Popcorn Garrett Belum Punya Cap Halal, Begini Proses Pengajuan Halal di Singapura

Rezka Aulia | Minggu, 07 Juli 2019 16:48 WIB
Rezka Aulia | Minggu, 07 Juli 2019 16:48

Kapanlagi.com - Popcorn Garrett memang belum resmi masuk ke Indonesia. Namun popcorn asal Chicago, Amerika Serikat sudah bak menjadi oleh-oleh wajib saat pergi keluar negeri. Kelezatan jagung berlapis caramel ini bahkan menjadi ladang bisnis para pelaku jastip alias jasa titip.

Gerai terdekat Garrett dapat dijumpai di Malaysia, Singapura dan Thailand. Namun kini spekulasi tentang status halal tidaknya popcorn satu ini menjadi perbincangan. Akun @anca.id yang dikenal sebagai halal food influencer menjelaskan tentang status popcorn Garrett yang ternyata belum halal ini.

1 Dari 3 Halaman

1. Konfirmasi Garrett

Konfirmasi Garrett © KapanLagi
KapanLagi mencoba untuk mengontak pihak Garrett mengenai simpang siur kabar ini. Beruntung akun @Garrettpopcorn membalas dengan cukup detail masalah satu ini.

"Terima kasih sudah menghubungi Garrett. Selama 70 tahun kami membuat popcorn dengan bahan natural terbaik. Meski bahan kami tak bersertifikat halal, tak ada lemak babi atau alkohol yang digunakan dalam resep kami. Untuk bahan lengkap di semua resep kami bisa dilihat di situs resmi kami," pungkas akun satu ini.

Pernyataan ini menegaskan bahwa tak ada bahan pembuat popcorn lezat ini yang tak sesuai ketentuan halal. Namun memang Garrett belum mendaftarkan sertifikasi halal di tempatnya menjual produk satu ini.

2 dari 3 halaman

2. Proses Pendaftaran Sertifikat Halal

Setiap negara memiliki proses pendaftaran sertifikat halal yang berbeda. Di Singapura proses pengajuan sertifikat halal dilakukan melalui Majlis Ugama Islam Singapura (MUIS).

MUIS memiliki alurnya sendiri dalam pemberian sertifikat halal. Brand yang mengajukan awalnya harus mendaftar dengan biaya 170-363 dollar. Setelah itu akan ada pemeriksaan ke dapur dan gudang brand tersebut. Pemeriksaan ini masih akan dikenakan biaya kurang lebih 936 dollar singapura. Bila lolos, brand masih akan dikenakan biaya 0,75 - 308 dollar untuk penerbitan sertifikatnya sendiri. Proses panjang ini tak hanya memakan biaya besar namun juga waktu yang tak sebentar.

Proses penerbitan sertifikat halal ala Malaysia juga memiliki alurnya sendiri. Sertifikat halal di Malaysia diterbitkan oleh Halal Malaysia Portal. Brand harus mendaftar dan melakukan serangkaian tes laboratorium pada setiap produk mereka. Seluruh biaya pendaftaran sampai tes lab tentu saja dibebankan pada pendaftar.

3 dari 3 halaman

3. Garrett Tak Daftar Sertifikat Halal?

Garrett Tak Daftar Sertifikat Halal? © Garrett Popcorn
Popcorn Garrett memang tak menggunakan bahan non-halal dalam resep mereka. Namun mereka belum mengantongi sertifikat halal dari otoritas negara setempat. Garrett cabang Malaysia dikabarkan telah dalam proses pendaftaran sertifikat halalnya. Sedangkan hingga berita ini ditulis belum ditemukan status pendaftaran Garrett Singapura.

Dengan adanya hal ini apakah KLovers akan mengubah oleh-oleh tiap pergi ke luar negeri?

 

(kpl/rna)


Editor:  

Rezka Aulia

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com