Populer dengan Nama Fluffy atau Snowball, Ini 5 Fakta Kucing Lucu Berbulu Putih

Wuri Anggarini | Kamis, 25 Februari 2021 07:00 WIB
Populer dengan Nama Fluffy atau Snowball, Ini 5 Fakta Kucing Lucu Berbulu Putih

Kapanlagi.com - Selembut bola salju, kucing putih bukan anabul yang mudah ditemukan. Unik dan tampak cantik, tidak mengherankan jika hewan peliharaan berbulu putih ini cukup populer dibandingkan kucing lainnya. Bukan hanya fisiknya saja yang berbeda, 5 fakta ini mengungkap sisi menarik si Fluffy yang menggemaskan ini.

Hasil Genetik

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Warna bulu putih ini berasal dari masking gen atau gen W yang sebenarnya menutupi warna bulu yang sebenarnya. Jika kucing betina berbulu putih melahirkan, tidak semua anaknya memiliki warna bulu yang sama dengan induknya. Beberapa mungkin akan menampilkan warna bulu asli induknya.

Saat diperhatikan, kamu mungkin akan melihat bintik kecil berwarna, terutama pada bulu di area kepala anakan kucing. Itu adalah warna bulu kucing yang sebenarnya dan mungkin akan memudar seiring pertambahan usianya.

Sering Mengalami Tuli

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Sayangnya, gen yang membawa warna bulunya ini pun menyebabkan kucing mengalami kehilangan pendengarannya. Sama halnya dengan gen pembawa mata biru pada anabul berwarna abu-abu, yang juga memicu tuli.

Penelitian menemukan, 20 persen dari ras kucing putih mengalami tuli, baik di satu atau kedua telinganya. Pada hewan peliharaan yang mewarisi gen ini, tanda-tanda gangguan pendengaran bisa dideteksi bahkan sejak anakan berumur 4 hari.

Lebih Pemalu

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Meskipun belum ada bukti yang mengaitkan warna bulu dengan kepribadian kucing, namun kebanyakan pemilik anabul berwarna putih ini mengakui sifat hewan peliharaannya yang lebih tenang dan pemalu. Dikaitkan dengan ras dan cara perawatannya, kucing berbulu putih ini dianggap kurang berani dan pasif dibandingkan kucing berwarna lainnya.

Ras Kucing Berbulu Putih

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Kucing putih berbeda dengan albino yang tidak dapat menghasilkan pigmen apapun di seluruh tubuhnya. Sedangkan anabul putih biasanya mendapatkan warnanya baik dari gen dominan putih maupun bercak putih. Ada berbagai ras kucing yang bisa memiliki bulu putih nan indah. Mulai dari Persia, American Shorthair, Maine Coon, Cornish Rex, Norwegian Forest, Exotic Shorthair, Anggora, Khao Manee hingga Oriental Shorthair.

Variasi Warna Mata

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Warna mata kucing bisa bervariasi, termasuk biru, hijau, emas, dan kuning. Uniknya, banyak anak kucing memiliki mata biru ketika kecil, yang kemudian berubah menjadi warna permanen sebelum berusia beberapa bulan. Tapi ada beberapa anak kucing berbulu putih yang mampu mempertahankan warna mata birunya hingga dewasa, bahkan memiliki dua warna mata yang berbeda.

Meskipun berisiko mengalami gangguan pendengaran, kucing berbulu putih ini tak kehilangan semangatnya untuk bermain. Bisa jadi hewan peliharaan terbaik, asalkan terjaga tetap sehat dengan rutin konsumsi Muezza. Brand makanan kucing kering ini bukan hanya dikemas dengan berbagai nutrisi penting, tapi juga tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand.

Bantu jaga kesehatan kucing, pemilik anabul pun lebih leluasa mengurus hewan peliharaannya tanpa was-was terkena air liur kucing. Memiliki 4 varian rasa, dapatkan Muezza tanpa harus keluar rumah dengan memesannya secara daring di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee Beli Muezza di Tokopedia

(*/eth/wri)

Editor :   Wuri Anggarini

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com