Sariwangi Pailit, Miliki Hutang Triliunan di Sejumlah Bank

Galuh Esti Nugraini | Kamis, 18 Oktober 2018 11:40 WIB
Sariwangi Pailit, Miliki Hutang Triliunan di Sejumlah Bank

Kapanlagi.com - Penikmat teh di Indonesia pasti sudah tidak asing dengan merk teh celup SariWangi. Teh yang selalu diidentikkan dengan kehangatan momen bersama keluarga ini adalah salah satu merk teh populer di Indonesia. Namun sayang ada kabar kurang menyenangkan datang dari perusahaan yang memproduksinya.

Ya, kabar mengejutkan tersebut benar adanya. PT Sariwangi Agricultural Estate Agency dan PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung yang adalah produsen produk teh celup SariWangi terlilit hutang besar. Sariwangi tercatat memiliki utang senilai Rp 1,05 triliun, sementara Indorub berutang Rp 33,71 miliar ke sejumlah bank termasuk ICBC Indonesia.

Menurut putusan pengadilan, lanjut dia, Sariwangi dan Indorub telah terbukti lalai menjalankan kewajibannya sesuai kesepakatan perdamaian dalam proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) yang sebelumnya telah disepakati pada 9 oktober 2015.

Ilustrasi pengadilan (Liputan6.com/Yoppy Renato)

SariWangi adalah merek teh celup yang begitu populer di kalangan masyarakat Indonesia. Boleh dikatakan, SariWangi adalah pelopor teh celup di Indonesia. SariWangi telah hadir sejak tahun 1973. Produknya langsung menjadi populer karena menawarkan kepraktisan dibanding teh bubuk dalam pembuatannya.

SariWangi menawarkan cara baru yang lebih modern kala itu bagi masyarakat untuk bisa menikmati teh. Perusahaannya didirikan oleh Johan Alexander Supit pada 1962. SariWangi mengklaim, berkatnya, teh kembali naik kelas sebagai minuman pilihan rakyat Indonesia. Meminum teh telah menjadi bagian dari gaya hidup.

Untuk sampai saat ini juga sebab hutang dengan jumlah yang besar tersebut belum diungkap oleh kedua PT produsen SariWangi. Ada banyak perkiraan mengenai pailitnya kedua PT tersebut, antara lain dari faktor industri secara keseluruhan yang sedang lesu atau manajemen internal perusahaan.

Nah kalau sudah begini? Apakah memang kita tak bakal lagi bisa menikmati teh SariWangi? Tunggu updatenya hanya di KapanLagi ya KLovers.

(kpl/lip/gen)

BERI KOMENTAR▼
Komentar
Join Kapanlagi.com