Sederet Fakta Salma El Mutafaqqiha, Sosok Pembawa Baki Bendera di HUT RI ke-74

Louvina Gita | Sabtu, 17 Agustus 2019 17:56 WIB
Louvina Gita | Sabtu, 17 Agustus 2019 17:56

Kapanlagi.com - 17 Agustus selalu diperingati sebagai hari kemerdekaan Indonesia. Seluruh masyarakat di pelosok negeri turut merayakannya lewat berbagai kegiatan. Satu agenda yang tak boleh terlewat adalah upacara bendera.

Setiap tahunnya, upacara 17 Agustus selalu diselenggarakan di Istana Kepresidenan RI di Jakarta. Para generasi muda kebanggaan pun telah dipilih untuk menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Dalam upacara pengibaran bendera pagi tadi, salah satu sosok yang berhasil mencuri perhatian adalah Salma El Mutafaqqiha. Ialah sosok gadis cantik pembawa baki bendera di upacara peringatan Detik-Detik Proklamasi. Lantas seperti apa sebenarnya sosok Salma?

1 Dari 2 Halaman

1. Perwakilan Asal Jawa Tengah

Bernama lengkap Salma El Mutafaqqiha Putri Achzaabi, ia merupakan putri dari pasangan Achmad Aswin Achzaab dan Nurisah.

Melansir Vidio.com, Salma merupakan Paskibraka perwakilan Provinsi Jawa Tengah. Gadis berkerudung ini adalah siswa SMA Pradita Dirgantara, Boyolali, Jawa Tengah.

Mendapat kesempatan jadi salah satu anggota Paskibraka tentu bakal menjadi pengalaman tak terlupakan sekaligus membanggakan bagi Siswa kelahiran Malang, 16 tahun silam itu.

2 dari 2 halaman

2. Dilatih Selama 1 Bulan Penuh

Sebelum akhirnya upacara 17 Agustus berlangsung, Salma harus melalui pelatihan selama satu bulan penuh. Latihan itu dilakukan di Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga milik Kementerian Pemuda dan Olahraga di Cibubur.

Tentu pelatihan yang dijalani bukan lah hal yang mudah. Ia digembleng secara fisik dan mental. "Banyak ya latihannya, latihan fisik dan mental, setiap hari selama satu bulan," ujar Salma seperti dikutip oleh Detik.com.

Salma menjadi pembawa baki bendera dari tim merah yang ditugaskan untuk mengibarkan bendera pada pagi hari tadi.

(kpl/lou)


Editor:  

Louvina Gita

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com