ADVERTORIAL

Putuskan Rantai Penyebaran, Siap Siaga Lawan COVID-19, Yuk!

Wuri Anggarini| Rabu, 08 April 2020 08:00 WIB
Wuri Anggarini | Rabu, 08 April 2020 08:00

Kapanlagi.com - Perang melawan penyebaran COVID-19 memang harus dilakukan secara serempak oleh seluruh lapisan masyarakat. Jadi, jangan ngaku generasi kekinian kalau kamu masih mengabaikan anjuran pemerintah buat melakukan social distancing. Siap siaga melawan Corona itu penting biar rantai penyebarannya segera putus dan Indonesia pun bisa kembali sehat serta bangkit lagi.

Apa saja sih yang perlu dilakukan selama perang melawan COVID-19? Ini yang perlu kamu tahu.

1 Dari 3 Halaman

1. Tetap #DiRumahDuluKak Selama Masa Social Distancing

Tetap #DiRumahDuluKak Selama Masa Social Distancing (c) Shutterstock
Hal paling sederhana tapi ampuh yang bisa kamu lakukan di masa social distancing ini adalah tetap tinggal di rumah jika nggak ada hal urgent yang perlu dilakukan di luar. Kesannya sepele, tapi ini efektif untuk meminimalisir kontak fisik yang bisa menyebabkan penularan virus.

Sekalipun ada virus yang masuk ke dalam tubuh, tapi  kamu tetap baik-baik saja dan tidak menunjukkan gejala apapun selama 14 hari, kamu tetap berpotensi menjadi carrier yang bisa menularkan virus ke orang terdekat seperti keluarga. Nggak mau hal buruk terjadi pada orang yang disayang, kan? So, tetap tinggal di rumah aja.

2 dari 3 halaman

2. Berapa Jarak Aman Antara Satu Orang dengan Lainnya Selama Social Distancing?

Berapa Jarak Aman Antara Satu Orang dengan Lainnya Selama Social Distancing? (c) Shutterstock
Selama social distancing, sebisa mungkin kamu memang tetap tinggal di rumah. Tapi, nggak jarang ada hal urgent yang perlu dilakukan di luar. Pertanyaan lain muncul nih, berapa sih jarak aman antara satu orang dengan yang lain selama masa social distancing ini berlangsung?

World Health Organization atau WHO menyarankan untuk menjaga jarak lebih dari 1 meter antara satu orang dengan yang lain. Sementara itu, beberapa pakar malah menyarankan buat menjaga jarak sejauh 2 meter untuk meminimalisir risiko penularan. Jarak fisik memang penting, tapi bukan artinya kamu berhenti berkomunikasi dengan orang lain.

Stay in touch dengan sahabat atau keluarga dan beri kabar pada mereka secara rutin juga penting buat menjaga kesehatan mentalmu.

3 dari 3 halaman

3. Jangan Gampang Tersulut Hoax, Pastikan Informasi yang Kamu Terima Valid

Jangan Gampang Tersulut Hoax, Pastikan Informasi yang Kamu Terima Valid (c) Shutterstock
Nggak bisa dipungkiri, media sosial dan aplikasi perpesanan bikin arus informasi jadi bisa terjadi dengan gampang dan cepat. Tapi, jangan gampang tersulut hoax yang ada di media sosial. Biasakan buat kritis dengan informasi yang diterima dengan cara cross-check kebenaran berita. Ini juga salah satu bentuk melawan COVID-19 yang harus dilakukan generasi kekinian, lho.

Kalau ingin mendapatkan update informasi tentang COVID-19, pastikan cari di sumber terpercaya. Kabar baiknya, kini kamu bisa mendapatkan informasi terpercaya dengan cara yang mudah. Manfaatkan saja fitur baru SIAP SIAGA LAWAN COVID-19 yang tersedia di aplikasi DANA yang ada di smartphone kamu.

(c) Instagram/dana.id(c) Instagram/dana.id

Cara mengaksesnya gampang kok. Buka aplikasi DANA, klik View pada menu Siap Siaga Lawan COVID-19. Nantinya, kamu akan menemukan detail info kasus paling update dan berita lain terkait COVID-19 yang terhubung ke kanal Liputan6.com yang terpercaya. Ada juga tips menjaga dan mencegah penularan COVID-19 yang bisa kamu terapkan di rumah.
Nggak hanya itu, di halaman ini kamu juga bisa berpartisipasi melakukan donasi kebutuhan medis via KitaBisa yang ada di aplikasi DANA.

Menariknya lagi, ada juga penawaran lain yang bisa bikin tetap nyaman di rumah dengan membeli voucher diskon di DANA Deals. Nggak hanya informatif, fitur baru DANA yang satu ini juga seru banget kan! Info selengkapnya tentang aplikasi DANA bisa kamu cek di sini.

Selamat berjuang melawan COVID-19, semoga pandemi ini segera berakhir dan kita bisa menyaksikan dunia yang tersenyum kembali!

(adv/wri)

Editor:  

Wuri Anggarini

Join Kapanlagi.com