Resep Sop Buntut Sapi Empuk Kaya Rempah, Bisa Hangatkan Tubuh

Galuh Esti Nugraini| Selasa, 07 April 2020 16:22 WIB
Galuh Esti Nugraini | Selasa, 07 April 2020 16:22

Kapanlagi.com - Sop buntut menjadi salah satu jenis sop yang banyak diminati oleh masyarakat. Buntut menjadi bagian favorit yang bisa dibuat sebagai sop. Makanan ini sangat cocok disantap saat cuaca sedang dingin atau kondisi badan sedang menurun. Apalagi resep sop buntut sapi ini empuk kaya rempah yang bisa hangatkan tubuh.

Sop buntut terbuat dari bahan utama buntut atau ekor sapi. Bagian buntut ini sangat enak untuk menjadi olahan sop. Sebab, buntut sapi memiliki lemak dan daging yang cocok untuk membuat kaldu. Sehingga membuat olahan sop dari buntut sapi akan terasa lebih nikmat.

Di Indonesia sop buntut dibuat dengan bumbu yang kaya rempah. Sehingga selain enak untuk disantap, sop buntut juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Sop buntut memiliki kandungan gizi seperti energi sebesar 71 kkal, protein 7,50 gram, lemak 3,60 gram, dan karbo 2,20 gram, natrium, vitamin A, dan kalsium.

Sedangkan pada kuah rempah pada sop buntut sapi bisa bermanfaat untuk hangatkan tubuh serta kesehatan. Hal ini terkandung dalam bahan tambahan seperti wortel, kentang, bunga kol, tomat dan daun bawang. Lalu bagaimana resep sop buntut sapi empuk kaya rempah?

Berikut resep sop buntut sapi empuk kaya rempah yang bisa hangatkan tubuh, dilansir dari merdeka.com.

1 Dari 3 Halaman

1. Bahan Sop Buntut Sapi

Bahan Sop Buntut Sapi (credit: instagram.com/sopbuntut_mamamertua/)
Bahan Sop Buntut:

- 500 gram buntut sapi

- 2 buah wortel

- 2 buah kentang

- 100 gram kapri yang sudah dibersihkan ujungnya

Bumbu halus:

- 6 siung bawang merah

- 3 siung bawang putih

- ¼ biji pala

Bumbu rebusan:

- 1 ruas jahe geprek

- 1 lembar daun salam

- 1 cm lengkuas geprek

- 1/2 buah serai, geprek

Bumbu kuah:

- 1 sendok teh lada bubuk

- 1 sendok teh kaldu sapi bubuk

- ½ sendok teh garam

- 1/2 sendok teh gula pasir

- 1/2 sendok teh kayu manis bubuk

Taburan:

- Seledri potong halus

- 1 batang daun bawang

- 1 buah tomat

- 100 gram bawang merah goreng

2 dari 3 halaman

2. Cara Membuat Sop Buntut

Cara Membuat Sop Buntut (credit: instagram.com/riunggunung.id/)
Untuk membuat sop buntut sapi yang empuk berikut cara membuat sop buntut sapi empuk kaya rempah:

- Bersihkan buntut sapi, dengan menghilangkan lemah yang berlebih. Caranya adalah dengan menggosok-gosok dengan pelan buntut sapi menggunakan air mengalir.

- Rebus buntut sapi yang sudah dibersihkan sebanyak 2 kali proses rebus. Hal ini bermaksud agar bau sapi berkurang. Untuk merebus terlebih dulu masukkan daun salam , lengkuas, serai dan jahe. Rebus selama 45 menit, lalu didihkan kembali dengan air yang baru bersama bumbu resep hingga empuk.

- Panaskan minyak, dan tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai harum. Setelah itu masukkan ke dalam rebusan buntut sapi. Tambahkan bumbu seperti gula, garam, lada, kayu manis, kaldu sapi. Masak hingga kurang lebih 10-15 menit.

- Tambahkan wortel, kentang, kapri selama 1 kurang 10 menit, agar tetap menjaga sayur tetap segar

- Tunggu hingga semua sayur dan daging empuk serta bumbu meresap.

- Setelah matang, taburkan dengan daun bawang, tomat potong, seledri, dan bawang merah goreng.

- Sajikan dan nikmati selagi hangat.

3 dari 3 halaman

3. Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Masak Sop Buntut

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Masak Sop Buntut (credit: instagram.com/yuliatifoodtaste/)
Ketika memasak sop buntut sapi, ataupun olahan sop lainnya, ada beberapa tips yang harus diperhatikan. Hal ini untuk menghindari rasa sop yang kurang nikmat. Berikut hal penting yang harus kalian perhatikan untuk memasak sop:

- Masukkan buntut sapi ketika air sudah mendidih. Jangan lupa untuk rebus sebanyak 2 kali proses. Dengan proses pertama menggunakan rempah-rempah agar bau hilang.

- Tumis bumbu untuk sop buntut. Ini penting, karena sebagian orang mungkin akan lupa untuk menumis bumbu dan langsung memasukkan bumbu ke dalam air rebusan.

- Jangan terlalu lama memasak sayur. Sayur yang dimasak terlalu lama akan kurang enak untuk dinikmati. Selain itu kandungan gizi dan vitamin dalam sayur juga akan hilang jika dimasak terlalu lama.

- Perhatikan takaran bumbu yang dimasukkan ke dalam sop, agar rasanya pas dan enak di lidah. Jangan sampai memasukkan banyak garam nanti akan asin, begitu pula dengan gula, lada dan kayu manis.

- Saat sudah matang, jangan lupa untuk menunggu sop hingga hangat. Jangan santap setelah sop matang karena akan kurang nikmat untuk disantap.

Kalian juga dapat mengolah buntut sapi dengan berbagai resep dan kreativitas. Seperti buntut yang diolah dengan cara digoreng, serta pengolahan bakar. Pengolahan tersebut dapat disesuaikan dengan selera sehingga akan lebih nikmat di nikmati.

Nah itulah resep sop buntut sapi empuk, kaya rempah dan bisa hangatkan tubuh. Cocok disantap saat cuaca dingin dan kondisi badan sedang tidak fit. Resep ini sangat mudah dibuat, sehingga kalian bisa mengaplikasikannya secara langsung.

(kpl/nlw/gen)

Editor:  

Nurul Wahida

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com