Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Punya Perlindungan yang Kuat, Golongan Darah Ini Lebih Jarang Kena Covid-19

Jum'at, 04 Desember 2020 20:40 WIB
Punya Perlindungan yang Kuat, Golongan Darah Ini Lebih Jarang Kena Covid-19

Kapanlagi.com - Penyakit Covid-19 masih menjadi hal yang menakutkan bagi banyak orang. Beberapa orang juga rentan memiliki risiko tinggi terhadap penyakit tersebut. Misalnya saja seperti perokok, usia lanjut, obesitas, hingga yang memiliki penyakit bawaan.

Dalam sebuah studi baru pada jurnal Annals of Internal Medicine, ditemukan bahwa golongan darah tertentu memiliki risiko lebih rendah terserang virus Covid-19. Melansir dari BestLife, golongan darah apakah itu?

1. Golongan Darah O Kuat

Pada 15 Januari - 30 Juni lalu, para peneliti Rumah Sakit St. Michael di Toronto, Kanada melakukan tes terhadap 225.556 warga. Mereka melihat ada berapa banyak kemungkinan pasien yang tertular, sakit parah, hingga meninggal karena Covid-19.

Berdasarkan penyesuaian demografi dan komorbiditas, golongan darah O memiliki risiko diagnosis Covid 12 persen lebih rendah dan risiko kematian 13 persen lebih rendah daripada golongan darah lainnya.

"Golongan darah Rh melindungi terhadap infeksi Covid, terutama bagi mereka yang O-negatif."

2. Gol. Darah A Lebih Berisiko

Sedangkan untuk golongan darah yang lebih rentan dengan Covid-19, hasil penelitian dari Universitas Sains dan Teknologi Selatan di Shenzhen, China menemukan kalau golongan darah A lebih berisiko.

Saat itu para peneliti melacak golongan darah dari sekitar 2.200 pasien yang terkena Covid di rumah sakit China dan sekitar 27.000 orang yang negatif Covid. Hasilnya, golongan darah A lebih berisiko terkena virus Covid daripada golongan darah lainnya.

Well, semua kembali lagi kepada para individunya yang wajib selalu menjaga kesehatan dan kebersihan. Jadi, selalu ingat #PesanIbu untuk selalu pakai masker, cuci tangan, dan menjaga jarak dengan orang lain.

(bes/lmp)

 

Join Kapanlagi.com