemuda India Ini Bawa Jasad Ibu dengan Sepeda dan Menguburnya Sendirian

Kapanlagi.com - Kisah pilu seorang pemuda dari kasta terendah di India bernama Saroj sungguh menyayat hati. Ketika kehilangan sang ibunda untuk selama-lamanya, ia harus membawanya sendiri ke tengah hutan untuk dikuburkan.

Menggunakan sepeda, Saroj membawa jasad ibunya yang diletakkan di boncengan dengan posisi melintang. Jenazah itu hanya ditutupi dengan beberapa kain sarung saja.

Agar jenazah ibunya tak jatuh, Saroj tidak mengayuh sepedanya agar cepat sampai ke hutan. Namun ia menuntunnya untuk bisa menjaga keseimbangan.

 

1. Terekam Netizen

Gambar

Momen pilu ini berlangsung di desa Karpabahal, kawasan Odisha. Langkah Saroj terekam oleh netizen yang kemudian mengikuti langkah Saroj hingga beberapa lama. Pada sepanjang jalan yang ia lalui, Saroj berjuang untuk tetap menjaga keseimbangan sepedanya sambil menjawab pertanyaan dari beberapa orang.

Banyak orang yang berlalu-lalang ketika Saroj melintas. Ia pun mendapatkan pertanyaan dari beberapa penduduk sekitar tentang apa yang ia bawa di boncengan sepedanya.



Dengan sedih, Saroj menyebut bahwa itu adalah jenazah ibunya yang hendak ia kubur. Namun tak ada satu pun orang yang mau membantunya membawa jenazah tersebut.

Dari rekaman yang tayang di Odisha TV ini, kisah Saroj kemudian menyebar di India. Dilansir dari situs India Times, kasus Saroj jadi perhatian masyarakat India yang mengusik hati banyak orang lantaran masih banyak yang mendahulukan kasta dibanding kemanusiaan.

2. Tak Bisa Lakukan Kremasi

Dari rekaman video yang ditayangkan oleh TV lokal Odisha, Saroj mengatakan bahwa ia tak bisa melakukan kremasi kepada ibunya. Para tetangga tak ada yang mau membantu karena kasta keluarga Saroj sangat rendah.

Saroj pun sudah tak punya banyak keluarga. Sebelum ibunya meninggal dunia, ayah Saroj sudah lebih dulu tiada.

Mendiang ibu Saroj, Janki Sinhania menikah dengan seorang pria dari Distrik Sundergarh sepuluh tahun lalu. Namun pria itu sudah meninggal dunia dan setelah itu Janki tinggal dengan ayahnya bersama putra dan putrinya.

Janki meninggal dunia setelah terjatuh kala mengambil air. Kepergiannya membuat Saroj tak hanya berduka karena kehilangan sang ibunda, tetapi juga sedih lantaran harus mengubur sendiri orang yang telah melahirkannya itu.

(ind/phi)

Editor:   Wulan Noviarina Anggraini

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com