Rating Film, Sistem Yang Penting Bagi Para Pecinta Film

Editor Kapanlagi.com | Jum'at, 27 November 2020 16:58 WIB
Rating Film, Sistem Yang Penting Bagi Para Pecinta Film

Kapanlagi.com - Pernahkah kalian dilarang orang tua untuk menonton film yang lagi ramai dibicarakan karena tidak sesuai rating film? Atau pernahkah kalian tidak diperbolehkan pegawai bioskop untuk menonton film yang kalian tunggu-tunggu karena tidak sesuai dengan persyaratan rating film tersebut? Apasih rating film itu?

Rating film adalah tanda yang digunakan untuk menentukan siapa saja yang dapat menikmati sebuah film. Fungsi sistem rating ini adalah melindungi kesehatan psikis kita terhadap film yang kita tonton. Tentunya film yang dikhususkan untuk orang dewasa dapat menimbulkan trauma jika ditonton oleh anak-anak. Karena itulah rating film muncul sebagai penyelamat. Motion Picture Association Of America membagi rating film menjadi 5 kategori yaitu:

1. G Rating

G rating merujuk pada kata General yang artinya umum, Film dengan rating G berarti dapat dinikmati oleh semua orang dari berbagai umur. Pada rating ini, film-filmnya terhindar dari adegan telanjang, seks, maupun omongan kotor. Namun biasanya akan ada beberapa omongan tidak sopan tetapi sering dilakukan di kehidupan sehari-hari.

CARS, FINDING NEMO, dan WILLY WONKA & THE CHOCOLATE FACTORY adalah contoh film dengan G rating.

2. PG Rating

PG rating merujuk pada kata Parental Guidance yang artinya dengan bimbingan orang tua. Rating ini mengharuskan orang tua menilai film tersebut dapat ditonton oleh anaknya atau tidak. Beberapa film dengan PG rating juga mengharuskan orang tua mendampingi anaknya ketika menonton film dengan rating ini. Karena pada film ini terdapat penggunaan kata kasar, beberapa adegan bullying. Namun tidak sampai adegan dewasa atau sejenisnya.

Film spesial natal HOME ALONE, dan film animasi SPIDER-MAN: INTO THE SPIDER-VERSE memiliki rating PG.

3. PG-13 Rating

Hampir sama dengan rating PG, yang membedakan adalah pada rating PG-13 tidak disarankan untuk penonton dibawah 13 tahun. Karena pada rating ini film-filmnya berada diatas rating PG, namun dibawah rating R. Yang artinya, film dengan rating PG-13 dapat memiliki dialog kasar, dialog dewasa, adegan kekerasan hingga adegan telanjang namun tidak ada adegan seksual. Biasanya film dengan rating ini dimiliki oleh film dengan tema percintaan remaja dan aksi.

AVENGERS: ENDGAME, BLACK PANTHER, dan TITANIC adalah beberapa contoh dari film dengan rating PG-13.

4. R Rating

Rating ini sudah memiliki adegan dewasa didalamnya. Film dengan rating ini biasanya memiliki dialog yang kasar, adegan kekerasan yang banyak, lingkungan yang mencekam serta beberapa adegan seksual. Penonton dengan usia 17 tahun ke bawah dilarang menonton film dengan rating ini tanpa didampingi orang tua. Meski begitu disarankan para orang tua untuk menyelidiki dahulu filmnya. Namun lebih bijak lagi jika menunggu hingga berumur 17 tahun ke atas.

JOKER, DEADPOOL, dan BATMAN V SUPERMAN termasuk film fenomenal dengan R rating.

5. NC-17 Rating

Rating tertinggi menurut Motion Picture Association Of America ini memuat film dengan adegan yang dewasa. Tidak cocok untuk penonton berusia 17 tahun dan dibawahnya, biasanya film dengan rating ini membahas tema kekerasan, seks, penyalahgunaan obat-obatan, dan tema lainnya yang menurut banyak orang tua terlalu keras untuk dicerna anak-anak.

Film dengan rating ini terbilang sedikit karena terbatasnya penonton yang dapat menonton filmnya. AMERICAN PSYCHO yang diperankan Christian Bale dan NATURAL BORN KILLERS yang dibintangi Robert Downey Jr. adalah beberapa film dengan rating NC-17.

Penulis: Iqbal Laduni

Sumber: Filmratings.com

(kpl/mag)

Editor :   Editor Kapanlagi.com

Join Kapanlagi.com