Seputar Glioblastoma, Kanker Otak Yang Diderita Agung Hercules

Tantri Dwi Rahmawati | Senin, 17 Juni 2019 15:05 WIB
Tantri Dwi Rahmawati | Senin, 17 Juni 2019 15:05

Kapanlagi.com - Selama ini dikenal sebagai sosok yang kocak kendati berbadan kekar nan sangar, siapa yang menyangka kalau Agung Hercules menderita kanker otak Glioblastoma. Hal itu disampaikan oleh istrinya sendiri melalui Instagram lewat akun @mir4r4h4yu.

Lewat akun @mir4r4h4yu, ia menjawab salah satu komentar netizen yang menanyakan perihal sakit yang dialami Agung. "Aamiinn ya robbal aalamiin. CA otak teh Glioblastoma stadium 4. Piduana nya teh," jawab Mira. lantas, kanker seperti apa sih yang diderita Agung? Gejalanya seperti apa?

1 Dari 3 Halaman

1. Salah Satu Kanker Ganas

Salah Satu Kanker Ganas Ilustrasi kanker otak © shutterstock
Dilansir dari Liputan6.com, Glioblastoma merupakan salah satu dari 4 tipe Kanker atau jenis tumor yang biasanya muncul di otak atau tulang belakang. Glioblastoma adalah tipe kanker otak paling ganas yang umumnya menyerang orang dewasa. Pertumbuhannya sel kankernya sangat agresif dan menyebar dengan cepat.

Lebih lanjut, menurut American Brain Tumor Association, Glioblastoma bersifat infiltratif dan menyerang daerah otak terdekat. Mereka juga mampu menyebar ke sisi yang berlawanan dari otak melalui serat koneksi (corpus callosum). Sangat jarang glioblastoma menyebar di luar otak.

2 dari 3 halaman

2. Tanda-tanda Glioblastoma

Tanda-tanda Glioblastoma Ilustrasi kanker otak © shutterstock
Glioblastoma menyebar begitu cepat dan sulit sekali diobati. Menurut Merdeka.com, Glioblastoma adalah difus dan memiliki tentakel seperti jari yang menyusup ke otak, yang membuatnya sangat sulit untuk dihilangkan sepenuhnya.

Meski begitu, menurut Liputan6.com sejumlah gejala awal dari kanker ini bisa diidentifikasikan, yakni antara lain:
- Sakit kepala konstan
- Kejang
- Muntah
- Kesulitan berpikir
- Perubahan mood atau kepribadian
- Pandangan berbayang atau kabur
- Kesulitan bicara

3 dari 3 halaman

3. Lebih Banyak Menyerang Pria

Mengutip laman WebMD, glioblastoma terbentuk dari sel-sel berbentuk bintang di otak yang disebut astrocytes. Pada orang dewasa, kanker ini bisanya muncul di bagian terbesar otak atau cerebrum.

Menurut Liputan6.com, Salah satu alasan pertumbuhan Glioblastoma begitu cepat karena kanker ini memiliki suplai darah sendiri. Sel-sel kanker ini sangat mudah menyerang jaringan otak normal.

Laman WebMD juga mencatat, glioblastoma bukanlah tipe kanker otak yang umum. Namun, umumnya kanker ini lebih banyak diderita oleh pria ketimbang wanita. Dan kemungkinan untuk mengidap kanker jenis ini akan bertambah dengan seiring bertambahnya usia.

(kpl/tdr)


Join Kapanlagi.com