ADVERTORIAL

Sambut Bulan Kemerdekaan, Pemerintah Hadirkan Rumah Digital Indonesia

Iwan Tantomi | Sabtu, 31 Juli 2021 00:01 WIB
Sambut Bulan Kemerdekaan, Pemerintah Hadirkan Rumah Digital Indonesia

Kapanlagi.com - Tinggal menghitung hari, Juli akan segera berakhir. Agustus pun akan menyambut datang. Bagi Indonesia, bulan ini tentu teramat spesial, karena bertepatan dengan bulan kemerdekaan. Momen ini tak dibiarkan lenyap begitu saja, hanya karena pandemi yang tengah melanda.

Sebaliknya, demi menumbuhkan semangat patriotisme dan nasionalisme, pemerintah menghadirkan bulan kemerdekaan 2021 kali ini dengan cara berbeda. Seperti apa?

Lanjutkan Tradisi yang Telah Dimulai Sejak 2017

Melalui konferensi pers bertajuk Bulan Kemerdekaan yang diadakan pada Jumat (30/7), Menteri Sekretaris Negara RI, Pratikno mengungkapkan jika perayaan kemerdekaan Indonesia ke-76 melanjutkan tradisi bulan kemerdekaan yang telah dimulai sejak 2017.

"Kenapa dinamakan bukan kemerdekaan, karena dimulai dari awal hingga akhir Agustus. Ini sudah kita lakukan selama bertahun-tahun sejak dirilis pertama kali pada 2017. Jadi, selama sebulan penuh, seluruh rakyat Indonesia beramai-ramai merayakan bulan kemerdekaan ini dengan berbagai kegiatan yang positif, bukan hanya di kota-kota saja, tetapi diharapkan masyarakat di desa maupun pelosok negeri bisa berpartisipasi merayakannya," ungkap Praktikno.

Diisi dengan Festival dan Acara Kenegaraan

Lebih lanjut, Pratikno menjelaskan jika bulan kemerdekaan ini akan berisi acara kenegaraan dan beragam festival, sebagaimana yang biasa dilakukan saat ulang tahun kemerdekaan Indonesia. Disinggung tentang bocoran kemeriahan seperti apa yang bakal dihadirkan tahun ini, Pratikno hanya menjawab akan ada banyak kejutan yang disiapkan.

"Setiap tahun festival yang diadakan selalu berbeda, yang sama biasanya doa kebangsaan, acara kenegaraan, pengukuhan paskibraka, pidato kenegaraan, upacara detik-detik proklamasi, sampai penurunan bendera. Hanya formatnya yang berbeda. Misalnya, karena pandemi, jadi upacara kemerdekaan luring harus dibatasi dan dilakukan sesuai protokol kesehatan ketat. Tapi, kalau festival tentunya akan ada kejutan yang patut untuk dinantikan, tidak bisa dibocorkan sekarang," sambungnya.

Hadirkan Rumah Digital Indonesia

Bulan kemerdekaan kali ini terasa lebih spesial berkat kehadiran Rumah Digital Indonesia. Selain memberikan dukungan penuh, Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G. Plate juga turut menjelaskan keberadaan platform digital tersebut.

"Rumah Digital Indonesia ini menjadi sebuah gagasan yang cerdas, karena bagian penting dari perayaan bulan kemerdekaan. Rumah Digital Indonesia juga menjadi bukti ketangguhan kita sebagai bangsa dan negara, sekaligus wujud kecepatan kita beradaptasi di tengah keterbatasan akibat pandemi Covid-19, sehingga pengayatan akan nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme tak sampai terhalangi. Selain itu, Rumah Digital Indonesia secara khusus menyediakan ruang kegembiraan bagi masyarakat dalam menyongsong dan menyambut hari kemerdekaan Indonesia ke-76," ungkapnya.

Johnny G. Plate juga menambahkan Kominfo mendukung penuh Rumah Digital Indonesia karena utilitas dalam platform ini satu tarikan napas, serta selaras dengan tugas pokok Kominfo dalam mendorong inovasi teknologi sebagai bagian dan solusi yang membawa manfaat, baik bagi masyarakat dan negara.

Hal senada juga disampaikan oleh Putri Tanjung selaku Staf Khusus Presiden RI, jika Rumah Digital Indonesia ini hadir sebagai wadah partisipasi dan kebersamaan dalam merayakan kemerdekaan, tanpa ada sekat, berkolaborasi membuat karya yang bisa dinikmati bersama, mengapresiasi produk UMKM karya anak bangsa, serta belajar lebih mengenal Indonesia dengan segala ragam kebudayaan dan keindahannya.

Menampilan Beberapa Ruang Menarik

Menariknya, Rumah Digital Indonesia menghadirkan beberapa ruang yang bisa dinikmati oleh masyarakat. "Banyak sekali ruang menarik yang bisa dinikmati di Rumah Digital Indonesia. Dari aktivitas kemerdekaan yang biasanya dilakukan secara offline, kini bisa dilakukan secara online. Masyarakat bisa mengeksplorasi berbagai ruang di Rumah Digital Indonesia," ungkap Putri Tanjung.

Adapun beberapa ruang yang bisa dinikmati di Rumah Digital Indonesia ini, antara lain Ruang Komunitas, Ruang Literasi Digital, Pasar Lokal, Ruang Seni & Budaya, Arena Lomba 17-an, Panggung Nusantara, hingga ruang bernama Petualangan Nusantara & Wajah Indonesia.

"Rumah Digital Indonesia bisa diakses mulai 1 Agustus 2021, dan akan hadir selama bulan Kemerdekaan. Jadi, bisa ikut perlombaan 17an, bisa belanja beragam produk UMKM, melihat seni pertunjukan di panggung nasional, dan beragam keseruan lainnya. Masyarakat bisa berpartisipasi dengan mengirimkan video kreasi, seperti menyanyikan lagu wajib nasional, membaca puisi, menari, memainkan drama atau monolog, bisa dikirimkan ke Rumah Digital Indonesia sampai 20 Agustus 2021. Informasi lengkapnya bisa dilihat di instagram @rumahdigitalindonesia.id dan website www.rumahdigitalindonesia.id," pungkas Putri Tanjung.

 

 

(kly/tmi)

Editor :   Iwan Tantomi

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com